Part 2: 70 Tahun Land Cruiser Mengaspal di Indonesia

By Arris Riehady - Maret 9, 2021

Yuk, lanjut baca part 2 tentang 70 Tahun Land Cruiser hadir di Indonesia

Toyota Land Cruiser 40

Pada part sebelumnya, sudah dibahas 6 generasi Land Cruiser yang ada di Indonesia, yaitu Toyota BJ, Land Cruiser 20, 40, 50, 60, dan 70,

Buat kamu yang belum sempat membaca part pertama dari 70 tahun Land Cruiser mengaspal di Indonesia, kamu bisa klik tautan di bawah ini.

Baca juga: Evolusi Premium SUV, 70 Tahun Sejarah Land Cruiser: Part 1

Kemudian, pada part kedua ini Seva.id kembali membahas tentang generasi Land Cruiser, tentunya yang lebih muda dan tetap bertenaga.

Mau tau lebih lanjut? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Toyota Land Cruiser 80

Land Cruiser 80

Generasi selanjutnya adalah Land Cruiser 80. Menggantikan Seri 60 di tahun 1988, Seri 80 merupakan wujud transformasi sejarah Toyota Land Cruiser dari sebuah off-roader menjadi ikon SUV mewah dan berkelas.

Desain luar begitu modern dan atraktif, panjangnya mencapai 4.970 milimeter dan lebar 1.930 milimeter untuk bermain di pasar Amerika Serikat dan Australia yang membutuhkan SUV besar dan powerful.

Baca juga: Sejarah Toyota Starlet hingga Berevolusi Menjadi Toyota Yaris

Dapur pacu bensin 3.955 cc 6-silinder sanggup menghasilkan tenaga sampai dengan 155 PS pada 4.200 rpm. Sementara model diesel memakai mesin 4.163 cc 6-silinder turbo bertenaga 165 PS pada 3.600 rpm.

Model bensin memperoleh unit pengganti yang lebih bertenaga di tahun 1995 dengan kedatangan mesin 4.500 cc bertenaga 215 PS.

Premium SUV ini berhasil memikat pecinta SUV di seluruh dunia berkat ketangguhan dan performanya di segala medan jalan, bahkan di kondisi alam yang sangat keras seperti di Timur Tengah yang banyak gurun pasir dan di Amerika Selatan yang diselimuti oleh hutan tropis lebat.

Toyota Land Cruiser 90 Prado

Land Cruiser Prado 90

Generasi kedua Prado dirilis pada bulan Mei 1996. Garis desain Land Cruiser Prado 90 mengarah ke kendaraan four-wheel drive (4WD) yang lebih berorientasi pada penumpang.

Baca juga: Mengenal Toyota Corolla dari Generasi ke Generasi

Jajaran dapur pacu terdiri dari mesin bensin 3.400 cc V6 185 PS dan unit diesel turbo 3.000 cc 4 silinder bertenaga 140 PS dengan tambahan intercooler. Konfigurasi drivetrain telah dialihkan dari 4WD part time ke 4WD full time.

Suspensi yang sama digunakan oleh Prado dan Hilux Surf, yang terdiri dari sistem double wishbone dan pegas koil independen untuk bagian depan dan sistem pegas koil 4 link dengan batang lateral di belakang.

Mesin bensin 2.700 cc 4 silinder 150 PS ditambahkan ke line-up di tahun 1997. Mesin diesel turbo diganti dengan unit diesel common rail 3.000 cc bertenaga 170 PS di tahun 2000.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!