Search Cars

Tips & Rekomendasi

Musim Hujan, Perawatan Seperti Ini Bisa Membuat Mobil Anda Tetap Kinclong

perawatan mobil musim hujanMusim hujan bisa dibilang menjadi salah satu momok bagi pengguna mobil. Selain jalanan yang macet dengan jangka waktu lebih lama, kondisi mobil jadi lebih cepat kotor akibat harus melewati genangan air hujan maupun terkena air yang turun dari langit ini.

Meski begitu, bukan berarti alasan hujan menjadi penghalang untuk Anda terus merawat mobil Anda. Seva.id sudah punya beberapa jurus jitu yang bsia diaplikasikan oleh Anda, sehingga mobil Anda tetap terlihat bersih dan menarik.

Bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini

perawatan mobil musim hujan

  • Rutin Cuci Mobil

Mungkin bagi sebagian pengguna mobil, mencuci mobil terutama di musim hujan adalah pekerjaan yang sia-sia. Padahal di momen musim hujan seperti ini, mobil Anda harus lebih sering rutin di cuci. Pasalnya, kerak dan kotoran sisa hujan yang menempel di bodi mobil akan menumpuk, dan jika sudah sampai tahap parah maka makin sulit untuk dibersihkan.

Untuk itulah, sediakan setidaknya dua kali dalam kurun waktu seminggu untuk mencuci mobil Anda. Anda bisa melakukannya sendiri dengan menggunakan cairan sampo cuci mobil dengan pH balance, atau silakan serahkan kepada jasa pencucian mobil yang ada di sekitar lokasi Anda tinggal atau beraktivitas.

perawatan mobil musim hujan

  • Poles Mobil Jadi Solusi

Poles Mobil pada dasarnya merupakan metode perlindungan terhadap bodi mobil. Proses ini meliputi noda dan kotoran bandel dari lapisan permukaan teratas sampai permukaan dalam cat mobil, kemudian meningkatkan kilap dan memberikan perlindungan terhadap cat dari pengaruh lingkungan.

Jika Anda melakukan proses poles mobil, secara tidak langsung sebenarnya Anda menciptakan ‘benteng pelindung’ yang memungkinkan noda debu atau kotoran akibat hujan menempel pada bodi hingga celah terkecil. Pun jika memang sebelum proses poles mobil kondisi bodi sudah terkontaminasi oleh noda, maka dengan poles mobil noda tersebut bisa diangkat dan dibersihkan.

perawatan mobil musim hujan

  • Berikan Efek Daun Talas Pada Kaca Mobil

Area kaca mobil berperan sangat krusial dalam hal visibilitas kala berkendara. Pasalnya, jika air terlalu lama tidak tersapu oleh wiper secara cepat, pasti akan mengganggu pandangan. Karena itu, perawatan area kaca mobil juga tidak bisa sembarangan.

Beberapa cara bisa dilakukan, seperti rutin mengganti wiper setiap 6 hingga 12 bulan sekali, atau menggunakan produk rain reppelent. Rain reppelent sendiri pada dasarnya memberikan lapisan khusus pada kaca mobil. Efeknya selain membuat kaca mobil bebas dar jamur, air hujan yang jatuh ke permukaan kaca semakin mudah diseka oleh wiper, bahkan bisa meluncur dengan sendirinya selayaknya tetes air yang jatuh di daun talas.

Untuk penggunaannya tergolong sederhana, cukup dengan menyemprotkan cairan rain reppelent pada kaca mobil, kemudian di-lap menggunakan aplikator khusus seperti kain microfiber. Untuk produk rain reppelent sendiri banyak dikeluarkan beragam brand di bidang car care, serta bisa didapat di supermarketmaupun di situs e-commerce dengan kisaran harga Rp 50 ribu sampai Rp 300 ribu.

perawatan mobil musim hujan

Semoga langkah jitu yang kami sajikan ini bisa menjadi rekomendasi dan acuan Anda dalam menjaga kondisi eksterior mobil Anda tetap terawat di musim hujan. Selamat mencoba..

 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.