Search Cars

Travel & Lifestyle

Penyebab Truk Gotrek Ditilang Polisi pada Cerita Film Tilik

Truk bak terbuka pada Film Tilik dihentikan dan ditilang polisi. Apa penyebabnya?

film tilikFilm Tilik adalah film berbahasa Jawa besutan Wahyu Agung Prasetyo yang ramai menjadi perbincangan warganet di Twitter baru-baru ini. Viralnya film ini disinyalir karena lekat dengan kehidupan masyarakat.

Cerita film Tilik dimulai dengan kisah rombongan ibu-ibu yang ingin menjenguk Ibu Lurah di rumah sakit dengan menggunakan truk bak terbuka. Saat diperjalanan, tiba-tiba truk yang mereka tumpangi berhenti dan ditilang polisi. Apa penyebabnya?

Seperti yang disebutkan oleh polisi di dalam Film Tilik, bahwa Gotrek (pengemudi truk di Film Tilik) telah melanggar Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2012 Tentang Kendaraan Pasal 5 ayat (4), yaitu kendaraan bermotor jenis mobil barang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (1) huruf d meliputi (a) kendaraan bak muatan terbuka, (b) mobil bak muatan tertutup, (c) mobil tangki, dan (d) mobil penarik.

Baca juga: Bagaimana Regulasi Mobil Double Cabin di Indonesia?

Kemudian, pada PP No.55 Tahun 2012 Pasal 1 ayat (7) dijelaskan, bahwa mobil barang adalah kendaraan bermotor yang dirancang sebagian atau seluruhnya untuk mengangkut barang.

Setelah itu, pada Peraturan Menteri Perhubungan RI PM 60 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Barang dengan Kendaraan Bermotor di Jalan Pasal 1 ayat (13) tertulis, bahwa awak kendaraan adalah pengemudi, pengemudi cadangan, dan pembantu pengemudi.

Kapan mobil angkutan barang boleh mengangkut penumpang?

Dikutip dari hukumonline.com, pada dasarnya dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) terdapat istilah mobil penumpang dan mobil barang.

Istilah ini dapat ditemukan dalam Pasal 47 ayat (2) UU LLAJ yang menyebutkan bahwa kendaraan bermotor dikelompokkan berdasarkan jenis (a) sepeda motor, (b) mobil penumpang, (c) mobil bus, (d) mobil barang, dan (e) kendaraan khusus.

Baca juga: Pilih Mobil Niaga yang Menguntungkan untuk Usaha Anda

Kemudian, definisi mobil barang dapat kamu temukan dalam PP No.55 Tahun 2012 Pasal 1 ayat (7).

Artinya, mobil bak muatan terbuka sebagai mobil barang hanya diperuntukkan sebagai mobil yang mengangkut barang.

Namun, menilik laman hukumonline.com, dalam Pasal 137 ayat (4) UU LLAJ, setidaknya ada tiga kondisi pengecualian.

Pertama, mobil barang dilarang digunakan untuk angkutan orang kecuali rasio kendaraan bermotor untuk angkutan orang, kondisi geografis, dan prasarana jalan di provinsi/kabupaten belum memadai.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Hatchback Bekas di Bawah Rp 150 Juta

Kedua, mobil barang dilarang digunakan untuk angkutan orang kecuali untuk pengerahan atau pelatihan Tentara Nasional Indonesia dan/atau Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Lalu, yang ketiga, mobil barang dilarang digunakan untuk angkutan orang kecuali kepentingan lain berdasarkan pertimbangan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan/atau Pemerintah Daerah.

Film Tilik berhasil menembus angka jutaan penonton di Youtube

Tetapi, di luar dari hal tersebut, adanya kisah truk bak terbuka yang memuat ibu-ibu di Film Tilik membuat penonton dapat merasakan kehidupan sehari-hari sebagian masyarakat daerah, khususnya di antara Sleman dan Bantul, latar dari Film Tilik.

Obrolan sekelompok ibu-ibu dalam perjalanan ini juga berhasil membuat penonton tertawa karena percakapan mereka. Selain ringan, cerita yang terdapat dalam Film Tilik pun mudah diterima oleh masyarakat.

Baca juga: Mudahnya Mengurus STNK Online Tanpa Harus Keluar Rumah

Sampai saat ini, film yang diunggah oleh Ravacana Films ini berhasil menembus lebih dari 8,7 juta penonton di Youtube.

Karakter yang banyak menjadi sorotan warganet di Film Tilik adalah Bu Tejo (diperankan oleh Siti Fauziah), seorang wanita yang sudah bersuami dan memiliki anak.

Sebagai informasi, tilik dalam bahasa Indonesia berarti menjenguk. Judulnya sangat sesuai dengan rangkaian cerita film Tilik, yang bercerita tentang perjalanan ibu-ibu naik truk bak terbuka dalam rangka menjenguk Ibu Lurah di rumah sakit.

Nah, apakah kamu sudah menonton film Tilik di Youtube?

Source gambar: Youtube

 

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.