Musim Hujan, Cek Kondisi Rumah Anda di Beberapa Titik Ini

13 May 2019

Musim hujan sering membuat masalah bagi rumah. Tak jarang ada saja yang terjadi di rumah meski kita sudah merasa rumah dalam kondisi normal. Coba cek bagian-bagian ini saat musim hujan.

Rumah adalah tempat berlindung dari serangan panas dan hujan. Dengan berada di rumah, Anda dapat melakukan berbagai kegiatan yang hendak dilakukan dengan nyaman dan aman. Oleh karenanya, sebagai tempat berlindung, merawat rumah penting dilakukan terlebih saat musim hujan.

 

Akan tetapi, selama memasuki musim hujan, tak jarang dari Anda luput memerhatikan kondisi tempat tinggal. Tampias, tembes, atau bahkan bocor bisa saja dialami oleh rumah Anda. Bahkan, hal membahayakan lainnya yang disebabkan hujan pun dapat saja terjadi.

 

Demi aktivitas Anda di rumah yang tetap nyaman selama musim hujan, paling tidak Anda perlu memastikan hal-hal berikut. Dengan demikian Anda pun akan merasa semakin nyaman berada di rumah.

 

Periksa kondisi talang air yang mudah kotor

Karena posisinya yang sulit dijangkau, membersihkan talang air (penyalur air hujan) secara rutin mungkin saja luput dilakukan.

 

Padahal, selama musim kemarau bisa saja talang air tertimbun oleh sampah , seperti debu atau pun kotoran lainnya. Kotoran sampah yang menepuk itu sangat riskan karena dapat menghambat laju air hujan. Akibatnya, talang air dapat menyebabkan rembesan dan bocor.

 

Pastikan Genting Anda dalam Posisi Sesuai

Sama halnya dengan talang air, genting pun menjadi salah satu bagian yang mungkin luput dari pemeriksaan harian.

 

Genting atau atap merupakan salah satu elemen yang sangat krusial untuk sebuah rumah. Berfungsi sebagai pelindung, genting dapat membuat Anda terhindar dari panasnya terik matahari dan hujan. Agar fungsinya itu berjalan optimal, kita perlu merawat dan memelihara genting tersebut secara berkala.

 

Kadang, posisi genting bisa saja berubah karena diterpa oleh angin. Selain itu, karena permasalahan usia dan kualitasnya, genting juga dapat pecah dan berjamur. Permasalahan yang seperti itu tak jarang dapat menimbulkan celah sehingga air hujan dapat masuk ke dalam rumah Anda.

 

Untuk itu, Anda perlu memastikan bahwa genting Anda dalam keadaaan baik dan posisinya sesuai sehingga Anda tidak akan mengalami kebocoran selama musim hujan. Atau jika memang genting Anda bermasalah, perbaiki atau ganti dengan genting yang baru.

 

Periksa Selokan

Saat musim hujan, masalah yang sering Anda khawatirkan ialah banjir. Hal itu disebabkan oleh tingkat derasnya hujan dan didorong oleh menumpuknya sampah yang ada di sekitar rumah Anda.  Akan tetapi, banjir tentu dapat hindari dengan memeriksa arus selokan rumah.

 

Anda dapat memastikan kondisi saluran air di rumah Anda berjalan lancar dan tidak menyumbat banyak sampah. Selain itu, Anda juga perlu melaksanakan kerja bakti di sekitar wilayah Anda. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya banjir. Selain itu, Anda pun dapat terhindari dari penyakit berbahaya, seperti demam berdarah, diare, atau gatal-gatal.

 

Cermati Arus Listrik

Terkadang tanpa disadari rumah kita mengalami rembesan air hujan di tempat yang tidak terduga. Misalnya di tempat arus listrik.

 

Ini tentunya sangat berbahaya untuk keamanan rumah Anda karena dapat menimbulkan hubungan arus pendek (korsleting listrik). Untuk itu, pemeriksaan terhadap arus listrik, baik yang ada di dalam maupun di luar rumah, perlu diperhatikan.

 

Anda dapat mulai memeriksa instalasi listrik Anda. Misalnya mulai memeriksa kabel dan pembungkus, lampu, dan pompa air. Anda juga dapat melengkapi rumah Anda denga miniature-circuit breaker (MBC) dan earth leakage circuit breaker (ELCB). Dengan dilengkapi kedua alat itu, Anda dan keluarga akan aman dari bahaya tersetrum.

 

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat rumah selama musim hujan. Dengan perawatan yang intens, Anda pun akan semakin nyaman berada di rumah, terlebih saat musim hujan.

Author

Perempuan Canggih. Pemuja keharmonisan, puisi, dan filologi.

SHARE