Perbedaan Kode Rest Area A, B, dan C, Mana yang Lebih Luas?

By Reka Harnis - September 1, 2021

Ingin istirahat di jalan tol? Supaya aman dan nyaman, yuk kenali perbedaan kode rest area A, B, dan C.

kode rest area

Meski dengan melewati jalan tol perjalanan panjang bisa dipangkas jadi lebih singkat, namun dengan medan jalan yang monoton dan cenderung lurus, tak jarang membuat pengemudi bosan dan mengantuk.

Oleh karena itu, keberadaan rest area tentu sangat membatu pengemudi saat melewati jalan tol untuk beristirahat dan mengembalikan stamina.

Sebab, jika dipaksakan untuk melanjutkan perjalanan, bahaya tidak hanya mengintai pengemudi dan penumpang saja namun juga pengguna jalan tol lainnya.

Baca juga: Etika Menyalakan Lampu Sein, Hati-hati Salah Arah

Nah, seperti namanya, rest area adalah tempat yang tepat untuk beristirahat. Selain lebih nyaman, tentunya lebih aman dibanding istirahat di bahu jalan.

Kehadiran rest area di jalan tol tentu bukan tanpa alasan, pengelola jalan tol memberikan fasilitas ini untuk mendukung pengemudi dan meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Selain itu, adanya fasilitas rest area adalah sebuah keharusan di jalan tol, terlebih jika mengingat Undang-undang No. 14 Tahun 1992 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang menyebutkan bahwa pengemudi wajib beristirahat selama minimal 30 menit setelah berkendara selama empat jam.

Di Indonesia, rest area umumnya berada di jalan tol maupun jalan nasional. Beberapa jalan arteri primer kadang memiliki fasilitas rest area berupa tempat makan dengan area parkir yang luas.

Baca juga: 5 Cara Menentukan Harga Jual Mobil Agar Menguntungkan

Selain itu, rest area terbagi menjadi tiga tipe, yaitu tipe A, B, dan C. Setiap rest area biasanya memiliki fasilitas yang berbeda-beda, tergantung dari kode rest area tersebut.

Lantas, apa yang membedakan fasilitas rest area tipe A, B, dan C? Ini informasi lengkapnya.

kode rest area

Itulah perbedaan fasilitas rest area tipe A, B, dan C. Sementara untuk perbedaan rest area berdasarkan jalur terbagi menjadi dua tipe terutama di Tol Trans Jawa meliputi A dan B.

Baca juga: Cara Cek Keaslian STNK, Periksa Data sampai QR Code

Untuk tipe rest area A lokasinya berada di jalur yang meninggalkan Jakarta menuju ke arah timur, sedangkan untuk kode rest area B adalah jalur yang menuju ke Jakarta atau jalur menuju ke arah barat.

Rest area adalah fasilitas umum yang berhak digunakan oleh seluruh pengguna jalan tol.

Jadi, jangan ragu untuk memanfaatkannya saat kamu merasa lelah mengemudi. Selain menjaga kondisi fisik, jangan lupa pula jaga kondisi mesin mobil.

Nah, kalau kamu, sudah pernah ke rest area yang tipe apa, nih?

Berita Terkait

Author