Penyebab dan Cara Mendeteksi Kebocoran Knalpot Mobil

By Reka Harnis - November 18, 2020

Bagaimana cara deteksi kebocoran knalpot mobil? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

ganti knalpot mobil

Suara bising

Ketika knalpot mengalami kebocoran, suara yang dihasilkan knalpot pun tak lagi terdengar sempurna, melainkan akan terdengar tidak bulat dan menghasilkan suara yang bising.

Suara bising itu lantaran udara yang dikeluarkan akan bertabrakan di dalam knalpot.

Jika kebocoran knalpot mobil sedikit, maka suara bising yang muncul biasanya tidak terlalu parah, namun apabila kebocorannya parah, suara yang dihasilkan akan semakin mengganggu.

Baca juga: Modifikasi yang Berbahaya Bila Diterapkan Pada Mobil Harian

menguras tangki BBM

Bensin terasa lebih boros

Cara lain untuk mendeteksi kebocoran knalpot mobil adalah melalui konsumsi bahan bakar dan performa mesin. Knalpot yang mengalami kebocoran biasanya akan membuat performa mesin mobil menurun drastis.

Penurunan performa ini otomatis membuat putaran mesin akan terjaga di rpm rendah sehingga pengemudi harus menginjak pedal gas lebih dalam, dan tenaga ikut jauh berkurang.

Pada akhirnya, akan berdampak ke kinerja mesin yang lama-kelamaan terus menurun dan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros dibanding biasanya.

Baca juga: Beresiko Fatal, Hindari Menggunakan 5 Aksesoris Mobil Ini

Hal ini terjadi karena tekanan gas buang yang seharusnya dibuang hingga ke belakang, justru harus keluar lebih cepat melalui lubang bocor tersebut.

Berita Terkait

Author