Search Cars

Tips & Rekomendasi

Perbedaan Mobil CVT dan AT Yang Wajib Anda Ketahui

Sebagian orang lebih senang menggunakan mobil dengan transmisi otomatis dibandingkan transmisi manual karena penggunaannya dirasa lebih mudah.

Hal ini tidak mengherankan sebab salah satu keuntungan mobil dengan transmisi otomatis memiliki kemudahan dalam pengoperasiannya karena tidak memiliki pedal kopling.

Kemudian, pengertian transmisi otomatis itu sendiri adalah transmisi dengan gigi-gigi yang bisa melakukan perpindahan sendiri atau otomatis berdasarkan pada beban mesin yang berasal dari besarnya tekanan gas pedal dan kecepatan kendaraan.

Pengoperasiannya berbeda dengan transmisi manual yang memerlukan perpindahan gigi dengan memakai tuas pemindah gigi.

Terdapat dua jenis transmisi otomatis yang banyak digunakan masyarakat Indonesia yaitu transmisi AT – Torque Converters dan transmisi CVT.

Walaupun banyak digunakan masyarakat Indonesia namun masih banyak yang belum bisa mengetahui perbedaan mobil CVT dan AT. Jika Anda ingin mengetahui perbedaan mobil CVT dan AT Anda bisa simak infonya di bawah ini.

menggeser tuas transmisi

Mobil Transmisi Otomatis CVT (Continuously Variable Transmission)

Transmisi otomatis pertama yang akan dibahas adalah mobil transmisi otomatis CVT. Transmisi yang satu ini menggunakan perangkat puli dan sabuk baja sebagai komponen utama penggerak transmisi.

Transmisi jenis CVT dapat melakukan perubahan gigi rasio menyesuaikan dengan putaran mesin.

Hal ini membuat mobil yang menggunakan transmisi otomatis CVT, perpindahan gigi sangat halus dan terkadang tidak terasa oleh pengemudi.

Selain itu, hentakan saat perpindahan gigi juga sangat kecil. Kelebihan lain dari mobil transmisi otomatis menggunakan CVT, pengemudi tidak memerlukan RPM tinggi, untuk mendapatkan tenaga besar, tentunya dengan pemakaian normal seperti di dalam kota.

Kemudian perbedaan mobil CVT dan AT lebih irit bahan bakar jika dibandingkan dengan mobil transmisi otomatis AT, karena RPM mobil yang cenderung jarang tinggi.

Beberapa contoh mobil dengan transmisi CVT yang ada di Indonesia seperti, Toyota Prius Hybrid, Honda Mobilio dan All New Camry. Sebagian besar mobil Hybrid, telah menggunakan transmisi CVT, karena lebih halus dan irit bahan bakar.

mengendarai city car

Mobil Transmisi Otomatis AT Torque Converters

Transmisi otomatis yang kedua adalah mobil transmisi otomatis AT Torque Converters. Transmisi otomatis yang satu ini menggunakan 3 komponen utama yaitu torque converters, planetary gear set, hydraulic control unit.

Setiap komponen memiliki perannya masing-masing. Pengubah torsi (Torque Converters) terdapat pada mobil transmisi AT, sedangkan pada mobil transmisi manual terdapat kopling.

Antara kedua alat ini, memiliki tujuan yang sama dengan cara kerja yang berbeda.

Kemudian perbedaan utama antara transmisi manual dan transmisi otomatis, pada transmisi manual perpindahan gigi dilakukan oleh pengemudi dan pada transmisi otomatis, perpindahan gigi dilakukan oleh seperangkat gigi (Planetary Gear Set) yang menghasilkan rasio gigi  yang berbeda-beda.

Fungsi dari Hydraulic Control Unit adalah mengontrol kopling, pada mobil transmisi manual kopling dikontrol oleh pengemudi, sedangkan pada mobil transmisi otomatis AT, dikontrol oleh Hydraulic Control Unit. 

Contoh mobil yang menggunakan transmisi AT Torque Converters seperti Toyota Yaris, Suzuki Ertiga.

keuntungan beli mobil bekas

Kesimpulan

Perbedaan mobil CVT dan AT terdapat pada tarikan transmisi, pada transmisi CVT tarikan lebih terasa halus, sebab tidak ada hentakan akibat perpindahan transmisi.

Kemudian, Pada transmisi CVT, ketika pedal gas Anda angkat setelah melakukan akselerasi untuk menyalip, Anda tidak perlu menekan gas terlalu banyak karena kecepatan mobil masih terjaga.

Selain itu perpindahan gigi yang halus, membuat mobil CVT dalam perpindahan gigi sedikit mengalami penurunan RPM mesin. Tentunya hal ini membuat transmisi CVT lebih irit bahan bakar, dibandingkan dengan transmisi AT.

Sedangkan kalau di transmisi otomatis AT, performa akselerasi lebih bagus dari CVT, selain itu biaya perawatan lebih murah. Hanya saja hentakan perpindahan gigi masih terasa. Untuk engine brake transmisi AT tidak sebagus CVT.

Itulah beberapa perbedaan mobil CVT dan AT. Setiap jenis transmisi otomatis memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Jadi, jika Anda ingin memilih mobil dengan transmisi otomatis harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.