Pilih Mana Berkendara Sendirian atau Barengan?

Banyak cara dilakukan seseorang untuk berkomuter menuju destinasi di dalam kota, semisal menuju kantor, mal, atau tempat yang akan dituju. Ada yang menggunakan transportasi umum, transportasi online, atau berkendara menggunakan kendaraan pribadi.

 

Jika Anda adalah salah satu individu yang lebih memilih berkendara menggunakan kendaraan pribadi menuju destinasi yang dituju, biasanya  lebih memilih jalan sendiri atau bareng bersama orang lain?

 

Well, jika Anda masih bingung ini dia perbedaan yang bisa Anda dapatkan jika Anda senang jalan sendiri atau jalan bareng menuju destinasi. Anda pilih yang mana?

1. Tenang atau menyenangkan

Jalan sendirian jelas memberikan sisi ketenangan karena Anda bisa berkendara konstan menuju destinasi tanpa ada gangguan apapun. Namun di sisi lain, jalan bersama kolega maupun teman membawa rasa lebih menyenangkan karena selama perjalanan Anda akan tidak mengalami kebosanan akibat adanya interaksi dan obrolan asyik yang terlontar selama perjalanan.

 

2. Lebih fokus atau lebih gotong royong

Jalan sendirian memang membuat Anda lebih fokus karena Anda hanya akan berjalan menuju destinasi tertentu. Namun apa jadinya jika di perjalanan Anda sudah mengalami kelelahan menghadapi kemacetan yang sulit, bahkan jika terjadi sesuatu dengan kendaraan Anda semisal ban bocor, mogok, atau kejadian apes lainnya?

 

Di sinilah keuntungan jalan bareng bersama. Saat menghadapi kemacetan parah dan Anda sudah lelah, Anda bisa meminta rekan yang sejalan bersama Anda untuk bisa menjadi driver pengganti, atau menjadi co-driver.

 

Apabila secara mendadak mobil mengalami kondisi ban bocor atau mogok, Anda dan teman jalan bareng bisa gotong royong melakukan perbaikan yang kiranya bisa dilakukan secara mudah, maupun mencari dan menghubungi derek maupun bantuan lainnya.

3. Lebih mandiri atau lebih bersosialisasi

Jalan sendiri jelas memberikan kesan lebih mandiri, karena Anda hanya sendirian di mobil dan bisa lebih leluasa melakukan apapun yang Anda inginkan di dalam mobil. Namun di sisi lain, jalan bareng membuka kesempatan luas untuk bersosialisasi menambah jaringan pertemanan yang tidak menutup kemungkinan akan memberikan keuntungan bagi Anda maupun bisnis Anda.

 

Bahkan jika Anda saat ini sedang dalam kondisi single belum menikah, kesempatan untuk mendapatkan pasangan hidup jadi lebih mudah karena siapa tau Anda akan mendapatkan teman jalan bareng yang asyik, sama hobinya, bahkan arah jalan ke rumah atau kantor yang sejalan dengan Anda.

4. Menambah kemacetan atau mengurangi kemacetan

Harus diakui, salah satu penyebab kemacetan bertambah ialah penggunaan mobil yang semakin banyak, namun di dalam mobil ternyata hanya diisi oleh pengemudi saja. Namun hal ini tidak akan berlaku jika Anda sebagai pengemudi mengajak teman untuk ikut pergi ke kantor berbarengan.

 

Asumsikan empat teman jalan bareng Anda merupakan pengguna mobil, jika semua menuju kantor yang sama dengan masing-masing membawa mobil, maka Anda dan teman Anda ikut serta menambah kemacetan di kota Anda.

 

Lain halnya jika Anda dan teman Anda pergi ke kantor barengan dengan mobil Anda, bisa dipastikan Anda jauh lebih berjasa ikut turut mengurangi kemacetan di kota Anda.

 

5. Lebih boros atau lebih efisien

Bicara soal biaya perjalanan jelas menjadi hal yang sensitif bahkan termasuk krusial. Jika Anda jalan sendiri, jelas untuk biaya perjalanan seperti bensin, tol, parkir Anda akan tanggung sendiri. Bayangkan hal ini Anda lakukan setiap hari kerja, bisa dibayangkan biaya membengkak yang perlu Anda gelontorkan untuk memenuhi hal tersebut?

 

Jika Anda ingin lebih hemat, maka melakukan ‘sharing cost’ dengan teman yang ikut sejalan dengan Anda bisa menjadi solusi jitu. Andai semakin banyak teman yang bisa ikut, maka untuk biaya perjalanan yang dikeluarkan Anda akan jauh lebih efisien karena sistem pembagian yang bisa dibuat sama rata atau tergantung kesepakatan bersama.

 

Dari lima hal tersebut Anda akan lebih memilih jalan sendiri atau jalan bareng?

Pengen pengalaman baru, coba gunakan aplikasi ride sharing. Anda dapat merasakan pengalaman baru dengan orang yang berbeda setiap hari.

 

Salah satu aplikasi ride sharing adalah Sejalan. Aplikasi ini memberikan Anda kemudahan mengajak atau nebeng kendaraan dengan orang lain yang memiliki arah atau rute yang sama. Aplikasi Sejalan dapat Anda download di Playstore secara gratis.