Penyebab Setang Motor Goyang Saat Dikendarai

By Arris Riehady - Maret 1, 2021

Seiring bertambahnya usia ada saja kendala sejumlah komponen, yuk ketahui kenapa setang motor goyang saat dikendarai. Kalau didiamkan bisa bahaya loh.

setang motor goyang

Motor kerap dipilih untuk jadi moda transportasi sehari-hari. Bukan tanpa alasan, kendaraan roda dua ini dinilai lebih lincah ketika berada di kemacetan.

Seiring berjalannya waktu, motor yang digunakan sehari-hari komponennnya akan lebih cepat mengalami kendala atau kerusakan.

Apalagi jika kerap melewati jalanan tidak rata atau berlubang, kerusakan seperti setang motor goyang, berat, dan tidak stabil pun bisa terjadi.

Lalu, kerusakan pada area setang yang bikin motor tidak lagi nyaman dikendarai adalah motor pernah terjatuh.

Baca Juga: Tips Beli Motor Tua Ini Bakal Bikin Amsyongmu Berkurang

Jika didiamkan, hal ini justru akan berbahaya bagi pengendara dan orang yang ada di sekitarnya, karena keseimbangan motor dan pengendaliannya akan berkurang.

Untuk mengetahui penyebab setang motor goyang  saat dikendarai atau berat dan tidak stabil ada beberapa komponen yang mesti dicek, di antaranya sebagai berikut.

setang motor goyang

Komstir

Kerusakan komstir pada motor dapat dideteksi dengan setang yang terasa berat atau bergetar ketika motor dipacu dalam kecepatan tinggi.

Selain itu, komstir yang harus diperbaiki atau diganti tandanya setang motor juga jadi sulit dikendalikan. Setang motor juga terasa oblak akibat keausan pada bagian bearing.

Baca juga: Motor 250 cc Langka yang Banyak Diburu Kolektor Otomotif

Jika tidak segera dibenahi, kerusakan komstir bukan hanya berdampak pada pengendalian motor tapi juga membuat rem depan menjadi tidak pakem.

Nah, karena itu, sebaiknya segera lakukan perawatan dan penggantian komstir bila sudah ada tanda-tanda di atas. Bisa bahaya akibatnya.

setang motor goyang

Periksa kodisi ban

Setang motor berat saat dikendarai juga bisa disebabkan oleh kondisi ban, khususnya ban bagian depan.

Bila ban kurang angin atau tekanan otomatis setang akan terasa berat karena ban akan menapak seluruhnya pada permukaan jalan.

Baca juga: Spesifikasi dan harga Honda PCX 160 yang Baru Mengaspal

Ban yang kurang angin juga akan membuat setang motor goyang bila dikendarai. Faktor lain yang membuat setang bergoyang adalah permukaan ban yang berlombang seperti ada benjolan.

Bekas tambalan pada ban tubless juga dapat membuat setang bergoyang.

Kalau sudah begitu, lakukan penggantian ban dengan segera, namun jika hanya kurang angin segera tambah tekanannnya sesuai anjuran.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!