Nostalgia Perjalanan Motor Bebek Honda, Legendaris!

Perjalanan motor bebek Honda di Indonesia yang pernah populer sebelum hadirnya motor matik. Yuk nostalgia!

motor bebek Honda

Motor bebek Honda pernah merajai jalanan Indonesia. Sejak awal kemunculannya di tahun 1960, motor cub dengan fairing plastik dan ringan ini perlahan mengusik eksistensi skuter Italia yang bongsor.

Sebelum motor bebek modern atau yang dikenal dengan generasi Honda Astrea, cikal bakal motor ini dikenal dengan nama Honda Super Cub.

Honda Super Cub pertama masuk ke Indonesia pada tahun 1961, yaitu Honda Super Cub C100.

Baca juga: Sejarah Awal Motor Cub disebut Motor Bebek

Setelah itu, Honda Super Cub terus berkembang. Terakhir adalah Honda Super Cub yang muncul pada tahun 1980-an, bersama dengan Honda Super Cub C700 dan Honda Super Cub C800.

Kemudian, motor bebek Honda dilanjutkan dengan Astrea yang terkenal dengan kode mesin C100.

Nah, bagaimana perjalanan motor bebek besutan Honda di era Astrea? Berikut sejarah selengkapnya. 

motor bebek Honda

Honda Astrea 700 dan Honda Astrea 800

Honda Astrea pertama kali mengaspal di Indonesia pada pertengahan 1980-an. Generasi pertamanya adalah Honda Astrea 700 dan Honda Astrea 800.

Baca juga: Aliran Modifikasi Motor di Indonesia dan Perbedaannya

Sesuai dengan namanya, basis kedua motor bebek Honda ini mengambil dari Honda Super Cub C700 dan Honda Super Cub C800. Bedanya, sistem pengapian sudah menggunakan teknologi CDI.

Honda Astrea 800 memiliki desain yang revolusioner kala itu, dengan batok lampu depan dan belakangnya yang kotak. Lampu sein juga sudah menyatu dengan batoknya.

Maka dari itu, Honda Astrea 800 mendapat julukan Honda Robot. Ada juga yang menyebutnya sebagai Honda Asdap yang merupakan kependekan dari Astrea 800.

motor bebek

Honda Astrea Star dan Honda Astrea Prima

Usai masa baktinya, generasi motor bebek Honda berlanjut dengan hadirnya Honda Astrea Star pada tahun 1985.

Lampu depannya masih kotak dan jadi awal dari desain legendaris Honda Astrea. Sementara, desain lampu belakangnya seperti sabit.

Baca juga: Sejarah dan Jenis-jenis Vespa Matik, Ada Edisi Terbatasnya

Kapasitas mesinnya masih sama, 86 cc, namun Honda Astrea Star sudah dibekali dengan 4 percepatan dengan sistem rotari.

Menyempurnakan Honda Astrea Star, pada tahun 1988 hadir Honda Astrea Prima. Motor bebek Honda ini menjadi yang pertama menggunakan suspensi depan model teleskopik.

Baca juga: Tips Beli Motor Tua Ini Bakal Bikin Amsyongmu Berkurang

Kapasitas mesin Honda Astrea Prima lebih besar, yakni 97 cc, tetap dengan sistem percepatan yang sama dengan Honda Astrea Star.

motor bebek Honda

Honda Astrea Grand

Lalu pada 1991, Honda meluncurkan Astrea Grand yang lebih modern. Selain menggunakan suspensi depan teleskopik, foot step belakang dibuat terpisah dari lengan ayun.

Hal ini membuat pembonceng lebih nyaman ketika motor melewati jalan bergelombang karena kaki tidak ikut mengayun dengan suspensi.

Baca juga: Cara Menghitung Pajak Progresif Motor, Begini Rumusnya

Honda Astra Grand generasi pertama dikenal sebagai Grand Bulus karena desain lampu belakangnya yang membulat, menyerupai tempurung bulus.

Tiga tahun berselang, Honda menyegarkan tampilan Bulus dengan menambah desain menyerupai spoiler di atas lampu belakangnya.

motor bebek Honda

Honda Astrea Supra dan Honda Astrea Impressa

Masuk di tahun 1997, Honda secara resmi meluncurkan Honda Astrea Supra dan Honda Astrea Impressa.

Baca juga: Motor 250 cc Langka yang Banyak Diburu Kolektor Otomotif

Honda Astrea Supra menggunakan mesin 110 cc, sementara Honda Astrea Impressa menggunakan mesin 97 cc.

Secara desain, Honda Astrea Impressa hampir mirip dengan generasi sebelumnya. Desain lebih modern ditampilkan oleh Honda Astrea Supra sebagai model terbaru.

Dalam perjalanannya, Honda Astrea Supra lebih populer dengan sebutan Honda Supra yang banyak variannya, seperti Honda Supra X, XX, V, dan Supra VV.

Baca juga: Deretan Motor Honda Terbaru yang Mengaspal di 2021 (Part 1)

Perbedaan antar varian tersebut meliputi warna, striping, kopling manual, dan rem depan menggunakan cakram.

Ada juga varian Honda Supra Fit, yang jadi motor bebek Honda berharga ekonomis di awal tahun 2000-an, bersamaan dengan gempuran motor bebek murah dari Tiongkok.

Sedangkan gairah Honda Astra Impressa dilanjutkan dengan hadirnya Honda Legenda 1 pada tahun 2001 dan Honda Legenda 2 yang berakhir pada tahun 2004.

motor bebek Honda

Motor Bebek Honda modern

Sesuai dengan perkembangan zaman, Honda bermain di kapasitas mesin 125 cc dengan Honda Kharisma dan Honda Kirana.

Baca juga: Deretan Motor Honda Terbaru yang Mengaspal di 2021 (Part 2)

Hingga saat ini, meski motor bebek kurang diminati karena adanya motor matik, motor bebek Honda masih tersedia.

Sebut saja Honda Revo X 100 cc dengan teknologi injeksi dan Honda Supra 125 FI yang selalu ada mengisi line-up produk motor Honda.

Selain itu ada juga Honda GTR 150, motor bebek bermesin 150cc dengan teknologi DOHC, 6 percepatan manual, dan pendingin cairan.

Baca juga: Alat dan Aplikasi untuk Touring Biar Komunikasi Lancar Terus

Harga motor bebek semakin terjangkau, kecuali beberapa tipe yang jadi incaran koleksi seperti Honda Astrea Grand Bulus yang cenderung stabil.

Apakah kamu punya pengalaman bersama salah satu motor bebek Honda?