Perawatan Mobil yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

By Ferdi Julias - Juli 11, 2018

Setiap pengendara tentunya ingin memiliki kendaraan dengan kondisi yang prima sehingga dapat membuat perjalanan lebih aman dan nyaman. Agar keinginan tersebut terpenuhi, perlu adanya perawatan rutin yang harus dilakukan.

 

Beberapa perawatan rutin tersebut ada yang dapat Anda lakukan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel jika Anda memiliki waktu luang. Perawatan yang dapat Anda lakukan sendiri tersebut di antaranya  sebagai berikut.

 

Cek air radiator

Selain sistem pendingin oli, perangkat lain yang berperan penting untuk menjaga suhu mesin tetap pada kondisi yang normal adalah radiator. Untuk itu, cek air radiator Anda secara rutin untuk memastikan sistem tersebut bekerja dengan baik.

 

Setiap mobil memiliki masa penggantian air radiator yang berbeda, tetapi umumnya penggantian air radiator dilakukan tiap 20.000 km dan memakai cairan coolant. Tetapi, lebih baik lakukan pengecekan sebelum jatuh tempo karena bisa saja air radiator Anda sudah mulai berkurang sebelum waktunya.

 

Selain itu, lakukan juga pengecekan selang radiator, pengurasan air, dan sebagainya agar performa radiator mobil Anda tetap dalam kondisi prima. Dengan begitu, mesin mobil juga akan terawat dengan baik.

 

Cek aki

Baterai atau yang biasa disebut dengan aki merupakan salah satu sistem kelistrikan yang terdapat pada kendaraan yang berfungsi untuk menyimpan tenaga listrik dan mengalirkannya ke sistem-sistem yang membutuhkannya.

 

Untuk meminimalisir gangguan pada sistem kelistrikan mobil Anda, ada baiknya untuk melakukan pengecekan aki secara rutin. Caranya cukup mudah, pada aki basah terdapat batas upper dan lower sebagai informasi jika aki mobil kekurangan cairan atau tidak. Jika air aki di bawah kondisi normal, segera lakukan penambahan air aki untuk menjaga performanya.

 

Sedangkan pada aki kering, batas upper dan lower tidak lagi dibutuhkan karena air aki berbentuk gel dan sudah diisi langsung oleh pabrikan. Lalu, rata-rata aki kering menggunakan separator berbentuk kapas untuk mengantisipasi kebocoran. Jadi, tidak perlu dilakukan penambahan cairan pada aki kering, cukup dipakai sampai drop lalu lakukan penggantian.

 

Mengganti roda dan menambah tekanan angin

Teknik penggantian roda seharusnya dimiliki oleh setiap penggendara agar dapat dilakukan sendiri jika tiba-tiba mengalami kendala di jalan. Caranya juga tidak sulit, pertama kali adalah menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan, seperti dongkrak, kunci roda, dan pastinya roda cadangan.

 

Setelah itu, gunakan kunci roda untuk melepas baut roda. Jika sudah terlepas, angkat sisi mobil menggunakan dongkrak dan lepaskan roda yang mengalami masalah lalu ganti dengan roda baru. Hati-hati dalam melakukan penggantian karena roda mobil memiliki bobot yang cukup berat.

 

Setelah roda terpasang, masukkan kembali baut roda. Lalu, turunkan dongkrak sampai roda menapak kembali ke tanah. Tugas terakhir adalah mengencangkan kunci roda dan pekerjaan selesai. Jangan lupa untuk mengecek tekanan angin roda baru Anda agar setiap sisi seimbang dan laju mobil dapat optimal.

 

Mengganti busi

Busi yang soak dapat membuat mobil Anda sulit untuk di-starter. Jadi, lakukan pengecekan busi secara rutin untuk memastikan bahwa busi mobil Anda dalam keadaan baik. Jika pengapian pada busi sudah mengecil, segera ganti busi mobil Anda dengan menggunakan kunci busi.

 

Mengganti oli

Jangan lupa untuk selalu mengganti oli Anda sesuai dengan jadwal penggantian. Penggantian oli sangat penting untuk menjaga mesin Anda tetap bekerja dengan baik. Untuk mengganti oli, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengangkat mobil dengan dongkrak agar Anda lebih mudah masuk ke kolong mobil.

 

Setelah itu, lepas baut oli dan kuras oli lama sampai habis. Lalu, tutup kembali lubang pengurasan oli sampai rapat dan tambahkan oli di gearbox mesin.

 

Membersihkan mobil

Ini merupakan hal yang paling mudah untuk dilakukan oleh pemilik mobil. Membersihkan mobil merupakan kepuasan tersendiri bagi sebagian pemiliknya, apalagi Anda sangat mencintai mobil Anda.

 

Membersihkan eksterior dan interior mobil penting untuk menjaga penampilan mobil Anda dan juga tentunya kenyamanan berkendara. Mobil yang bersih dapat membuat pengendara dan penumpang betah berlama-lama di dalam mobil.

 

mobil city carBagaimana, cukup mudah bukan? Jangan lupa pakai sarung tangan saat melakukan perawatan di rumah.

 

Tetapi, jika Anda kurang yakin atau tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan perawatan sendiri di rumah, lebih baik lakukan pengecekan di bengkel resmi agar mendapatkan perawatan yang lebih maksimal.

 

Anda juga dapat melakukan booking service di Seva.id untuk melakukan pengecekan berkala di bengkel resmi. Jadi, waktu Anda tidak banyak terbuang untuk mengantri.

 

Berita Terkait

Author