Objek Wisata Hits di Semarang, Yuk Liburan!

Masyarakat Semarang yang multikultur mewariskan ikon-ikon yang beragam. Tidak heran bila objek wisata hits di Semarang pun menawarkan keberagaman.

objek wisata hits di Semarang

Sebut saja Klenteng Sam Poo Kong yang sarat nuansa Oriental, Lawang Sewu dengan aura kolonial, hingga Masjid Agung Jawa Tengah dengan kemegahan arsitektur Jawa, Islam, dan Romawi.

 

Objek-objek wisata yang sebelumnya tak populer pun kini mulai menjadi favorit. Di mana saja objek wisata hits di Semarang itu? Yuk, simak rangkumannya di bawah ini!

objek wisata hits di Semarang

Lawang Sewu

Gedung cantik milik Kantor Pusat Perusahaan Kereta Api Swasta ini berarti literal Pintu Seribu. Hal ini mengacu pada banyaknya jendela yang menyerupai pintu yang berjejer di sepanjang gedung ini.

 

Dengan membayar tiket masuk, pengunjung akan dipandu mengelilingi gedung berarsitektur mengagumkan ini. Pemandu juga bisa mengantarkan pengunjung ke ruang saluran air bawah tanah yang sempat tenar karena merupakan lokasi penampakan hantu di sebuah acara televisi.

objek wisata hits di Semarang

Sam Poo Kong

Kelenteng megah ini berhubungan erat dengan Laksamana Cheng Ho dari China. Sejarah menyebutkan bahwa Cheng Ho pernah menetap di sini dan mendirikan tempat semedi di sebuah bukit berbatu.

 

Setelah Cheng Ho pergi, tempat tersebut dijadikan lokasi untuk memuja sang laksamana. Karena bentuknya menyerupai rumah Tiongkok, warga mengira bangunan ini adalah kelenteng, padahal Laksamana Cheng Ho adalah penganut Islam. Kini Sam Poo Kong merupakan kelenteng terluas di Indonesia.

objek wisata hits di Semarang

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)

Terletak di Jalan Gajah Raya Semarang, masjid terbesar dan termegah di Indonesia dengan Menara Asmaul Huna yang memiliki ketinggian 99 meter ini dapat menampung hingga 15.000 jamaah.

 

Selain sebagai tempat ibadah, MAJT juga berfungsi sebagai pusat pendidikan Islam dan wisata religi berkat keindahan arsitekturnya yang merupakan paduan Jawa, Roma, dan Arab.

objek wisata hits di Semarang

Kawasan Kota Lama

Menyajikan kemegahan arsitektur Eropa di lalu, di kompleks ini banyak berdiri bangunan kuno nan eksotis peninggalan zaman penjajahan Belanda, selain juga terdapat kanal-kanal di sekitarnya, sehingga Belanda menjuluki Kawasan Kota Tua ini sebagai Little Netherland.

 

Salah satu bangunan di kawasan ini adalah Gereja Blenduk. Memiliki nama asli Nederlandsch Indische Kerk, gereja ini sudah berusia lebih dari dua setengah abad dan hingga kini masih digunakan sebagai tempat ibadah. B

 

Di sini juga lokasi dari Old City 3D Trick Art Museum. Ruangan di dalam bangunan ini, terdapat 108 foto gambar tiga dimensi (3D) yang bisa menjadi background foto yang unik dan tentunya Instagramable. Gambar-gambarnya pun terdiri dari berbagai tema, mulai dari ikon dunia dan Semarang, kartun, hingga film.

objek wisata hits di Semarang

Vihara Buddhagaya Watugong

Ikon vihara ini adalah Pagoda Avalokitesvara (Metta Karuna), yang di dalamnya menyimpan Buddha Rupang. Pagoda ini memiliki tinggi bangunan setinggi 45 meter dengan tujuh tingkat, yang bermakna bahwa seorang pertapa akan mencapai kesucian dalam tingkat ketujuh.

 

Mulai tingkat kedua hingga keenam dipasang patung Dewi Kwan Im (Dewi Welas Asih) yang menghadap empat penjuru angin. Hal ini bertujuan agar sang dewi memancarkan kasih sayangnya ke segala arah.

