Jaga Kesehatan Mental hingga Kehidupan Sosial saat Pandemi

By Adlina Nufikha - May 28, 2020

Situasi di tengah pandemi tak dimungkiri bikin resah, agar tetap dapat hidup normal. Yuk, simak tips berikut ini!

Wabah virus Covid-19 belum juga berakhir, kondisi ini tak dimungkiri membuat kesehatan mental dan kestabilan kehidupan sosial terganggu. Meski normal terjadi saat berada dalam masa pandemi. Tapi, kamu jangan berlarut-larut dalam pikiran negatif tersebut.

Nah, berikut ini beberapa cara untuk menjaga kesehatan mental serta kestabilan sosial agar tetap bisa bertahan selama wabah yang belum ada vaksinnya ini.

Kelola ekspektasi

Seiring pemberlakuan PSBB di berbagai wilayah Indonesia, banyak institusi maupun lembaga pendidikan memberlakukan sistem kerja maupun belajar secara daring. Sebagian dari kamu pasti ada yang belum terbiasa dengan sistem belajar maupun bekerja secara daring ini. 

Baca juga: Cara Mempertahankan Skill Mengemudi Kamu di Masa PSBB

Imbasnya, produktivitas kamu sehari-hari terganggu. Agar dapat beradaptasi dengan situasi yang tidak biasa ini hal yang perlu kamu lakukan adalah mengelola ekspektasimu dengan baik.

Jangan terlalu keras terhadap diri sendiri. Kamu perlu membuat ekspektasi situasi serealistis mungkin di saat yang tidak pasti seperti ini.

Merawat diri

Setelah mengelola ekspektasi, hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental adalah dengan merawat diri kamu sendiri. Melihat banyaknya hal yang tidak dapat dikendalikan saat ini kamu harus bisa mencoba merawat diri. 

Baca juga: Asal-Usul Kopi Dalgona yang Populer di Masa Karantina

Jika kamu merasa kewalahan dan berada di ambang krisis, luangkan waktu sebentar untuk bernapas, lakukan relaksasi atau sesuatu lainnya hanya untuk dirimu sendiri.

Oh ya, merawat diri bisa dengan cara yang sesederhana mungkin, misalnya menonton film atau acara TV favorit, menikmati perawatan tubuh, atau melakukan kegiatan relaksasi lainnya.

 

Berita Terkait

Author