Perbedaan BMW Seri X di Indonesia, Lengkap dari X1 sampai X7

Menawarkan banyak fitur dan kemudahan, kenali dulu perbedaan BMW Seri X sebelum memboyongnya ke garasi rumah.

seri X

BMW Seri X merupakan mobil tangguh yang diciptakan untuk dapat melaju di berbagai medan jalan. Oleh BMW mobil ini disebut dengan Sport Activity Vehicle (SAV).

BMW Seri X ditujukan bagi masyarakat urban aktif dan gemar berpetualang namun tetap mengutamakan kenyamanan serta kemampuan berkendara impresif di medan on-road maupun off-road.

Baca juga: Keunggulan Teknologi dan Fitur BMW di X Series

Tertarik memiliki BMW Seri X? Kenali dulu perbedaan BMW Seri X yang telah mengaspal di Indonesia.

New BMW X1 sDrive18i

BMW X1

Dalam jajaran BMW Seri X, BMW X1 bisa dibilang masuk dalam kelas entry level.

Di Indonesia, mobil ini juga sudah dirakit secara lokal di BMW Production Network 2, Gaya Motor, Sunter, Jakarta, jelas sebagai bukti nyata dari komitmen BMW terhadap pasar Indonesia.

Baca juga: Melirik Sejarah BMW X1, SAV BMW Paling Digemari di Indonesia

Sejarah BMW X1 dimulai ketika pertama kali mobil konsepnya dikenalkan di Paris Motor Show pada tahun 2008.

Lalu terakhir, BMW Indonesia menghadirkan New BMW X1 sDrive18i pada Januari 2021 lalu.

New BMW X1 sDrive18i tampil lebih sporty dengan profil eksterior black-cladding dan matt silver pada bagian bawah bumper depan

Setelah itu, terdapat color-coded diffuser pada bagian bumper belakang, frame kaca serta roof rails dengan finishing satin aluminium.

New BMW X1 sDrive18i

Semuanya dipadukan dengan desain velg alloy ringan model baru 18 inci Y-spoke style 566 dengan ban run flat dan finishing bicolour.

Baca juga: New BMW X1 sDrive18i dan New BMW X3 sDrive20i Resmi Mengaspal

Mesin mobil ini didukung oleh BMW TwinPower Turbo 1.5 liter tiga silinder, yang menghasilkan daya maksimum sebesar 140 daya kuda pada 4400 rpm dan torsi maksimum hingga 220 Nm pada 1.250 rpm.

BMW X1 terbaru dapat melesat dari 0 hingga 100 kilometer per jam dalam 9,6 detik dan memiliki konsumsi bahan bakar kombinasi rata-rata 13,7 kilometer per liter.

fitur mobil paling berguna

BMW X2

Dalam rangkaian BMW Seri X, angka genap seperti BMW X2 mewakili SAV berjenis coupe atau Sport Activity Coupé (SAC). Tidak heran bila mobil ini memiliki atap yang landai dan desainnya sedikit “nyeleneh”.

Baca juga: BMW X2, Sang Pendobrak dari Keluarga X Series

Dari depan, mobil dengan tagline The Cool Rebel ini mencoba mendobrak desain konvensional BMW Seri X. Terlihat, kidney grille khas BMW yang disematkan pada BMW X2 ini desainnya terbalik.

BMW menyebutnya dengan inverted kidney grille, lebar di bagian bawah dan menyempit di bagian atas.

Di Indonesia, mobil ini masuk dalam varian BMW X2 sDrive18i M Sport X menggendong mesin 1.499 cc 3 silinder BMW TwinPower Turbo bertransmisi otomatis 7 percepatan dual-clutch.

Baca juga: BMW X2 M Mesh Edition, SAC Termungil dalam Edisi Spesial

Dalam klaim BMW, mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga hingga 140 daya kuda. Ya, mesin BMW X2 memang mirip dengan BMW X1.

Terdapat tiga mode berkendara, yaitu Eco Pro, Comfort, dan Sport.

Saat default atau ketika mesin mobil dinyalakan, mode berkendaranya adalah Comfort, yang memang nyaman untuk sehari-hari, tenaganya juga cukup.

BMW X3

Sama seperti BMW X1, BMW X3 yang pada 2021 ini hadir dalam BMW X3 sDrive20i dan BMW X3 xDrive30i M Sport adalah jajaran BMW Seri X yang sudah diproduksi secara lokal.

