Search Cars

Review Otomotif

Perbedaan Toyota Alphard dan Toyota Vellfire, Serupa Tapi Tak Sama

Duo MPV premium dari Toyota ini sudah terkenal berkat kenyamanannya. Berikut perbedaan Toyota Alphard dan Toyota Vellfire.

sejarah toyota alphard

Bila berbicara jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) kelas premium, Toyota bukanlah nama yang asing di telinga masyarakat Indonesia.

Eksistensi duo Toyota Alphard dan Toyota Vellfire memang tidak bisa dipungkiri lagi. Hampir di setiap lokasi, keduanya sering ditemui dan dipergunakan sebagai tunggangan kalangan eksekutif.

Tidak hanya itu, saat mengaspal di jalanan, keduanya kerap menjadi pusat perhatian berkat desainnya yang elegan dan bodinya yang bongsor.

Selain dipilih menjadi mobil keluarga karena faktor daya tampung serta kenyamannya, cap mewah yang melekat pada mobil ini, membuat sejumlah selebriti dan pejabat memilih mobil ini sebagai kendaraan harian.

Baca juga: Sejarah Toyota Alphard, MPV Premium Terlaris di Indonesia

toyota vellfire

Pada tahun 2019 lalu, penjualan Toyota Alphard dan Toyota Vellfire membukukan total 4.637. Angka tersebut semakin memperkokoh total market share 94,4% berdasarkan data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Tidak ketinggalan, di tahun yang sama, Lexus yang merupakan “saudara” dari Toyota mengembangkan MPV yang tidak kalah premium dengan basis Toyota Alphard dan Toyota Vellfire yang diberinama Lexus LM. LM merupakan kependekan dari Luxury Mover.

Pada ajang Astra Autofest 2018, Toyota kembali menghadirkan facelift kepada Toyota New Alphard dan Toyota New Vellfire.

Keduanya memiliki desain bodi yang mengotak, sehingga beberapa orang bingung untuk membedakannya. Untuk itu, berikut penjelasan dan perbedaan  Toyota Alphard dan Toyota Vellfire.

Toyota Alphard

Mirip tapi tak sama

Tampilan Toyota New Alphard dan Toyota New Vellfire mungkin terasa “mirip” dengan versi terdahulu yang diluncurkan pada 2015 lalu.

Hal ini disebabkan kedua MPV premium ini masih merupakan versi facelift dari generasi ketiga berkode AN30.

Baca juga: Makin Fun To Drive, Toyota New Yaris Resmi Meluncur

Kendati demikian, para desainer Toyota banyak mengeksplorasi konsep desain yang sesuai untuk eksterior keduanya agar semakin menonjol presensinya sebagai salah satu MPV premium terbaik di jalanan.

Hal ini terlihat dari fokus ubahan tampilan yang semakin mewah dan menawan, dengan  nuansa dynamic formal untuk Toyota New Alphard.

Hal berbeda justru terasa di Toyota New Vellfire, yang kini lebih gagah karena lebih menonjolkan karakter cool, modern, dan high tech.

Baca juga: Harga Toyota New Yaris yang Resmi Mengaspal di Indonesia

Jika menilik lebih detil, area yang paling terlihat ubahannya terletak pada buritan depan. Mulai dari desain head light, hood molding, bumper, grille serta fog lamp bezel banyak mengalami penyegaran.

Ubahan lebih sederhana justru di area buritan belakang, di mana ubahan hanya terdapat pada area rear lamp dan door garnish.

perbedaan toyota alphard dan toyota vellfire

Bicara soal desain Toyota New Alphard, kini grille depan dirancang lebih dominan dan dipadukan aksen krom dengan bilah vertikal, sehingga seolah membelah bagian grille depan.

Desain headlight Toyota New Alphard juga dirancang semakin elegan berkat aksen krum memanjang hingga area bawah bumper.

Aura berbeda ditonjolkan pada Toyota New Vellfire, khususnya area grille depan menggunakan ornamen horizontal. Area headlight pun terbagi menjadi dua bagian karena aksen horizontal yang memanjang.

Sedangkan pada area fog lamp bezel juga didesain lebih pipih dan sporty.

