Penting, Inilah Tips Memarkirkan Mobil yang Aman untuk Pemula!

13 December 2018

Meskipun kelihatannya sederhana, memarkirkan mobil dengan benar memiliki tantangan tersendiri, khususnya bagi para pemula yang baru mulai mengemudi. Apalagi jika Anda sering bepergian ke luar rumah, seperti ke kantor atau juga mall yang biasanya memiliki lahan parkir vertikal yang kelihatan lebih rumit dibandingkan parkir di halaman rumah Ada beberapa tips memarkirkan mobil yang aman dengan cara khusus yang harus Anda ketahui agar mobil bisa diparkirkan dengan lebih aman dan juga nyaman.

 

Kekhawatiran berikutnya yang sering dihadapi adalah terkait barang-barang di dalam mobil. Jika salah memarkirkan mobil, yang ada kondisi interior mobil bisa kacau. Bahkan, bisa jadi malah mobil Anda hilang karena salah menempatkannya! Nah, daripada bingung dan repot mengatasinya di kemudian hari, tips di bawah ini bisa Anda coba sendiri, bahkan jika Anda masih pemula sekalipun. Inilah ulasan selengkapnya!

 

  1. Temukan Lokasi Parkir yang Dilengkapi Pengaman

Jika Anda berencana memarkirkan mobil di gedung atau lahan parkir lainnya, pastikan kalau lokasi tersebut memiliki pengamanan ekstra. Setidaknya ada tukang parkir atau satpam yang menjaga agar mobil yang Anda parkir aman dari kriminalitas. Lebih baik lagi jika lahan parkir tersebut memiliki kamera CCTV, sehingga kondisinya bisa dipantau langsung oleh petugas yang menjaga.

  1. Sembunyikan Barang Berharga Saat Keluar Mobil

Sesibuk apapun Anda, pastikan untuk menyembunyikan terlebih dahulu barang berharga seperti smartphone atau dompet yang dimiliki. Dengan begitu, Anda bisa meminimalisir tingkat kehilangan kendaraan ketika diparkirkan. Taruh semuanya di dalam tas atau juga saku agar tidak kelihatan pencuri sebelum keluar mobil. Lebih baik Anda menggunakannya ketika sudah di dalam gedung atau restoran dibandingkan lahan parkir.

 

  1. Berikan Jarak Di Antara Mobil

Bagi Anda yang baru belajar memarkirkan mobil, pastikan untuk memberikan jarak setidaknya 5 sampai 10 sentimeter antara mobil yang Anda parkir dengan mobil yang berada di samping kanan dan kiri. Cara ini bisa meminimalisir goresan yang terjadi ketika mobil lain akan keluar dari lahan parkir. Selain itu, memberikan jarak yang pas juga dapat memudahkan penumpang yang di dalamnya untuk keluar-masuk mobil.

 

  1. Gunakan Spion dengan Maksimal

Tips memarkirkan mobil yang aman berikutnya yang bisa Anda terapkan adalah dengan memanfaatkan spion depan dan samping dengan sebaik mungkin, khususnya ketika Anda akan memarkirkan mobil dalam kondisi mundur. Kalau ternyata Anda ragu dengan jarak yang terlihat di spion, jangan pernah ragu untuk sejenak mengeluarkan kepala untuk memastikan posisi parkir sudah sesuai.

 

  1. Mencari Lokasi Parkir yang Terang

Untuk meminimalisir kehilangan mobil, Anda juga bisa mencari lokasi parkir dengan pencahayaan yang bagus. Cara ini tidak hanya baik untuk keamanan kendaraan tetapi juga memudahkan Anda dalam memarkirkan mobil. Carilah tempat dengan lampu yang langsung menyorot mobil Anda, agar parkir lebih aman dan nyaman.

 

  1. Perhatikan Posisi Tuas Gigi Sudah Benar

Langkah lain yang perlu Anda perhatikan ketika memarkirkan mobil adalah dengan memperhatikan posisi tuas gigi, apakah sudah di kondisi ‘P’ atau parking. Jika sudah, jangan lupa untuk menarik rem tangan untuk keamanan ekstra. Hal ini harus Anda lakukan untuk mencegah agar tidak bergerak mendadak ketika Anda tinggalkan.

 

Nah, ternyata tips memarkirkan mobil yang aman di atas cukup mudah untuk diterapkan, bukan? Dengan menjaga keamanan, Anda pun bisa beraktivitas dengan nyaman tanpa perlu mengkhawatirkan mobil yang sedang diparkir. Jangan lupa untuk lebih peka juga ketika parkir, sehingga kemampuan Anda dalam memarkir mobil dapat meningkat dari waktu ke waktu. Selamat mencoba!

SHARE