Pasang Strut Bar di City Car, Apa Fungsinya?

Hanya sekedar gaya atau ada fungsinya, apa perlu pasang strut bar di city car yang jadi kendaraan harian?

pasang strut bar di city car

Pasang strut bar di city car dipercaya dapat meningkatkan handling, sehingga dapat mencegah mobil limbung, lebih fun to drive dan, stabil untuk meliuk di jalan perkotaan.

Tak hanya itu, selain untuk perkotaan menemani aktivitas harian atau juga jalan-jalan ke pusat perbelanjaan, dengan city car, tidak ada salahnya kamu melakukan perjalanan jauh seperti road trip atau liburan ke luar kota.

Ya, meski dimensinya kecil, city car tetap nyaman ditumpangi hingga lima penumpang, dan masih bisa diisi barang bawaan di bagasi.

Baca juga: Perbedaan Fungsi Strut bar dan Sway bar Mobil, Jangan Tertukar

Apalagi, city car zaman sekarang sudah dijejali beragam fitur yang mumpuni, mulai dari fitur keamanan, hiburan, dan mesin yang bertenaga.

Dengan fitur yang ada, city car siap diajak untuk bepergian ke luar kota untuk liburan atau mengunjungi saudara.

Kebanyakan city car memang mengutamakan kenyamanan penumpang, sehingga pada bagian kaki-kaki suspensi dibuat empuk. Kekurangannya, mobil yang suspensinya empuk itu gampang limbung.

Baca juga: 5 Penyebab Mobil Limbung yang Berbahaya Bagi Pengemudi

Nah, pasang strut bar di city car bisa jadi solusi. Tapi apakah benar-benar perlu, apalagi mobil tersebut digunakan untuk harian?

fungsi strut bar

Fungsi strut bar

Sebelum membahas perlu atau tidak pasang strut bar di city car yang menjadi kendaraan harian, ada baiknya kamu mengenal dulu apa itu fungsi strut bar.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Weight Reduction Mobil dan Keuntungannya

Strut bar terpasang di balik kap mesin, menghubungkan sasis dan strut tower yang menjadi mounting suspensi antara kiri dan kanan. Terlihat seperti batang besi yang melintang di atas mesin.

Jika sudah terpasang, fungsi strut bar akan menambah kekakuan pada sasis dan suspensi sehingga membuat mobil lebih seimbang saat berbelok karena tekanan yang merata.

Hal ini akan mengurangi gejala mobil limbung jika dipacu dalam kecepatan tinggi di jalan bebas hambatan, karena traksi pada ban tetap optimal.

Baca juga: Fungsi Tie Rod Mobil dan Mengenal Ciri Kerusakannya

Selain itu, fungsi strut bar adalah memberikan kestabilan saat mobil menikung, jadi handling tetap stabil dan ban tidak kehilangan traksi.

fungsi strut bar

Pasang strut bar di city car

Bila dilihat, cukup penting ya fungsi strut bar ini sebenarnya pada mobil. Pasang strut bar di city car memang bisa mengurangi gejala mobil limbung dan membuatnya lebih stabil.

Dengan catatan ada yang harus dikorbankan jika pasang strut bar di city car. Kekurangan strut bar jika diaplikasikan pada mobil yang jadi kendaraan harian adalah suspensi menjadi lebih keras karena rigiditas otomatis bertambah.

Baca juga: Spooring dan Balancing Bikin Mobil Tidak Limbung, Beneran?

Tentunya pasang strut bar di city car akan mengurangi kenyamanan saat berkendara melewati jalan yang tidak rata, berlubang, atau speed bump.

Ini juga yang menjadi salah satu faktor mengapa pabrikan tidak memasangkan strut bar pada tiap produknya, terlebih city car yang memang didesain untuk kenyamanan.

Tidak ada salahnya pasang strut bar di city car untuk keperluan modifikasi, atau kamu sudah meng-upgrade performa mesinnya. Tapi jika sebagai kendaraan harian dan keluarga alangkah lebih bijak kamu menimbang kekurangannya.

Baca juga: Mobil Limbung Bikin Mabuk Darat, Mitos atau Fakta?

Pemasangan strut bar juga ada baiknya dipadukan dengan sway bar. Jika hanya memasang strut bar tanpa sway bar, maka mobil akan lebih mudah understeer. Sementara jika hanya memasang sway bar tanpa strut bar, mobil lebih mudah oversteer.

Jika ingin memasang strut bar, jangan salah pilih. Walau banyak tersedia strut bar after market di bengkel atau marketplace, pastikan kamu memilih yang berkualitas.

Sebagai acuan, mobil dengan performa tinggi untuk kompetisi biasanya menggunakan strut bar yang terbuat dari bahan berkode 4041 chromoly steel dengan kekuatan tari mencapai 95.000 psi.

Baca juga: Hal yang Bakal Kejadian Kalau Lupa Menurunkan Hand Brake

Selain itu, untuk pasang strut bar di city car ada baiknya kamu konsultasikan dulu pada mekanik atau ahlinya. Tidak perlu repot dan antre kalau mau ke bengkel resmi, gunakan saja layanan Booking Service Seva.id.

Jadi, tunggu apalagi? Gunakan fitur Booking Service sekarang, yuk!

Booking Service