Terdapat ciri pembeda identitas antara Toyota New Alphard dan Toyota New Vellfire. Yap, desainer Toyota menyematkan logo berbeda.

Logo Toyota New Alphard menggunakan logo resmi Alphard berbentuk ular, sedangkan logo New Vellfire menggunakan logo resmi Toyota.

Meski demikian, untuk bagian kaki-kaki tetap menggunakan material alloy dual tone yang didesain senada dengan profil ukuran velg 18 inci.

sejarah toyota alphard

Kemewahan di kabin

Salah satu alasan Toyota Alphard dan Toyota Vellfire tetap eksis dan mendominasi di segmennya adalah pendekatan unsur kemewahan yang selalu terdepan di kelasnya.

Baca juga: Semua yang Pertama dalam Sejarah Toyota di Indonesia

Benar saja, unsur kemewahan kini semakin mendominasi di versi terbaru Toyota New Alphard dan Toyota New Vellfire yang kini dibalut material leather dan peningkatan pada area jok captain seat yang kini didukung lumbar support sehingga memastikan punggung lebih tersangga dengan baik.

Hadirnya ornamen kayu pada kabin juga turut menambah elemen premium di dalam kabin. Ornamen kayu pada kabin Toyota New Alphard menonjolkan sisi mewah lewat aksen metal brown wood (varian 2.5 X, 2.5 G, dan Hybrid), dan brown olive ash burl wood grain (varian 3.5 Q).

Sedangkan untuk Toyota New Vellfire dipilih aksen metal wood dengan dominasi kelir warna hitam (khusus varian 2.5 G).

sejarah toyota alphard

Fitur berkendara

Toyota menghadirkan ragam fitur terbaru sebagai penunjang kenyamanan berkendara bersama Toyota New Alphard dan Toyota New Vellfire.

Baca juga: Lebih Dekat Mengenal Toyota Supra dari Generasi ke Generasi

Untuk keduanya, Toyota menghadirkan fitur Digital Rear View Mirror yang menjadi pendukung kamera parkir sebagai visibilitas pada saat parkir.

Adapun fitur Blind Spot Monitor (khusus varian 2.5 G, 3.5 Q, Hybrid, dan Toyota New Vellfire 2.5 G) tersedia untuk meminimalisir insiden sekaligus menambah luas ruang pandang di area blind spot.

Pengemudi akan terasa lebih nyaman untuk mengemudikan MPV premium ini karena semua informasi tersaji di area odometer yang dirancang lebih mutakhir dan memancarkan warna atraktif.

toyota alphard

Upgrade dapur pacu

Sektor dapur pacu sejatinya masih dirasa cukup untuk mengakomodir kebutuhan performa kedua MPV premium ini. Terbukti untuk mayoritas varian Toyota New Alphard dan Toyota New Vellfire masih menggunakan mesin V6 DOHC.

Hanya saja khusus varian tertinggi, Toyota New Alphard 3.5 Q, pihak engineer Toyota sedikit memberikan upgrade pada sektor dapur pacu, yaitu mesin berspesifikasi 3.5 liter V6 DOHC Chain Drive with Dual VVT-i.

Baca juga: Sejarah Toyota Camry, Mobil Wajib Pejabat Negara

Tak lupa fitur mutakhir Auto Idling juga tersedia agar mesin bisa lebih optimal dan efisien dalam konsumsi bahan bakar efisien sekaligus tetap ramah lingkungan.

Sementara varian lain masih menggunakan mesin 2AR-FE  berkonfigurasi 4 silinder 2.494 cc DOHC Dual VVT-i bertransmisi CVT.

toyota vellfire

Varian dan harga Toyota New Alphard

  • Toyota New Alphard 2.5 X A/T Rp 1.041.250.000.
  • Toyota New Alphard 2.5 G A/T Rp 1.195.650.000.
  • Toyota New Alphard 3.5 Q A/T Rp 1.952.150.000.

Lihat Produk

Varian dan harga Toyota New Vellfife

  • Toyota Vellfire 2.5 G A/T Rp 1.193.650.000.

Lihat Produk

Kamu pilih mana, Toyota New Alphard atau Toyota New Vellfire?

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.