Baca juga: BMW X3 xDrive30i M Sport, Varian tertinggi BMW X3 Resmi Hadir

Dengan julukan The Independent, BMW X3 sDrive20 padukan tampilan yang kokoh dan sporty dengan interior yang modern dan canggih, menjadikannya tolak ukur efisiensi di segmennya.

Pada bagian luar, BMW X3 terbaru mendapat ubahan pada desain pelek berukuran 19 inci V-spoke style 692 bicolour.

Ground clearance-nya 204 milimeter, fording depth 500 milimeter, serta approach angle 25.6 derajat.

BMW X3 sDrive20i dilengkapi mesin BMW TwinPower Turbo yang menjamin kinerja dan efisiensi bahan bakar sejalan dengan filosofi khas BMW EfficientDynamics.

Baca juga: BMW Indonesia Luncurkan BMW 320i Touring dan BMW 330i Sedan

Mesin 2.0-liter empat silinder yang dilengkapi dengan High Precision Direct Injection, Double-Vanos variable camshaft control, dan Valvetronic fully variable valve timing mengeluarkan tenaga hingga 184 daya kuda dan torsi 300 Nm.

BMW X3 xDrive30i M Sport

Sedangkan BMW X3 xDrive30i M Sport merupakan varian BMW X3 tertinggi yang ada di Indonesia dengan membawa fitur keunggulan yang telah diperkenalkan sebelumnya pada BMW X5 terbaru.

BMW X3 xDrive30i M Sport telah dilengkapi dengan eksterior dan interior BMW M Sport yang ikonik dan sporty, konstruksi BMW EfficientLightweight, wireless Apple CarPlay dan Andriod Auto, Adaptive Suspension terbaru, hingga penyempurnaan pada mesin serta pengalaman berkendara.

Baca juga: Aki BMW E30 Boleh Dijumper sedangkan E36 Tidak, Beneran?

BMW X3 xDrive30i M Sport dibenamkan mesin bensin yang menggunakan teknologi BMW TwinPower Turbo untuk menjamin kombinasi terbaik dari performa mesin dan efisiensi bahan bakar khas filosofi BMW EfficientDynamics.

Teknologi tersebut dikombinasikan dengan High Precision Direct Injection, Double-Vanos variable camshaft control dan Valvetronic fully variable valve timing.

Tidak heran bila mesin empat silinder 2,0 liter ini tampil impresif dalam hal kedinamisan dengan tenaga yang mencapai 252 daya kuda dan torsi 350 Nm, sekaligus tetap mencatat konsumsi bahan bakar 12,1 kilometer per liter.

BMW X4 M Competition dan BMW X4 M Competition

BMW X4

Secara khusus BMW Seri X model BMW X4 hadir dalam varian BMW X4 M Competition bersama dengan BMW X3 M Competition.

Baca juga: Deretan Mobil BMW Seri X Terbaru di Awal Tahun 2021

Keduanya masing-masing masuk dalam Sports Activity Vehicle (SAV) untuk BMW X3 M Competition dan Sports Activity Coupé (SAC) untuk BMW X4 M Competition.

Sebagai penyandang gelar M dan Competition tentu performa mesin adalah andalan keduanya.

Keduanya memiliki tenaga yang luar biasa, hingga 510 daya kuda dengan torsi puncak 600 Nm antara 2.600 dan 5.950 RPM.

Baca juga: BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition Meluncur di Indonesia

Lalu, dua mobil ini mampu melesat dari 0 hingga 100 kilometer per jam hanya dalam waktu 4,1 detik saja.

Sedangkan kecepatan maksimalnya adalah 250 kilometer per jam yang diatur secara elektronik, dan konsumsi bahan bakarnya 13,5 kilometer per liter.

Beralih ke bagian eksterior, BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition bisa dipilih sesuai selera.

BMW X4 M Competition dan BMW X4 M Competition

Meski begitu, keduanya tetap membawa aksen eksklusif dengan bentuk High-gloss Black untuk kidney grille surround BMW, tutup spion khas, gills BMW M, dan spoiler belakang atau duck tail di BMW X4 M Competition.

Baca juga: Berapa Harga BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition?

