Pilihan Mobil SUV di Bawah Rp 500 juta untuk Keluarga

By Arris Riehady - July 31, 2019

SUV banyak dipilih untuk menjadi mobil keluarga karena banyak alasan. Beniat memilikinya? Berikut SUV di bawah Rp 500 juta yang bisa jadi pilihan.

 

 

Sport utility vehicle (SUV) dilahirkan sebagai mobil yang mampu melahap berbagai jenis medan jalan, baik on-road maupun off-road.

 

Karakternya ialah bodi yang nampak kekar, kokoh, dengan ground clearance yang tinggi untuk melalui medan tanah, bebatuan, bukit, hingga pegunungan.

 

Selain itu, SUV masih tetap nyaman digunakan untuk mengangkut penumpang dengan kapasitas hingga lima orang. Bahkan belakangan ada SUV dengan kapasitas hingga tujuh penumpang.

 

Baca juga: Mobil untuk Keluarga Mending MPV atau SUV?

 

SUV juga didesain agar mampu membawa barang dalam jumlah yang cukup banyak jika jok bagian belakang dilipat. Tidak heran, dengan konfigurasi dan alasan tersebut, SUV banyak dipilih untuk menjadi mobil keluarga di Indonesia.

 

Nah, bagi Anda yang ingin memiliki SUV unruk menjadi mobil keluarga, berikut pilihan SUV di bawah Rp 500 juta yang ada di Seva.id.

Isuzu New mU-X

Di urutan pertama untuk SUV di bawah Rp 500 juta ada Isuzu New mU-X dengan trim tertinggi saat ini, yakni 4×2 Premiere dengan transmisi otomatis. Harga yang ditawarkan untuk on the road Jakarta Rp 499.500.000.

 

Mobil berbahan bakar diesel dengan kapasitas tangki 65 liter ini memiliki panjang 4.860 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.810 mm dan wheel base 1.845 mm. Gagah dan perkasa, tidak diragukan sebagai sebuah SUV.

 

Tidak berhenti di situ, teknologi pada bagian mesin juga sudah sangat kekinian. mU-X menggunakan mesin common rail direct fuel injection dengan intercooled variable geometry system turbocharger otomatis lima percepatan berpenggerak roda belakang dengan kapasitas 2.499 cc.

 

Baca juga: Mengenal Isuzu MU-X Indonesia Sejak Peluncuran Pertama

 

GIIAS 2019

Masuk ke bagian interior, Isuzu mU-X menawarkan warna dual tone yang dipadukan dengan jok kulit dan warna piano black di sisi pintu bagian dalam. Pada bagian dashboard juga sudah dibalut dengan leather black ditambah panel kayu yang menambah kesan mewah dan elegan.

 

Pada sisi keamanan, mobil ini terasa sangat lengkap. Sistem pengereman rem sudah dilengkapi dengan empat cakram serta teknologi ABS, ABD, BA, TCS, HDC, dan HSA. Setelah itu, pada bagian depan juga sudah terdapat corner sensor yang meminimalisirkan senggolan ketika parkir atau berkendara.

 

Sedangkan di bagian fitur, mU-X sudah dilengkapi dengan keyless entry, tombol start engine, traction control, hill start assist, MID full color, head unit delapan inci dengan slot DVD dan HDMI serta dilengkapi dengan kamera 360 derajat.

 

 

Toyota All New Fortuner

Masih dengan SUV ladder frame serupa dengan Isuzu mU-X, di posisi kedua ada Toyota All New Fortuner.

 

Dengan harga Rp 497.650.000, Anda bisa mendapatkan Toyota All New Fortuner yang terbukti tangguh dengan varian 4X2 2.4 G A/T DSL LUX.

 

Untuk yang berbahan diesel, mesin yang digunakan Toyota All New Fortuner berkode 2GD-FTV dengan kapasitas 2,4 L. Jika ingin tenaga lebih, And bisa pilih Power Mode, atau bisa pilih Eco Mode untuk efisiensi bahan bakar lebih baik.

 

Baca juga: Apa Jadinya Toyota Fortuner Dibuat untuk Balap Tanah?

 

 

Memiliki kapasitas hingga tujuh penumpang membuat Toyota All New Fortuner mantap dipakai untuk perjalanan di dalam maupun luar kota.

 

Toyota All New Fortuner memiliki eksterior yang gagah dan menawan. Untuk sektor penerangan LED Bi Beam menjadi lampu utama yang dilengkapi lampu daytime running light (DRL) dipadukan dengan fog lamp berdimensi besar.

 

Tidak heran bila Toyota All New Fortuner merupakan pilihan yang tepat bagi penggemar mobil dengan performa kuat dan tangguh di segala medan.

 

 

Toyota All New C-HR

Berbeda dengan Isuzu New mu-X dan Toyota All New Fortuner yang dapat memuat tujuh penumpang, Toyota All New C-HR ini merupakan SUV compact dengan lima penumpang. Cocok untuk Anda keluarga dengan dua anak yang gemar petualangan.

 

Secara keseluruhan, desain Toyota All New C-HR ini berdiri di atas platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang juga digunakan pada Toyota Prius. Platform ini sudah diperkuat suspensi depan MacPhershon Strut dan Double Wishbone yang secara teknis mampu menjaga mobil lebih stabil dan nyaman saat dikendarai.

