Penyebab dan Cara Mendeteksi Kebocoran Knalpot Mobil

By Reka Harnis - November 18, 2020

Bagaimana cara deteksi kebocoran knalpot mobil? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

gejala kerusakan knalpot

Bau menyengat di dalam kabin

Akibat paling negatif dari kebocoran knalpot mobil adalah masuknya gas CO ke dalam kabin. Sebab, selain menimbulkan rasa tidak nyaman, hal tersebut juga dapat mengganggu kesehatan. 

Pasalnya, akibat kebocoran knalpot mobil, gas yang merupakan hasil pembuangan tidak seluruhnya keluar mobil, tetapi ada yang masuk ke dalam kabin.

Namun, gas ini sangat halus dan seringkali tidak disadari keberadaannya. Alhasil, banyak yang menganggap bau tersebut berasal dari luar mobil, padahal faktanya berasal dari bocornya knalpot dan pembuangan gas yang tidak sempurna.

Jika dibiarkan, baik pengemudi maupun penumpang bisa berpotensi merasa lemas, sesak napas, tidak sadarkan diri, mata berair, dan resiko lainnya.

Baca juga: Ukuran Ban Bisa Mempengaruhi Kecepatan, Mitos atau Fakta?

Apabila kebocoran knalpot mobil sudah terdeteksi, pemilik mobil disarankan untuk segera memperbaiki sistem knalpot.

Pasalnya, kebocoran knalpot mobil tidak hanya berdampak pada performa dan konsumsi bahan bakar, namun juga kesehatan pengemudi dan penumpang yang berada di dalamnya. 

Maka dari itu, lakukan perawatan rutin pada mobil kesayanganmu agar kerusakan bisa dideteksi dan diperbaiki lebih awal.

Tidak punya banyak waktu tak lagi bisa dijadikan alasan untuk tak merawat mobil, karena ada layanan Booking Service dan Home Service dari Seva.id yang hadir untuk kamu dan mobil kesayanganmu.

Jadi, yuk kunjungi Seva.id, agar mobil kamu tetap prima saat digunakan berkendara.

 

Berita Terkait

Author