Penjualan BMW di Indonesia Tetap Memuaskan Selama Pandemi

Meski di tengah pandemi, penjualan BMW di Indonesia terbilang memuaskan dan memimpin segmen kendaraan premium.

BMW Bekas

BMW Group Indonesia berhasil tegaskan posisinya sebagai produsen kendaraan premium terdepan di Indonesia.

Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia, mengatakan, BMW tanggapi dampak pandemi COVID-19 dengan menyesuaikan strategi bisnisnya, beradaptasi dengan cepat dan semakin berorientasi pada pelanggan, menjaga semangat positif serta mengutamakan keselamatan.

Bukan tanpa usaha, angka penjualan yang memuaskan diraih berkat rangkaian penawaran menarik dari BMW dan MINI terbaru, aktivasi digital inovatif, home delivery, dan juga pilihan home service.

Baca juga: BMW Astra Sediakan Layanan Uji Emisi Bersertifikasi, Mau?

Secara sistematis, Tim BMW Group Indonesia terus melakukan implementasi dari strategi digitalisasi, mulai dari menjadi brand premium pertama yang hadirkan toko online resmi di Indonesia hingga peluncuran Showroom Virtual BMW.

“Hasilnya, BMW Group Indonesia berhasil menutup tahun dengan hasil luar biasa dan mempertahankan posisi BMW Group Indonesia sebagai produsen otomotif premium terdepan di Indonesia,” tambah Ramesh.

BMW Bekas

Penjualan BMW 2020

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), penjualan BMW dan MINI pada tahun 2020 mencatatkan angka 2.565 unit kendaraan.

Dengan ini, BMW Group Indonesia berhasil menutup tantangan substansial yang disebabkan oleh pandemi.

Baca juga: BMW Indonesia Luncurkan BMW M135i xDrive dan Dua Model Terbaru

BMW Group Indonesia juga menjadi pelopor dalam berbagai kegiatan virtual launch dan juga online engagements.

Aktivasi yang dilakukan ini mencakup peluncuran lebih dari 23 model varian BMW dan MINI baru sepanjang tahun lalu.

Tidak hanya itu, secara global, BMW Group sekali lagi mengukuhkan posisinya sebagai produsen otomotif premium terdepan, dengan total 2.324.809 kendaraan BMW, MINI, dan Rolls-Royce dikirim ke pelanggan di seluruh dunia.

BMX X CREW

Mobil BMW terlaris di Indonesia

BMW Indonesia menyelesaikan tahun 2020 dengan mengirimkan 2082 unit kendaraan ke pelanggan.

Secara keseluruhan, market otomotif terkena dampak lebih dari 40% dan segmen premium lebih dari 30%. Hal ini membuktikan BMW memperoleh market share dari seluruh kompetitor.

Baca juga: New BMW X1 sDrive18i dan New BMW X3 sDrive20i Resmi Mengaspal

Pencapaian ini didukung oleh keberhasilan model di segmen mewah seperti BMW Seri 7 dan BMW X7.

Bahkan, melanjutkan kesuksesannya pada tanggal 24 Februari 2021, BMW Group Indonesia akan meluncurkan BMW X7 terbaru yang dirakit di dalam negeri.

Perakitan BMW X7 terbaru di dalam negeri mengikuti jejak saudara-saudaranya seperti BMW X1, BMW X3, dan BMW X5 yang sudah diluncurkan lebih dulu pada bulan Januari lalu.

Tidak bisa dipungkiri, keunggulan penjualan BMW juga ditopang oleh model-model Sport Activity Vehicle (SAV), yang merupakan favorit pelanggan di Indonesia.

BMW X7

Tidak hanya itu, BMW pertahankan posisinya sebagai pemimpin di segmen SAV/SUV premium di Indonesia. Secara keseluruhan SAV BMW sumbangkan 52% dari total penjualan.

Baca juga: Resmi Mengaspal, Ini Ubahan dan Harga New BMW X5 xDrive40i

Tiga mobil terlaris BMW di Indonesia pada tahun 2020 adalah BMW Seri 3 yang menyumbang 29% dari total penjualan, BMW X1 (21%), dan BMW X5 (17%).

Sedan legendaris BMW Seri 3 berada di puncak dengan dua varian, BMW 330i M Sport dan BMW 320i Sport, sekaligus merayakan 45 tahun kesuksesannya di seluruh dunia.

2020 juga merupakan tahun BMW Motorsport dengan berbagai peluncuran produk BMW M yang ditandai dengan kedatangan empat model BMW M perdana, yaitu BMW X3 M Competition, BMW X4 M Competition, BMW M8 Coupé Competition, dan BMW M8 Gran Coupé Competition.

Penjualan BMW M teratas pada tahun 2020 adalah BMW M2 Competition, M2 CS, dan BMW M8. Secara global, BMW M GmbH di tahun 2020 laporkan tahun tersukses dalam hampir 50 tahun sejarahnya.

Baca juga: BMW M3 dan BMW M4 Hadir Atas Nama Kecepatan

Dengan pertumbuhan penjualan enam persen (144.218 kendaraan dikirim), BMW M GmbH sekali lagi menutup tahun lalu sebagai produsen paling sukses di segmennya.

MINI GT Edition

Penjualan MINI 2020

Sementara untuk MINI selama 2020 meluncurkan sembilan model baru dengan lima di antaranya dilabeli edisi terbatas.

Dimulai dengan kehadiran MINI Clubman terbaru, diikuti dengan kedatangan MINI 3-door edition GT “khusus Indonesia”, peluncuran model ofensif John Cooper Works, dan penampilan mencolok dari edisi terbatas, MINI John Cooper Works GP.

Baca juga: MINI John Cooper Works GP Hadir Terbatas di Indonesia

Pengenalan MINI model dan varian baru ini dilakukan melalui aktivasi online dan offline, menjadi alasan di balik kuatnya posisi MINI di tengah tantangan pandemi yang sedang berlangsung.

Tiga mobil MINI terlairs di tahun 2020 adalah MINI Countryman (37%), MINI 3-Door (35%), dan MINI 5-Door (11%).

“BMW Group Indonesia mengucapkan terima kasih kepada semua pelanggan dan penggemar di Indonesia, mitra diler yang berkomitmen, rekan-rekan jurnalis, pemerintah, dan, yang tak kalah pentingnya, karyawan BMW Group Indonesia yang penuh dedikasi atas dukungan dan kerja keras yang luar biasa,” tutup Ramesh.