 

Toyota All New C-HR ini sudah menggunakan smart key dengan akses keyless yang canggih dan juga praktis. Dengan smart key, cukup kantongi kunci, sentuh lalu tarik tuas pintu, pengemudi pun dapat masuk ke dalam kabin mobil secara otomatis. Begitu juga bila ingin mengunci pintu mobil.

 

Baca juga: Beragam Cara Optimalisasi Toyota All New C-HR

Toyota All New C-HR memiliki dimensi tinggi 1.565 mm, panjang 4.360 mm dan lebar 1.795 mm, serta perpaduan jarak sumbu roda yang panjang mencapai 2.640 mm, membuat kabin terasa lapang.

 

Di sisi pengemudi, kami merasakan merasakan kontrol yang sempurna kala mengemudikan Toyota All-New C-HR. Pasalnya sistem kemudi sudah dapat diatur sesuai keinginan baik naik-turun (tilt) maupun maju-mundur (teleskopik).

 

Selain itu, untuk menjaga keamanan pengemudi dan seluruh penumpang masih banyak teknologi ainnya, seperti  tujuh buah airbag, anti-lock braking system (ABS), electronic brake-force distribution (EBD), braking assist (BA), vehicle stability control (VSC), hill assist control (HAC), Traction Control, Auto-Brake-Hold, Impact Absorbing Structure, ISOFIX pada jok baris kedua, hingga Rear View Monitor System pun turut dijejali dalam Toyota All New C-HR.

 

SUV compact ini dibanderol dengan harga Rp 493.350.000 untuk warna single tone, dan Rp 494.850.000 untuk warna dual tone.

Toyota All New Rush

Kini Toyota All New Rush memiliki dua varian, yaitu G dan TRD Sportivo. Masing-masing tersedia transmisi manual dan otomatis. SUV ini pun benar-benar didesain untuk menampung kenyamanan tujuh orang penumpang.

 

Dilihat dari bagian samping, kesan khas SUV jelas terpancar di mobil ini. Mulai dari penggunaan roof rail, garis bodinya yang tegas dari depan hingga buritan, velg 17 inci dual tone, serta ground clearance yang tingginya mencapai 220 milimeter dalam keadaan kosong.

 

Toyota All New Rush menggunakan mesin dengan kode 2NR-VE. Mesin ini berkapasitas 1.496 cc empat silinder DOHC dengan teknologi Dual VVT-i. Tenaganya disalurkan ke dua roda belakang.

 

Baca juga: Perjalanan Menguji Tangguhnya Toyota All New Rush

Untuk fitur keselamatan, ada indikator sabuk pengaman tiga titik untuk tujuh penumpangnya. Jadi pengemudi dapat memperingati jika ada penumpang yang tidak menggunakan sabuk pengaman. Khusus pengemudi dan penumpang depan, jika mobil berjalan dan keduanya tidak menggunakan sabuk pengaman ada peringatan berupa bunyi yang semakin lama semakin keras.

 

Sedangkan di jok baris kedua tersedia fitur ISOFIX buat mengaitkan kursi balita. Ada juga enam buah airbag yang melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan.

 

Toyota All New Rush TRD Sportivo dijual seharga Rp 265.650.000 on the road Jakarta

Daihatsu All New Terios

Pilihan SUV di bawah Rp 500 juta terakhir jatuh pada Daihatsu All New Terios yang bisa dibilang saudara kembar dari Toyota All New Rush.

 

Kesan modern yang pertama kali terlihat dari All New Terios ini adalah grill depannya yang besar serta lampu utama yang sudah LED. Bergeser ke bagian samping, velg alloy 17 inci yang dibalut oleh ban 215/60 R17 ditambah dengan ground clearance 220 milimeter, tampilannya makin sporty.

 

Pengemudi dapat melihat seluruh area di bagian luar mobil dengan empat kamera 360 derajat yang disematkan pada SUV ini. Fitur ini merupakan salah satu yang ditawarkan oleh Daihatsu All New Terios pada sektor keamanan ketika ingin parkir.

 

Baca juga: Fitur Daihatsu All New Terios Siap Ajak Anda Berpetualang Setiap Hari

Pada bagian head unit, Daihatsu All New Terios dibekali dengan advance audio system yang dilengkapi dengan enam mild speaker dan dua tweeter. Fitur tersebut menghasilkan suara yang berkualitas dan sangat memanjakan kuping Anda.

 

Daihatsu All New Terios dibanjiri dengan sistem keamanan yang memberikan jaminan perlindungan Anda dan keluarga di perjalanan, sebut saja salah satunya Anti-lock Breaking System (ABS) yang menjaga Anda dari selip ketika mengerem secara mendadak.

 

Daihatsu All New Terios merupakan SUV dengan varian paling banyak di Indonesia. Tujuannya adalah untuk memberikan keluaga Indonesia banyak pilihan. Untuk varian tertinggi, yaitu Daihatsu All New Terios R Deluxe bertransmisi otomatis dijual dengan harga Rp 255.000.000 on the road Jakarta.

Harga-harga SUV di bawah Rp 500 juta tersebut dapat berubah sewaktu-waktu dan merupakan harga untuk on the road (OTR) Jakarta yang diambil dari Seva.id.

 

Bagaimana, apa Anda tertarik memiliki salah satu dari mobil SUV di bawah Rp 500 juta yang ada dalam daftar pilihan ini?

 

Produk selengkapnya klik tautan di bawah ini.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!