Beralih ke bagian kaki-kaki, pelek ringan BMW M berukuran 21 inci V-spoke style 765 M dalam warna Bi-color high-sheen atau Jet Black menopang bodinya yang kekar.

Masuk ke dalam mobil, jok berdesain M Sport bucket-style dapat disetel secara elektrik dengan berbalut leather Merino yang dapat dipilih dalam varian black atau varian dua warna, yaitu Sakhir Orange/Black dan Adelaide Grey/Sakhir Orange.

Pelapis leather Merino dalam skema warna baru Midrand Beige/Black dengan aplikasi Alcantara tersedia secara eksklusif untuk dashboard serta door trim BMW X3 dan BMW X4 M Competition.

Baca juga: BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition Hadir di Indonesia

Kokpit khusus berdesain khas BMW M dengan BMW M leather steering wheel, dan gearshift BMW M menciptakan suasana sporty dan mewah.

New BMW X5 xDrive40i

BMW X5

BMW X1, X3, dan BMW X5 adalah mobil BMW Seri X yang masuk dalam jajaran X-Crew dan diluncurkan berbarengan di Indonesia pada bulan Ferbruari 2021 lalu. Mobil ini juga sudah dirakit dan diproduksi secara lokal.

Hadir dalam varian BMW X5 xDrive40i, mobil SAV ini kini makin praktis karena dapat memuat hingga 7 penumpang. Salah satu keunggulan dibanding model sebelumnya.

Baca juga: Resmi Mengaspal, Ini Ubahan dan Harga New BMW X5 xDrive40i

Tentunya, fitur paling mencolok dari BMW X5 xDrive40i xLine adalah hadirnya jok baris ketiga yang tidak hanya memberikan ruang untuk seluruh keluarga namun juga fleksibilitas pengaturan bangku baris kedua yang lebih nyaman untuk perjalanan jarak jauh.

Kemudian, di sektor hiburan, terdapat sound system Harman Kardon dan dilengkapi dengan 16 speakers serta power amplifier 464 Watt 9 channels yang disempurnakan dengan setelan individual equalizer. Mantap!

Lalu ada juga Driving Assistant yang merupakan sistem yang dapat membantu pengemudi agar pengalaman berkendara menjadi lebih aman dan nyaman.

Baca juga: Cara Membaca Arti Seri Mobil BMW Berupa Angka dan Huruf

Secara keseluruhan, sistem dari Driving Assistant ini dapat diatur sensitivitasnya oleh pengemudi, baik input kemudi aktif ataupun non-aktif sesuai dengan preferensi pengemudi.

New BMW X5 xDrive40i

BMW X5 xDrive40i menggendong mesin enam silinder segaris berkapasitas 3.0 liter menggunakan turbocharger twin-scroll, VALVETRONIC fully variable valve timing, timing camshaft variabel Double-VANOS dan High Precision Direct Injection dengan tekanan maksimum 350 bar memastikan bahan bakar disalurkan dalam dosis yang sangat tepat.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 340 daya dengan torsi puncak hingga 450 Nm dan menyalurkan daya melalui transmisi Sport Steptronic 8-percepatan lengkap dengan paddle shift pada setir.

Baca juga: Deretan Mobil Listrik BMW yang Akan Hadir di Tahun 2021

Sementara teknologi all-wheel drive cerdas BMW xDrive menunjukkan kelebihannya dengan memastikan traksi terbaik di semua permukaan jalan ataupun off-road berkat distribusi torsi pintar.

BMW X5 xDrive40i dapat melesat dari 0 hingga 100 kilometer perjam hanya dalam 5,5 detik. Rata-rata konsumsi bahan bakar kombinasi 9,2 kilometer per liter dan emisi CO2 kombinasi hanya 211 gram per kilometer.

All New BMW X6

BMW X6

Diluncurkan pada bulan Mei 2021, BMW Seri X di Indonesia sudah lengkap dengan hadirnya BMW X6 dengan varian BMW X6 xDrive40i.

Baca juga: All New BMW X6, Si Buas yang Tampil Unik dan Elegan

Julukan The Beast tersemat pada mobil ini sebab dapat melesat dari 0 hingga 100 kilometer per jam hanya dengan 5,5 detik saja. Cukup kencang bukan?

Mesin BMW X6 xDrive40i memang menawarkan kemampuan akselerasi dengan response khas mesin bensin enam silinder segaris BMW.

