Perbedaan Luas Bagasi MPV, SUV, Sedan, dan Hatchback

19 September 2019

MPV, SUV, sedan, dan hatchback memiliki luas bagasi yang berbeda-beda. Namun, mana yang memiliki bagasi paling besar?

luas bagasi MPV, SUV, sedan, dan hatchbackMobil seringkali menjadi pilihan utama sebagian orang untuk memenuhi kebutuhan transportasi karena keunggulannya yang mampu menampung banyak penumpang maupun barang. Kebanyakan, mobil yang memiliki dimensi lebih besar, otomatis mampu memberikan ruang penyimpanan atau bagasi yang lebih besar pula.

 

Keunggulan tersebut patut diperhitungkan dalam memilih sebuah kendaran. Sehingga, pemilik kendaraan mampu menyesuaikan kebutuhannya.

 

Ruang bagasi pada mobil pun memiliki ukuran yang berbeda-beda, tergantung dari jenis mobil itu sendiri. Perbedaan jenis dan besarnya dimensi mobil ikut berpengaruh terhadap besarnya kapasitas bagasi. Sebagai contoh, mobil dengan jenis kargo pasti memiliki kapasitas yang lebih besar daripada mobil untuk penumpang, karena fungsi utama dari mobil tersebut adalah untuk mengangkut barang.

 

Nah, bagaimana perbedaan luas bagasi dari MPV, SUV, sedan, dan hatchback? Berikut ulasannya.

 

MPV (Multi Purpose Vehicle)

Dalam hitungan kasar, mobil MPV memiliki ruang penyimpanan sebesar 300 liter dalam posisi kursi tegak, dan 900 liter saat  kursi baris ketiga dilipat, lalu 1.800 liter saat kursi baris kedua dilipat. Dengan kapasitas yang sepert itu, mobil MPV ini juga bisa dialih fungsikan sebagai mobil kargo.

 

Baca juga: Pilihan Mobil SUV dan MPV dengan Harga di Bawah Rp500 juta

 

Mungkin, buat Anda yang menginginkan mobil keluarga dengan ruang kabin dan bagasi, MPV bisa menjadi pilihan tepat. Lalu, mobil ini juga cocok buat Anda yang sudah berkeluarga atau sedang memulai usaha.

 

SUV (Sport Utility Vehicle)

Beralih ke SUV, mobil yang memang didesain untuk menerjang medan berat. Salah satu jenis mobil yang enak dibawa untuk liburan ini juga memiliki bagasi untuk menampung barang bawaan pengemudi maupun penumpang.

 

Rata-rata, SUV memiliki kapasitas bagasi sebesar 500 hingga 600 liter dengan kondisi kursi baris kedua tegak. Mobil yang mampu berjalan di “dua alam” ini mampu menampung 5-7 orang penumpang dan memiliki 2 baris kursi.

 

Baca juga: Apa Perbedaan SUV, Hatchback, dan Crossover?

 

Bagasi mobil ini bisa menampung koper serta peralatan adventure Anda. Dengan desain interior dan body bongsor yang dimiliki, memungkinkan kapasitas bagasi SUV sedikit lebih luas daripada mobil MPV. Namun, tidak jarang ada juga MPV yang memiliki bagasi lebih besar daripada SUV.

 

Sedan

Mobil sedan biasanya memiliki luas bagasi sekitar 480 liter. Terciptanya ruang yang cukup luas tersebut karena sedan memilki bagian bagasi yang terpisah dengan kursi penumpang. Bahkan seperti yang sering dilihat di beberapa film, ada adegan memasukkan orang ke dalam bagasi.

 

Ini menunjukan bahwa bagasi sedan mampu menampung hingga satu orang dewasa. Jadi, walaupun terlihat lebih pendek daripada jenis mobil lain, bagasi yang dimiliki sedan sangat lowong.

 

Hatchback

Mobil hatchback didesain memiliki 2 baris kursi mampu menampung sampai 5 orang. Mobil ini rata-rata memilki bagasi cukup luas dengan kapasitas sekitar 440 liter. Oleh karena itu, ruang penyimpanan tersebut masih mampu menampung barang-barang penumpang.

 

Koper berukuran besar dan barang-barang yang mendukung liburan Anda rasanya masih cukup untuk dimuat oleh bagasi mobil hatchback.

 

Baca juga: New Astra Daihatsu Sigra Resmi Mengaspal di Indonesia

 

Setelah melihat perbedaan di atas, apakah Anda sudah mendapat bayangan tentang perbedaan luas bagasi MPV, SUV, sedan, dan hatchback?

 

Luas bagasi dari jenis mobil di atas hanya kisaran atau hitungan kasarnya saja, yang mungkin bisa membantu Anda saat sedang bingung mencari mobil baru atau bekas. Untuk itu, jangan lupa perhitungkan pula bagasi dari mobil yang akan Anda pilih nantinya, apakah kalian membutuhkan ruang penyimpanan yang kecil atau besar. Jangan sampai nanti mobil yang dipilih tidak bisa menunjang kebutuhan yang Anda.

 

Anda juga bisa mengunjungi website Seva.id untuk mencari beragam pilihan mobil baru maupun bekas. Kunjungi juga fitur Pilihan Expert di Seva.id, yang menawarkan mobil bekas dengan kualitas terbaik. Jadi, upgrade urusan otomotif Anda menjadi lebih simple dengan satu website, Seva.id.

SHARE