Search Cars

Otomotif

Perjalanan Karir Pol Espargaro Sampai Direkrut Repsol Honda

Pol Espargaro siap kembali berlaga di MotoGP 2021 bersama Repsol Honda. Bagaimana pembalap asal Spanyol ini mengawali karirnya?

pol espargaro

Repsol Honda resmi mengumumkan telah mengontrak Pol Espargaro pada Senin (13/7/2020) untuk durasi dua tahun. Pol Espargaro akan menunggangi motor Repsol Honda mulai MotoGP 2021.

Pembalap asal Spanyol ini direkrut Repsol Honda dari KTM Factory Racing. Namun, untuk MotoGP 2020, Pol masih membela KTM Factory Racing.

Kepindahan Pol Espargaro ke Repsol Honda untuk menggantikan Alex Marquez, yang merupakan adik dari rider utama, Marc Marquez. Pada 2021, juara dunia Moto2 2013 tersebut akan menjadi rekan setim Marc Marquez.

Perekrutan Pol Espargaro ini tentunya tak lepas dari kesuksesan karirnya. Pol memulai karier balapan motornya di kelas 125cc pada 2006. 

Baca juga: Intip Koleksi Mobil Mewah Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan Valentino Rossi

Di tahun debutnya, Pol Espagaro yang masih berusia 15 tahun 8 hari tercatat sebagai pembalap termuda yang mencetak skor di balapan Grand Prix. 

Ia memenangkan lima balapan 125cc di Spanyol berturut-turut dan seukses menyabet gelar juara. Pada musim 2010, ia naik podium dengan finish ketiga, menyusul Marc Marquez yang menjadi juara dan Nicolas Terol. 

Juara Moto2 2013

Selang setahun, pembalap berusia 29 tahun ini berhasil naik ke kelas Moto2 dan sukses merengkuh satu gelar juara di kelas Moto2 pada 2013. 

Berkat pencapain tersebut, Adik dari Aleix Espargaro ini mendapat kesempatan untuk naik ke kelas utama ajang balap motor grand prix dan membalap bersama tim satelit Yamaha.

Ia menggantikan Cal Crutchlow yang dikontrak Ducati selama dua tahun. Espargaro akhirnya finish di posisi sembilan pada akhir musim 2015.

Setelah itu, ia lanjut membela tim Tech 3 hingga akhir musim 2016, di mana ia menempati peringkat delapan klasemen akhir.

Penampilan apiknya selama tiga musim bersama Yamaha berhasil menarik minat besar dari KTM. Pol pun kemudian direkrut tim asal Austria itu pada 2017.

Baca juga: Jajaran Mobil BMW yang Mengawal MotoGP, Apa Saja Serinya?

Sejak saat itu, Pol terus memainkan peran besar di KTM yang baru debut di MotoGP pada 2017.

Seakan tak pernah lepas dari prestasi, Pol Espargaro berhasil mengembangkan kinerja motor KTM hingga mampu bersaing menuai hasil manis di berbagai balapan.

Bahkan, Pol berhasil menyumbangkan podium pertama untuk tim tersebut pada 2019 saat mentas di seri Valencia.

Berkat perjalanan karirnya yang sukses, Honda kepincut dengan Pol dan memutuskan untuk merekrutnya.

Pol Espargaro menggantikan Alex Marquez di Repsol Honda

Pengumuman kepindahan Pol Espargaro dibarengi dengan kabar Alex Marquez yang akan membela tim satelit pabrikan asal Jepang tersebut, yaitu LCR Honda.

Kedatangan Alex Marquez sekaligus mengkonfirmasi hengkangnya Cal Crutchlow dari HRC, setelah menjalin kerja sama sejak 2015. 

Sejumlah kepindahan tersebut ikut mempengaruhi line up para pembalap yang akan berlaga di MotoGP 2021. Berikut daftar resmi pembalap dan tim MotoGP 2021.

– Repsol Honda: Marc Marquez & Pol Espargaro

– Monster Energy Yamaha: Maverick Vinales & Fabio Quartararo

– Suzuki Ecstar: Alex Rins & Joan Mir

– Ducati Corse: Jack Miller & Francesco Bagnaia

– Red Bull KTM Team: Brad Binder & Miguel Oliviera

– Aprilia: Aleix Espargaro & Andrea Iannone (tentatif)

– Petronas Yamaha SRT: Valentino Rossi & Franco Morbidelli

– LCR Honda: Alex Marquez & Takaaki Nakagami

– Pramac Ducati: Johann Zarco & Jorge Martin

– Red Bull KTM Tech3: Danilo Petrucci & Iker Lecuona

– Esponsorama Racing: Enea Bastianini & Luca Marini

Bagaimana? Sudah siap menyaksikan laga Por Espargaro di MotoGP musim depan?

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.