Mobil ini menggendong mesin berkapasitas 3.0 liter BMW TwinPower Turbo  yang dipadu dengan twin-scroll turbocharger, Valvetronic, dan double VANOS.

Mesin tersebut menyalurkan daya melalui Steptronic Sport Transmision 8 percepatan lengkap dengan paddle shift.

Hasilnya adalah torsi maksimal mencapai 450 Nm dengan konsumsi bahan bakar rata-rata 11,1 kilometer per liter.

Baca juga: Spesifikasi BMW X6, Mobil yang Pernah Ditunggangi Jimin BTS

Sementara teknologi terbaru BMW xDrive dengan full time all wheel drive menunjukkan kelebihannya dengan memastikan traksi terbaik untuk BMW X6 xDrive40i di semua permukaan jalan sehingga meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara.

All New BMW X6

Lahir sebagai SAC, meski berbasis sama dengan BMW X5, BMW X6 menawarkan eksterior yang menawan.

Seluruh lekuk bodi yang ada merupakan ciri khas dari mobil ini. Sudah tentu, atap yang melandai dari pilar B ke belakang adalah yang paling menonjol sebagai sebuah coupé.

Baca juga: BMW Indonesia Luncurkan BMW M135i xDrive dan Dua Model Terbaru

Hadir untuk pertama kalinya di BMW X6 adalah inovasi canggih seperti lampu Iconic Glow di BMW kidney grille.

Selain dapat membuka tutup otomatis sesuai dengan kebutuhan udara yang dibutuhkan mesin, saat lampu dinyalakan, grille akan menyala putih. Menjadikannya ciri khas pada BMW X6.

BMW X7

BMX X7

Penghuni BMW Seri X tertinggi di Indonesia saat ini adalah BMW X7. Meski mendukung beragam fitur canggih dan teknologi terkini, mobil ini juga sudah dirakit secara lokal.

Baca juga: Dirakit Lokal, Harga BMW X7 Terbaru Jauh Lebih Murah

BMW X7 xDrive40 Opulence telah dilengkapi dengan sentuhan eksterior, fitur serta sistem semi-autonomous driving yang semakin canggih. Teknologi yang sama pda BMW Seri 7.

Kombinasi fitur semi-autonomous driving dan keamanan aktif bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan terutama pada perjalanan jarak jauh.

Meski begitu, BMW X7 tetap bisa dibawa off-road dengan hadirnya xOffroad package dengan sistem intelligent all-wheel drive yang menawarkan 4 pilihan mode berkendara, seperti xSand, xGravel, xRocks dan xSnow.

Baca juga: Resmi Mengaspal, BMW X7 Hadir dengan Banyak Tambahan Fitur

Sistem xOffroad package juga mampu untuk mengatur ketinggian dan rebound suspensi udara pada BMW X7.

Desain eksterior BMW X7 kini semakin tegaskan kemewahan dengan penggunaan Opulent exterior design yang ditandai dengan sentuhan high-gloss chrome, mulai dari fascia depan, ornament air breather di samping, hingga garis high-gloss chrome di belakang yang menyatu dengan L-shape rear-lamp.

BMW X7

Selain itu, BMW X7 xDrive40i Opulence tampil lebih gagah dengan velg 21 inci Y-spoke style 752 Bicolour. Desain velg ini sangat kokoh, memperkuat sisi maskulin khas keluarga BMW X.

Baca juga: Apa Bedanya BMW Seri 4 Terbaru Tipe Coupe dan Convertible?

Di interior, selain jok yang sangat nyaman, penumpang juga merasakan suasana premium berkat Bower & Wilkins Diamond surround system dengan 20 speakers dan tenaga hingga 1.508 watt.

BMW X7 menggendong mesin yang dilengkapi dengan teknologi BMW TwinPower Turbo yang terdiri dari turbocharging, High Precision Injection, VALVETRONIC fully variable valve timing dan Double-VANOS variable camshaft control.

Mesin sempurna ini menghasilkan tenaga hingga 340 daya kuda pada 5.500-6.500 rpm dan torsi maksimum sebesar 450 Nm dari 1.500 rpm.

Baca juga: Penjualan BMW Group Indonesia Cetak Rekor Baru di 2021

Jadi setelah tahu perbedaan BMW Seri X dari X1 sampai X7, kamu akan pilih yang mana?