Search Cars

Otomotif

Pal-V Liberty, Mobil Terbang Pertama di Dunia Siap Mengudara

Pal-V Liberty, sudah siap mengudara. Bagaimana mobil canggih ini bisa terbang layaknya pesawat?

pal-v liberty

Kendaraan masa depan tampaknya bukan lagi sebuah angan-angan. Pasalnya, sekarang ada yang lebih canggih dari kendaraan listrik, yakni mobil terbang.

Pal-V Liberty, mobil terbang yang telah mendapatkan persetujuan untuk digunakan di jalan raya Eropa ini menjadi mobil terbang komersial pertama di dunia.

Mobil terbang ini telah menjalani serangkaian program uji berkendara yang ketat dan ekstensif sejak Februari 2020 di Eropa agar bisa legal di jalan raya.

Pengujian yang harus dilewati Pal-V Liberty meliputi sistem pengereman, oval kecepatan tinggi, emisi dan polusi suara, sebelum akhirnya diizinkan secara hukum untuk digunakan di jalan umum.

Baca juga: Fitur Daihatsu Ayla yang Bikin Perjalanan Kamu Makin Asik

Mobil asal pabrikan Belanda ini juga telah mengantongi sertifikasi penerbangan dengan European Aviation Safety Agency (EASA). 

Pal-v Liberty telah melalui sertifikasi penerbangan dengan EASA sejak 2015 lalu. Sertifikat terbang diharapkan terbit pada 2022.

Demi mewujudkan mobil terbang yang ramah lingkungan, perusahaan telah bekerjasama dengan pemegang otoritas jalan selama bertahun-tahun.

Pasalnya, trik sukses membuat mobil terbang adalah memastikan desainnya sesuai dengan regulasi udara dan jalan raya. 

Lalu, dengan selesainya tes masuk jalan Eropa, PAL-V Liberty telah diizinkan beroperasi di jalan-jalan Eropa dengan pelat nomor resmi.

Selain bisa terbang, Liberty hadir dengan mesin bertenaga 100 Hp, yang memungkinkannya mencapai 100 km/jam di jalan raya dalam sembilan detik dan kecepatan maksimal 160 km/jam.

Kemudian, jangkauan jarak tempuh mobil terbang ini mencapai 1.315 km.  Begitu di udara, PAL-V Liberty mengaktifkan mesin lain dengan tenaga maksimal 200 Hp. 

Baca juga: Terinspirasi Versi Turbo, Facelift New Daihatsu Ayla Makin Sporty

Mesin ini dapat membawa penumpang untuk meluncur dengan nyaman pada 140-160 km/jam dan dapat meningkatkan kecepatan hingga 180 km/jam.

Selain itu, mobil ini dapat terbang bergantung pada berat yang dibawa, sekitar 400 hingga 500 kilometer. 

Kemudian, tangki bahan bakar bisa menampung sampai dengan 100 liter dan bisa beralih dari mode mobil ke pesawat dan mundur biasanya membutuhkan waktu antara 5-10 menit.

Layaknya pesawat, kendaraan ini juga membutuhkan landasan pacu. Mengutip Formacar, Pal-V Liberty membutuhkan landasan pacu sekitar 330 meter untuk lepas landas.

Selanjutnya, Pal-V Liberty memiliki berat hanya 664 kilogram saat kosong dan dapat lepas landas selama beban di bawah 910 kilogram.

Tertarik untuk memiliki mobil terbang PAL-V Liberty? Siapkan biaya sebesar $399 ribu atau setara Rp 5,8 miliar untuk tipe terendah.

Sedangkan Liberty Pioneer Edition yang dipangkas jarak lepas landasnya dijual dengan harga $599 ribu, sekitar Rp 8,7 miliar. Pal-V melaporkan bahwa sudah ada 30 pesanan awal untuk mobil terbang Liberty.

Baca juga: Perbedaan Varian dan Harga Daihatsu All New Terios 2020

Selain Pal-V Liberty, sejumlah pabrikan lain juga telah mulai melakukan pengembangan mobil terbang, antara lain Toyota, Hyundai, dan Bosch.

Hyundai Motor Company bersama dengan tiga mitranya telah mempercepat pengembangan Urban Air Mobility (UAM) dan bekerja sama untuk melakukan penerbangan uji. Mereka bersepakat untuk komersialisasi pada 2028.

Lalu, dikabarkan bahwa Toyota juga akan menanamkan modal senilai hampir US$ 400 juta di sebuah perusahaan dalam bidang komersialisasi mobil terbang listrik.

Sementara itu, Bosch Automotive Electronics siap mendukung terwujudnya taksi udara pada 2030, melalui penyediaan teknologi sensor modern untuk mobil terbang.

Bahkan sebagian besar taksi udara itu diklaim akan beroperasi tanpa pilot atau sopir.

Semoga kemajuan teknologi di bidang otomotif ini dapat memberikan hal positif dan membuat kualitas kendaraan menjadi semakin baik ke depannya.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.