Perbedaan Daihatsu Xenia Terbaru dengan Generasi Sebelumnya

Dibanding dengan generasi terdahulunya, kira-kira apa saja ya ubahan paling signifikan yang didapat Daihatsu Xenia terbaru?

Daihatsu Xenia terbaru akhirnya secara resmi diluncurkan bertepatan dengan digelarnya Gaikindo Indonesia International Autoshow (GIIAS) 2021 di ICE BSD City, Tangerang pada Kamis (11/11/21).

MPV berkapasitas 7 orang ini disebut hadir dengan wujud yang berubah total dari generasi sebelumnya. Sebut saja dari sisi eksteriornya, tampilan Xenia yang biasa kita lihat sudah tak lagi ada pada All New Xenia.

Baca juga: Segini Harga Tiket GIIAS 2021 dan Syarat Masuknya

Bila dilihat dari depan, Xenia terbaru hadir dengan tampilan yang lebih sporty. Ubahan pada desain bagian belakang juga serba baru dengan lampu LED yang membuat mobil ini semakin modern.

Turun ke bawah, pelek model terbaru juga dijejalkan pada mobil ini. Selain tampilan yang lebih keren, beragam fitur canggih ikut disematkan pada All New Xenia.

Perbedaan antara Daihatsu Xenia terbaru dengan generasi sebelumnya

All New Xenia menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture atau DNGA yang merupakan platform terbaru Daihatsu. Diklaim oleh Daihatsu, penggunaan platform baru ini membuat sensasi berkendara jadi lebih baik.

Kemudian pada sisi mesin, All New Xenia hadir dengan dua pilihan 2 pilihan mesin, yaitu 1.300 cc dan 1.500 berteknologi Dual VVT-i, sama dengan Grand New Xenia, .

Baca juga: Kendaraan Belum Uji Emisi Bakal Kena Sanksi Tilang?

Perbedaan keduanya adalah dari sistem penggerak. All New Xenia mendapat perubahan dari rear wheel drive (RWD) atau penggerak belakang menjadi front wheel drive (FWD), sehingga memiliki traksi yang lebih baik dan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Ubahan pada sistem penggerak ini juga berdampak pada ruang kabin yang menjadi lebih luas sehingga penumpang bisa duduk dengan nyaman. Apalagi, dilengkapi dengan 3 baris kursi fleksibel yang bisa disesuaikan menjadi sofa mode.

Daihatsu All New Xenia

Fitur keselamatan Xenia terbaru

Perbedaan lain yang cukup terlihat ada pada sistem keselamatannya, yaitu fitur Advanced Safety Assist (ASA), yaitu fitur keamanan spesial tertinggi dan pertama di kelasnya. Apa yang membuat fitur ASA spesial?

A.S.A bekerja dengan menggunakan sensor pada stereo camera di kaca depan yang dapat mendeteksi objek, lalu memberikan peringatan jika mobil dalam potensi bahaya.

Total, terdapat enam fitur keselamatan ASA dengan fungsi berbeda-beda yang dapat membantu pengemudi agar tetap aman berkendara, diantaranya Pre Collision Warning, Pre Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning dan Lane Departure Prevention.

Baca juga: All New Avanza dan All New Veloz Resmi Diluncurkan di Indonesia

Sementara itu, baik All New Xenia maupun Grand New Xenia, keduanya sama-sama dilengkapi ABS (Antilock Brake System) dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution), dual airbags, dan immobilizer.

Namun, fitur HSA (Hill Start Assist), VSC (Vehicle Stability Control), dan ESS (Emergency Stop Signal) hanya ada pada All New Xenia.

Masih dari sisi keselamatannya, mobil yang tersedia dalam 12 varian, serta total 7 pilihan warna ini juga menyematkan fitur Window Jam Protection, serta Rear parking Camera & 360 degrees Around View Monitor untuk memudahkan visibilitas pengendara saat bermanuver mundur.

Jadi, tertarik untuk memiliki Daihatsu Xenia terbaru? Apapun pilihan kamu, kalau ingin beli mobil baru, langsung cek di Seva.id aja!