Search Cars

Tips & Rekomendasi

Penyebab Setang Motor Goyang Saat Dikendarai

Seiring bertambahnya usia ada saja kendala sejumlah komponen, yuk ketahui kenapa setang motor goyang saat dikendarai. Kalau didiamkan bisa bahaya loh.

setang motor goyang

Motor kerap dipilih untuk jadi moda transportasi sehari-hari. Bukan tanpa alasan, kendaraan roda dua ini dinilai lebih lincah ketika berada di kemacetan.

Seiring berjalannya waktu, motor yang digunakan sehari-hari komponennnya akan lebih cepat mengalami kendala atau kerusakan.

Apalagi jika kerap melewati jalanan tidak rata atau berlubang, kerusakan seperti setang motor goyang, berat, dan tidak stabil pun bisa terjadi.

Lalu, kerusakan pada area setang yang bikin motor tidak lagi nyaman dikendarai adalah motor pernah terjatuh.

Baca Juga: Tips Beli Motor Tua Ini Bakal Bikin Amsyongmu Berkurang

Jika didiamkan, hal ini justru akan berbahaya bagi pengendara dan orang yang ada di sekitarnya, karena keseimbangan motor dan pengendaliannya akan berkurang.

Untuk mengetahui penyebab setang motor goyang  saat dikendarai atau berat dan tidak stabil ada beberapa komponen yang mesti dicek, di antaranya sebagai berikut.

setang motor goyang

Komstir

Kerusakan komstir pada motor dapat dideteksi dengan setang yang terasa berat atau bergetar ketika motor dipacu dalam kecepatan tinggi.

Selain itu, komstir yang harus diperbaiki atau diganti tandanya setang motor juga jadi sulit dikendalikan. Setang motor juga terasa oblak akibat keausan pada bagian bearing.

Baca juga: Motor 250 cc Langka yang Banyak Diburu Kolektor Otomotif

Jika tidak segera dibenahi, kerusakan komstir bukan hanya berdampak pada pengendalian motor tapi juga membuat rem depan menjadi tidak pakem.

Nah, karena itu, sebaiknya segera lakukan perawatan dan penggantian komstir bila sudah ada tanda-tanda di atas. Bisa bahaya akibatnya.

setang motor goyang

Periksa kodisi ban

Setang motor berat saat dikendarai juga bisa disebabkan oleh kondisi ban, khususnya ban bagian depan.

Bila ban kurang angin atau tekanan otomatis setang akan terasa berat karena ban akan menapak seluruhnya pada permukaan jalan.

Baca juga: Spesifikasi dan harga Honda PCX 160 yang Baru Mengaspal

Ban yang kurang angin juga akan membuat setang motor goyang bila dikendarai. Faktor lain yang membuat setang bergoyang adalah permukaan ban yang berlombang seperti ada benjolan.

Bekas tambalan pada ban tubless juga dapat membuat setang bergoyang.

Kalau sudah begitu, lakukan penggantian ban dengan segera, namun jika hanya kurang angin segera tambah tekanannnya sesuai anjuran.

setang motor goyang

Bearing roda dan velg

Masih dari area ban, setang bergoyang juga bisa disebabkan oleh bearing roda yang sudah aus dan velg yang bermasalah.

Untuk memeriksa bearing roda, gunakan standar tengah dan goyangkan ban ke kiri dan kanan. Bila terasa oblak berarti bearing roda harus diganti.

Baca juga: Cara Menghitung Pajak Progresif Motor, Begini Rumusnya

Sementara untuk memeriksa kondisi velg, putarkan ban dan perhatikan gerakannya. Jika putaran tidak lurus bisa jadi velg ada yang bengkok, retak, atau bahkan patah.

setang motor goyang

Suspensi atau shockbreaker

Faktor lain yang membuat setang motor goyang saat dikendarai adalah kinerja suspensi atau shockbreaker yang mulai lemah.

Ada banyak hal, salah satunya adalah kebocoran oli suspensi sehingga membuatnya lemah dalam meredam getaran. Untuk memperbaikinya bisa dilakukan dengan menambah atau mengganti oli suspensi di bengkel.

Seperti diketahui, suspensi berfungsi untuk meredam getaran dari permukaan jalan bergelombang dan berlubang sehingga pengendara tetap nyaman.

Baca juga: Bayar Pajak Motor Online Tanpa Harus Keluar Rumah

Hal lain yang membuat kinerja suspensi terganggu adalah motor pernah tabrakan dan jatuh sehingga posisinya tidak lagi presisi dan simetris.

Jika sudah begini, selain suspensi, mungkin dudukan suspensi atau segitiga bawah motor juga harus diganti agar posisinya kembali seperti semula.

setang motor goyang

Segitiga dudukan setang

Terakhir, bila semua sudah diperiksa, bisa jadi setang motor goyang disebabkan oleh segitiga dudukan stang yang juga sudah tidak presisi.

Untuk mengeceknya dapat dilakian dengan meluruskan setang motor di tempat rata atau dengan menggunakan alat ukur bernama fuller.

Baca juga: Alat dan Aplikasi untuk Touring Biar Komunikasi Lancar Terus

Apabila setang sudah tidak presisi dan simetris ada baiknya lakukan penggantian. Atau bisa juga diakali dengan membawa ke tukang press untuk diperbaiki agar posisinya lurus kembali.

setang motor goyang

Penambahan aksesoris dan kelebihan beban

Tidak melulu soal komponen, penyebab setang motor bergoyang juga dapat dipengaruhi oleh pemasangan aksesoris.

Misalnya pemasangan top box atau boks di belakang yang akan mempengaruhi center of gravitiy motor yang sudah ditetapkan oleh pabrikan.

Lalu, motor yang dikendarai dengan muatan berlebih juga akan membuat setang terasa bergoyang.

Untuk menjaga agar setang motor tidak bergoyang caranya mudah, pertama periksa selalu kondisi ban agar tekanan anginnya sesuai standar.

Baca juga: Bagaimana Aturan Mengangkut Barang Menggunakan Motor?

Selanjutnya, pelankan laju motor ketika melewati jalan bergelombang, apalagi ketika ada polisi tidur dan lubang.

Terakhir, rawat selalu motor kesayangan dengan rutin melakukan servis dan perawatan berkala di bengkel, khususnya bengkel resmi yang sesuai standar pabrikan.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan helm dan perlengkapan motor saat berkendara. Patuhi lalu lintas dan stay safe di jalan ya.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.