Penjualan Toyota di 2021 Tembus 4.502 Unit Saat GIIAS

Adanya gelaran GIIAS 2021 terbukti mampu membangkitkan industri otomotif di Indonesia. Berapa unit total penjualan Toyota di 2021?

Penjualan Toyota di 2021 mencatat hasil yang impresif dengan penjualan 230.000 unit hingga Oktober 2021. 

Hasil penjualan Toyota di 2021 pun mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2020 dengan total penjualan sebesar 182.665 unit. Diperkirakan, hasil tersebut membuat market share meningkat jadi 33% dari tahun 2020 sebesar 31%.

Bahkan di bulan September 2021, Toyota meraih wholesales (pengiriman unit dari pabrik ke dealer) tertinggi selama tiga tahun terakhir dengan pencapaian sebanyak 34.056 unit. 

Baca juga: All New Avanza dan All New Veloz Resmi Diluncurkan di Indonesia

Pencapaian tersebut didukung pula dengan hadirnya event otomotif seperti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 11-21 November 2021 lalu yang menghasilkan penjualan sebanyak 4.502 unit.

Dari total hasil penjualan selama GIIAS 2021 tersebut, All New Veloz dan All New Avanza yang belum lama ini diluncurkan, memberikan kontribusi besar sebanyak 34% dari total seluruh model Toyota.

“Respon yang sangat baik ini juga tidak lepas dari dukungan pemerintah dalam meningkatkan daya beli masyarakat sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi di berbagai sektor, termasuk industri otomotif,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

Baca juga: Perbedaan Avanza dan Veloz yang Tampak Serupa tapi Tak Sama

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, di mana pertumbuhan penjualan tersebut berkat dukungan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) dari pemerintah.

Sejak 25 Februari 2021, pemerintah memberikan kebijakan PPnBM sebesar 0% persen untuk mobil baru yang berlaku hingga Desember 2021.

Nah, apa saja mobil-mobil Toyota yang meraih penjualan yang impresif selama GIIAS 2021?

Penjualan Toyota di GIIAS 2021

Pada gelaran GIIAS 2021, Toyota memamerkan 22 line up kendaraan di booth seluas 2.394 meter persegi. Terdapat lima mobil yang mampu meraih penjualan yang tinggi dan mendongkrak penjualan Toyota di 2021. 

Baca juga: Ubahan dan Fitur All New Avanza, Makin Nyaman!

Di urutan pertama, ada All New Veloz yang meraih SPK sebanyak 823 unit. Kemudian disusul dengan All New Avanza dengan perolehan SPK 711 unit.

Selanjutnya, mobil lainnya yang juga memberi kontribusi besar terhadap penjualan Toyota di 2021 adalah Raize dengan SPK 651 unit atau 14,4%, disusul dengan Innova sejumlah 633 unit (14%), dan Fortuner 529 unit (11,7%).

Pada pameran otomotif tersebut, Toyota juga menghadirkan lini kendaraan elektrifikasi mulai dari Batery Electric Vehicle (BEV), Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Hybrid Electric Vehicle (HEV). 

Baca juga: Fitur All New Veloz yang Bikin Makin Premium

Kendaraan elektrifikasi tersebut juga mendapatkan antusias dari pelanggan terutama untuk tipe HEV dengan penjualan 71% untuk Camry dan 74% untuk Corolla Cross.

Produk GR Sport Toyota juga menjadi daya tarik dengan komposisi penjualan mencapai 87% dibanding varian non GR Sport.

Layanan pembiayaan dari Toyota

Untuk memudahkan pelanggan dalam memiliki kendaraan, Toyota menghadirkan solusi bagi melalui layanan Total Mobility Solution.

Salah satu fitur baru dalam layanan tersebut adalah paket kredit EZDeal. EZDeal merupakan program pembiayaan mobil dengan cicilan ringan selama 6 tahun yang dapat menyesuaikan dengan budget pelanggan. 

Baca juga: Total Mobility Solution Toyota Hadirkan Fitur Baru

Program EZDeal ini juga sudah berlaku untuk mobil keluaran terbaru seperti All New Avanza dan All New Veloz yang ditawarkan pada GIIAS 2021.

Selain itu, pelanggan juga bisa memanfaatkan program trade-in bagi yang ingin memiliki mobil Toyota terbaru. Nah, buat kamu yang ingin membawa pulang mobil Toyota impian, sekarang makin mudah via online dengan mengunjungi Seva.id.