Pahami Ciri Mobil Akan Terbakar dan Solusinya

Ketahui ciri mobil akan terbakar berikut supaya kamu dapat melakukan antisipasi dan mobil terhindar dari insiden kebakaran.

ciri mobil akan terbakar

Salah satu insiden yang harus dihindari pemilik kendaraan adalah mobil yang mendadak terbakar di jalan. Kasus mobil terbakar bukanlah hal baru dan sudah kerap terjadi.

Mobil terbakar bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, seperti yang terjadi pada sebuah mobil MPV di Jalan Tol Wiyoto Wiyono pada 29 November 2021 lalu. Penyebabnya diduga karena korlseting listrik di bagian mesin mobil.

Baca juga: Fungsi Hand Grip pada Interior Mobil yang Wajib Diketahui

Maka dari itu, pemilik mobil perlu memahami ciri mobil akan terbakar supaya bisa melakukan antisipasi atau tindakan preventif untuk mengurangi kemungkinan mobil terbakar.

Berikut ciri mobil akan terbakar yang wajib kamu ketahui.

ciri mobil akan terbakar

Mengeluarkan bau dan asap

Biasanya, mobil yang terbakar mengeluarkan bau dan asap. Namun, apabila yang terbakar di bagian belakang akan sulit terlihat karena asap akan terbawa angin dan hanya bisa diketahui dari bau.

Makanya, pengendara yang berada di kursi belakang sebaiknya memberitahu pengemudi apabila mencium bau yang mencurigakan atau melihat adanya asap di bagian belakang mobil.

Baca juga: Ciri Fan Belt Rusak dan Cara Merawatnya Agar Tidak Putus

Apabila asap keluar dari kap mesin, bisa jadi mobil mengalami overheat atau mesin terlalu panas. Hal itu terjadi disebabkan oleh sistem pendingin yang rusak atau kualitas oli yang buruk sehingga tidak dapat meredam panas dari hasil gesekan komponen mesin.

mesin mobil kurang bertenaga

Performa mobil

Ciri mobil akan terbakar juga dapat diketahui dari performa mobil yang terasa berbeda. Mobil tidak dapat berakselerasi dengan baik atau terasa lompat-lompat seperti akan mogok.

Baca juga: 6 Penyebab Ban Pecah Pada Mobil yang Wajib Dihindari

Jika performa mobil terasa bermasalah, segeralah menepi dan cek mesin mobil. Bisa jadi ada komponen mesin yang bermasalah. Bagian tangki oli juga perlu dicek karena bisa jadi ada kebocoran.

Selain itu, bisa dilihat juga di bagian temperatur mobil pada panel instrumen di MID, gejalanya temperatur mobil langsung tinggi dan AC tidak dingin.

ciri mobil akan terbakar

Menyediakan APAR

Kalau api sudah terlihat, segera menepi di tempat aman dan arahkan seluruh penumpang untuk keluar dari mobil. 

Akan lebih baik lagi kalau di mobil sudah disediakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) agar kamu langsung bisa melakukan tindakan awal. Setelah itu, laporkan kejadian ke pihak kepolisian terdekat dan pemadam kebakaran.

Baca juga: Apakah Mobil Terbakar Ditanggung Oleh Asuransi? Ini Penjelasannya

Mulai tahun 2021, seluruh mobil baru wajib dilengkapi dengan APAR. Hal tersebut diatur dalam Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor 972/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor. 

Pada pasal 2 ayat 2 aturan tersebut dijelaskan bahwa setiap kendaraan bermotor berupa mobil penumpang dan mobil barang wajib dilengkapi fasilitas tanggap darurat berupa APAR.

Untuk mobil lama belum dikenakan aturan, tetapi ada baiknya menyiapkan APAR.

ciri mobil akan terbakar

Cara pasang APAR

Terdapat beberapa jenis APAR yang bisa dipasang di mobil, tetapi yang paling direkomendasikan adalah APAR jenis powder karena dapat memadamkan api yang disebabkan oleh kelistrikan dan bahan bakar.

APAR jenis powder memadamkan api dengan cara memberi gangguan reaksi kimia pada area yang terbakar. Partikel yang dikeluarkan berupa dry chemical powder atau serbuk kimia kombinasi mono amonium dan ammonium sulphate.

Lalu, ukuran APAR yang disarankan adalah yang berukuran 1 kilogram sehingga dapat dipasang di mana saja dengan mudah.

Baca juga: Cara Pasang APAR di Mobil Sendiri, Gampang Banget!

Sebaiknya pasang APAR di tempat yang mudah dijangkau seperti di bawah kursi pengemudi, kolong jok penumpang, atau dekat laci depan. Jangan lupa cek tanggal kedaluwarsanya agar bisa diganti apabila sudah mendekati tanggalnya.

Itulah beberapa ciri mobil akan terbakar yang perlu kamu ketahui. Agar tidak terjadi masalah pada mobil, selalu lakukan pengecekan sebelum berkendara dan rutin melakukan perawatan di bengkel.