Search Cars

Tips & Rekomendasi

Pilih Mobil Manual Atau Matic? Mending Pahami Dulu Perbedaannya Yuk

Kamu tim mana, mobil manual atau matic?

Mobil manual dan automatic (matic) kembali hangat diperbincangkan sekarang ini. Bahkan, sering kali di kaca bagian kaca belakang mobil terdapat sticker yang menerangkan berbagai kelebihan dari dua transmisi tersebut.

Tidak jarang, sticker itu juga dijadikan sebagai bahan pamer.

Tulisan seperti real men use three pedals, long live the manuals, classy men use two pedals, dan tulisan kreatif lainnya menghiasi bagian belakang mobil.

Hal ini kembali mencuat setelah sempat hilang beberapa waktu lalu. Namun, ketika ingin membeli mobil, jangan hanya tergantung dari tulisan di sticker tersebut.

Mobil manual dan matic memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Untuk memilih mana yang lebih baik, pertama-tama sesuaikan dengan kebutuhan berkendara.

Baca juga: Merubah Transmisi Mobil Manual ke Matik, Berapa Biayanya?

Jangan hanya terpengaruh dari sticker yang mengunggulkan salah satu transmisi.

Untuk itu, berikut rangkuman dari kelebihan dan kekurangan dua transmisi tersebut yang mungkin dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Harga

Hal pertama yang biasanya dilihat oleh masyarakat adalah harga. Mobil bertransmisi matic memang memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan mobil manual, begitu juga dari segi perawatan mobil.

Ini dikarenakan harga sparepart, kopling, dan komponen lainnya memang lebih mahal daripada mobil manual.

Sistem pengoperasian transmisi

Harga mobil matic sesuai dengan kegunaannya. Memiliki harga jual dan perawatan yang lebih mahal tidak membuat mobil matic kehilangan peminat karena sistem pengoperasiannya yang lebih mudah dibandingkan dengan mobil manual.

Baca juga: Kesalahan yang Bikin Rusak Mesin dan Boros BBM Mobil Manual

Pada mobil matic hanya terdapat dua pedal, yaitu gas dan rem, sedangkan manual, ada tiga pedal yang harus Anda injak pada waktunya, yaitu rem, gas, dan kopling.

Oleh karena itu, ketika mengendarai mobil manual, kedua kaki harus aktif mengoperasikan pedal-pedal tersebut, dibandingkan dengan mobil matic yang hanya menggunakan satu kaki saja.

Begitu juga dengan tangan Anda. Kinerja tangan akan lebih banyak ketika mengendarai mobil manual ketimbang mobil matic, karena mengendarai mobil manual tangan kiri harus selalu aktif dalam memindahkan transmisi, apalagi saat kondisi macet di jalanan menanjak. Kedua tangan dan kaki akan memiliki pekerjaan ekstra.

Walaupun mengendarai mobil matic terlihat lebih mudah, bukan berarti sebagai pengendara justru meremehkannya.

Baca juga: 6 Faktor yang Membuat Ban Pecah Secara Tiba-tiba

Tidak jarang pengendara yang biasa mengendarai mobil bertransmisi manual akan kagok ketika beralih menggunakan transmisi matic. Jadi, harus tetap fokus saat berkendara ya.

Konsumsi bahan bakar

Untuk hal ini, mobil bertransmisi matic dinilai lebih banyak meminum bahan bakar dibandingkan dengan mobil manual.

Beberapa orang berpendapat, ini disebabkan karena pada transmisi matic mesin akan bekerja lebih berat dibandingkan dengan transmisi manual.

Kinerja mesin yang lebih berat ini juga mempengaruhi harga komponen-komponen mobil bertransmisi matic tadi, yang telah disebutkan sebelumnya.

Namun, konsumsi bahan bakar mobil bertransmisi matic bukan berarti tidak bisa diminimalisir.

Pada dasarnya, banyak faktor yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar, salah satunya adalah karakter mengemudi.

Jadi, ada baiknya untuk memahami karakter dalam berkendara terlebih dahulu sebelum mengendarai mobil yang dipilih.

Kenyamanan berkendara

Jika berbicara tentang kenyamanan, sebetulnya tergantung pada selera setiap pengendara. Orang akan nyaman mengendarai mobil apapun yang sesuai dengan pilihan dan kebutuhannya.

Memang, mobil bertransmisi matic menawarkan kemudahan dalam berkendara, tetapi belum tentu semua orang akan merasa nyaman ketika mengendarakannya.

Ada sebagian orang yang merasa mobil bertransmisi manual dapat membuat mereka lebih nyaman karena alasan-alasan tertentu, seperti hobi, kebiasaan, dan lain-lain.

Untuk itu, sticker yang berisi tulisan tentang transmisi matic dan manual hanyalah sebagai hiburan di jalan saja.

Jangan sampai hal itu mempengaruhi Anda dalam menentukan mobil yang Anda butuhkan ya.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.