Pajak Kendaraan Berakhir tapi Samsat Tutup, Tetap Ditilang?

Ada sanksi untuk setiap pemilik kendaraan bermotor yang telat membayar pajak kendaraan. Lalu, bagaimana jika Samsat tutup saat jatuh tempo?

Pajak Kendaraan Berakhir tapi Samsat Tutup, Tetap Ditilang?

Setiap pemilik kendaraan bermotor wajib membayar pajak kendaraan tanpa terkecuali. Untuk membayarnya, para pemilik kendaraan bermotor harus ke Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap atau Samsat sebelum jatuh tempo.

Pajak STNK yang dibayarkan setiap 5 tahun sekali merupakan salah satu jenis pajak kendaraan yang wajib dibayarkan oleh setiap pemilik kendaraan bermotor tanpa terkecuali.

Pasal 68 ayat (1) Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) yang menyatakan, setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dilengkapi dengan STNK dan Tanda Nomor Kendaraan bermotor.

Ini artinya, setiap pengendara kendaraan bermotor memiliki kewajiban untuk membawa STNK yang sah secara hukum atau masih dalam masa aktif.

Baca juga: Cara Mengurus Blokir STNK Kendaraan yang Sudah Dijual Secara Online

Kemudian dipertegas pada  pasal 70 ayat (2) Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) yang berbunyi STNK dan Tanda Nomor Kendaraan bermotor berlaku selama 5 (lima) tahun, yang harus dimintakan pengesahan setiap tahun.

Maka dapat disimpulkan bahwa STNK yang batas pengesahannya sudah berakhir berarti tidak memiliki keabsahan karena belum disahkan oleh instansi yang berwenang.

Sehingga, menurut pasal 68 ayat (1) Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), penegak hukum polisi memiliki kewenangan untuk melakukan penilangan terhadap pengendara yang tidak bisa menunjukkan STNK yang memiliki keabsahan atau tidak dalam masa aktif.

Pajak Kendaraan Berakhir tapi Samsat Tutup, Tetap Ditilang?

Lantas, bagaimana jika Samsat tutup saat pajak kendaraan sudah waktunya jatuh tempo?

Sebagai info, kantor Samsat beroperasi dari hari Senin sampai hari Jumat. Sedangkan pada akhir pekan dan hari libur nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah, kantor Samsat tidak beroperasi.

Maka dari itu, untuk menghindari hal tersebut sebaiknya periksa kembali tanggal jatuh tempo, dan jika tanggal jatuh tempo bertepatan dengan hari libur, tuntaskan pembayaran pajak sebelum habisnya masa berlaku.

Baca juga: Cara Mengurus Ganti Warna Mobil di STNK dan biayanya

Sebab, akan ada sanksi jika kamu tidak membayar pajak kendaraan tepat waktu, yaitu akan dikenakan denda sebesar 25% dari besaran pajak yang wajib dibayarkan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI No. 36/PMK.010/2008.

Jika tidak ada waktu, kamu bisa mengurusnya secara online, tanpa perlu ke Samsat, apalagi sampai antre lama. 

Pajak Kendaraan Berakhir tapi Samsat Tutup, Tetap Ditilang?

Kamu bisa memanfaatkan layanan Urus Surat Kendaraan dari Seva.id yang memungkinkan kamu mengurus perpanjangan STNK kendaraan kapan saja dan dari mana saja.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Masa Berlaku STNK yang Mati, Bisa Online

Dengan layanan Urus Surat Kendaraan, kamu tidak hanya bisa mengurus STNK untuk perpanjangan pajak tahunan, tapi juga bisa mengurus perpanjangan pajak 5 tahunan hingga balik nama.

Layanan ini berlaku untuk semua jenis kendaraan, khususnya kendaraan roda empat maupun roda dua. Cara mengurus STNK online dengan menggunakan layanan Urus Surat Kendaraan juga sangat mudah. Berikut tahapannya.

  1. Lengkapi data diri, kemudian tim representative Seva.id akan menghubungi kamu selambat-lambatnya 24 jam setelah dokumen diproses.
  2. Kamu akan mendapatkan estimasi biaya secara detail. 
  3. Jika setuju, siapkan STNK, KTP dan BPKB sebagai syarat kelengkapan pengurusan dokumen kendaraan.
  4. Nantinya, akan ada kurir yang menjemput dokumen-dokumen tersebut terhitung dalam 24 jam setelah dokumen diterima secara digital melalui WhatsApp. Waktu pengurusan membutuhkan waktu 2 sampai 14 hari tergantung jenis layanan yang kamu pilih. 
  5. Bila proses sudah selesai, lakukan pembayaran dan kurir akan mengantar kembali dokumen kendaraan kamu. 

Baca juga: Cara Menghitung Pajak Motor di STNK, Begini Rumusnya

Praktis, bukan? Untuk menggunakan Urus Surat Kendaraan kamu tidak perlu khawatir. Semua data dan dokumen kendaraanmu dijamin keamananya.

Sebelum telat membayar pajak kendaraan, yuk, segera gunakan layanan Urus Surat Kendaraan di Seva.id.