Perbedaan Avanza dan Veloz yang Tampak Serupa tapi Tak Sama

Terlihat serupa, tapi sebenarnya punya banyak hal yang tidak bisa sama. Apa saja sih perbedaan Avanza dan Veloz?

Pada 10 November 2021 lalu, PT Toyota Astra Motor meluncurkan All New Avanza dan All New Veloz. Apa saja ubahan dan perbedaan Avanza dan Veloz?

Avanza terbaru yang sudah memasuki generasi ketiga ini memiliki tampilan yang berubah 180 derajat dengan sebelumnya dan beragam pengembangan fitur.

Sementara Veloz yang merupakan varian tertinggi dari Avanza dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011 dan kini nama Veloz sudah disematkan sendiri tanpa embel-embel Avanza.

Baca juga: All New Avanza dan All New Veloz Resmi Diluncurkan di Indonesia

Meski tampak serupa, kedua MPV 7 penumpang ini punya sejumlah perbedaan. Berikut perbedaan Avanza dan Veloz generasi terbaru.

perbedaan avanza dan veloz

Eksterior Avanza dan Veloz

All New Avanza hadir dengan desain bumper depan yang lebih bold, desain headlamp LED tajam dan panel krom yang mempertegas kesan elegan. 

Bagian belakangnya terdapat New Fascinating LED Rear Combination with Backdoor Lamp. Avanza memiliki dimensi panjang 4.395 milimeter, lebar 1.730 milimeter, tinggi 1.700 milimeter, dan wheelbase 2.750 milimeter.

Baca juga: Ubahan dan Fitur All New Avanza, Makin Nyaman!

All New Veloz memiliki dimensi yang sedikit lebih besar dari Avanza dengan 4.475 milimeter, lebar 1.750 milimeter, dan jarak sumbu roda 2.750 milimeter.

Berbeda dengan Avanza yang menonjolkan kesan elegan, Veloz tampil dengan desain kokoh, tangguh, dan agresif dari New Distinctive Look yang terlihat dari kap mesin yang tinggi serta New Formidable Design Front Grille.

Eksterior belakangnya dilengkapi New Progressive Rear Combination with Full Backdoor Lamp dengan tampilan lebih modern. Sturdy Rear Bumper yang menonjolkan kesan agresif dan tangguh.

Baca juga: Fitur All New Veloz yang Bikin Makin Premium

Veloz menggunakan velg alloy berukuran 17 inci, lebih besar dari Avanza yang hanya berukuran 16 inci dengan New Dashing Two Tone Alloy Wheel bertema 3 dimensi kontemporer.

Interior Avanza dan Veloz

Dari segi interior, baik Avanza maupun Veloz sama-sama memiliki interior premium dan kabin yang lebih nyaman dan luas. Dirancang dengan konfigurasi fleksibel serta New Pleasant Long Sofa Mode yang memberikan ruang nyaman.

Keduanya juga dilengkapi dengan New Tilt Telescopic Steering with Audio & MID Switch yang memudahkan pengemudi mengatur posisi kemudi, audio, serta MID.

Perbedaan Avanza dan Veloz terdapat pada ukuran panel instrumen, di mana Avanza memiliki New Striking Full Dashboard Design dengan panel instrumen New TFT MID 4,2 inci.

Baca juga: Toyota Pamer Beragam Jenis Kendaraan di Booth GIIAS 2021

Sementara itu, Veloz memiliki panel instrumen yang lebih besar dengan New Advanced 7 Inch Digital TFT MID dengan visual yang disempurnakan.

Lalu, Veloz juga dilengkapi New Electric Parking Brake with Brakehold yang menggantikan tuas rem parkir konvensional. New Rear-Seat Entertainment dan Wireless Charger di konsol tengah, serta New Leisure Soft Pad Door Armrest with Full Grip.

All New Avanza dan All New Veloz

Fitur Avanza dan Veloz

All New Avanza dibekali dengan mesin 1NR-VE 1.329 cc 4 silinder yang menghasilkan tenaga 98 PS dan torsi 12,4 Kgm. Sementara Avanza varian tertinggi serta Veloz memiliki mesin 2NR-VE berkapasitas 1.500 cc silinder, menghasilkan tenaga 106 PS dan torsi 14 Kgm.

Avanza dan Veloz sudah mengadopsi teknologi Dual VVT-i, serta menggunakan New CVT Transmission yang dilengkapi split gear baru yang mampu menciptakan akselerasi bertenaga dan mulus mulus, serta pengalaman berkendara yang senyap.

Baca juga: Sejarah Toyota Avanza dari Dulu hingga Sekarang

Fitur keselamatan Avanza dan Veloz sama-sama sudah menggunakan Toyota Safety Sense (TSS). Di dalam TSS, ada Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention, Misoperation Control, dan Front Departure Alert.

Tak hanya itu, terdapat 6 Airbag, fitur Anti-lock Braking System (ABS), ELektronic Brake Distribution (EBD), Braking Assist (BA).

Pada All New Veloz, terdapat Vehicle Stability Control yang menjaga kendaraan selama manuver cepat selama di tikungan. Serta Hill Start Assist yang memastikan start mulus di jalanan menanjak.

All New Avanza

Perbedaan fitur Avanza dan Veloz tak jauh berbeda. Di All New Avanza, terdapat fitur T Intouch, sebuah teknologi telematika yang menghubungkan mobil dengan aplikasi mTOYOTA sehingga pengemudi dapat terhubung dengan layanan mobilitas Toyota.

Fitur T Intouch ini sebelumnya hanya ada pada New Camry. Dalam fitur T Intouch terdapat Find My Car, Geofencing, E-Care, Support Center, serta Road Assistance yang memungkinkan pemilik mobil mendapat bantuan lebih cepat.

Baca juga: Cara Daftar Test Drive dan Test Ride Di GIIAS 2021

Sedangkan pada Veloz dilengkapi dengan fitur New All Round View Camera yang memantau secara jelas situasi di sekitar kendaraan, dan fitur ini ada pada varian Q CVT dan Q CVT TSS.

All New Avanza dan All New Veloz

Perbedaan harga Avanza dan Veloz

All New Avanza dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 206,2 juta – Rp 264,4 juta. Sedangkan Veloz mulai dari Rp 251,2 juta – Rp 291,5 juta. Berikut perbedaan Avanza dan Veloz dari segi harga selengkapnya.

Harga All New Avanza

  • Toyota All New Avanza 1.3 E M/T Rp 206.200.000
  • Toyota All New Avanza 1.5 G M/T Rp 228.500.000
  • Toyota All New Avanza 1.5 G CVT Rp 241.400.000
  • Toyota All New Avanza 1.5 G CVT TSS Rp 264.400.000

Harga All New Veloz

  • Toyota All New Veloz M Rp 251.200.000
  • Toyota All New Veloz Q CVT Rp 272.100.000
  • Toyota All New Veloz Q CVT TSS Rp 291.500.000

Baca juga: Resmi Meluncur, Daihatsu All New Xenia Punya 12 Varian

Itulah sejumlah perbedaan Avanza dan Veloz. Kamu lebih untuk membawa pulang All New Avanza atau All New Veloz? Bagi yang ingin melihat dan merasakan langsung kedua mobil ini bisa langsung mengunjungi GIIAS 2021.