 

Pada tingkat ketujuh terdapat patung Amitaba, yakni guru besar para dewa dan manusia. Sedangkan di bagian puncak pagoda terdapat stupa untuk menyimpan relik butir-butir mutiara yang keluar dari Sang Buddha.

objek wisata hits di Semarang

Candi Gedong Songo

Sembilan candi peninggalan Hindu yang terletak di lereng Gunung Ungaran ini dikelilingi oleh alam yang indah. Selain itu, objek wisata ini juga dilengkapi dengan pemandian air panas dari mata air yang mengandung belerang, area perkemahan, dan wisata berkuda.

 

Candi ini ditemukan oleh Thomas Stamford Raffles pada 1804 dan merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad kesembilan. Saat itu Raffles hanya menemukan tujuh buah candi sehingga dia menyebutnya Candi Gedong Pitu (pitu dalam bahasa Jawa berarti tujuh).

 

Seorang arkeolog Belanda bernama Van Stein Callenfels pada 1908 melakukan penelitian di sini dan kemudian menemukan dua candi lainnya, sehingga nama Gedong Pitu pun berubah menjadi Gedong Songo (songo dalam bahasa Jawa berarti sembilan).

objek wisata hits di Semarang

Gua Kreo

Dipercaya sebagai petilasan Sunan Kalijaga saat mencari kayu jati untuk membangun Masjid Agung Demak, untuk mencapai mulut gua ini harus melewati anak tangga yang cukup banyak dan curam. Di sebelah utara terdapat air terjun yang berasal dari berbagai sumber mata air yang jernih dan tidak kering meski musim kemarau panjang.

 

Selain menikmati pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk, bisa juga bisa menikmati aliran sungai yang dingin dan segar. Di hutan sekitar gua juga banyak terdapat monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) yang cukup jinak dan biasa bergaul dengan warga di sekitar Goa Kreo. Dipercaya terdapat tiga monyet gaib anak buah dari Sunan Kalijaga untuk menjaga hutan tersebut.

objek wisata hits di Semarang

Brown Canyon

Disebut-sebut sebagai Grand Canyon-nya Semarang, Brown Canyon sebenarnya bukan tempat wisata, melainkan proyek galian yang sudah berumur 10 tahun lebih. Perbukitan ini juga sekaligus menjadi tempat mengais rezeki bagi sebagian orang dengan melakukan penggalian pasir, tanah urug, dan batu padas.

 

Jika hendak ke sini, sebaiknya dilakukan pagi atau sore hari, karena selain pemandangannya lebih bagus, di siang hari banyak debu bertebaran dan tidak ada pohon untuk berteduh.

 

Selain itu, sebaiknya gunakan motor untuk mencapainya karena kondisi jalan yang buruk dan bergelombang. Bagi pecinta fotografi, tebing-tebing yang menjulang tinggi dengan pepohonan di puncaknya merupakan objek menarik yang sayang untuk dilewatkan.

objek wisata hits di Semarang

Pantai Marina

Pantai ini berlokasi di Jalan Yos Sudarso, sekitar empat kilometer dari Tugu Muda dan bersebelahan dengan Puri Mareokoco. Di sisi utara agak ke timur, air laut pantai ini agak kecokelatan saat musim hujan, karena sisi timur pantai ini merupakan wilayah muara sungai banjir kanal barat.

 

Waktu terbaik kemari adalah sore hari untuk menikmati sunset, kemudian malamnya menikmati berbagai macam kuliner yang ada di sekitar pantai.

movic

Pakai Movic

Baru ke Semarang? Sekarang keliling kota tersebut pun semakin mudah tanpa takut tersasar dengan sewa mobil pakai Movic.

 

Dengan aplikasi ini Anda dengan mudah memilih mobil sewaan terpercaya dan berkualitas, waktu sewa serta harga yang fleksibel, hingga pilihan mau mengemudi sendiri atau dengan driver. Driver juga pengalaman dan bisa jadi pemandu, sehingga tahu tempat-tempat wisata dan kuliner yang hits! Praktis bukan?

objek wisata hits di Semarang

Tunggu apalagi, segera download Movic dan liburan ke objek wisata hits di Semarang!