Search Cars

Travel & Lifestyle

Mudik Dilarang, Ini Makanan Khas Lebaran yang Bisa Disiapkan di Rumah

Lebaran tidak mudik lagi? Santai, yuk siapkan makanan khas Lebaran berikut ini supaya berasa di kampung halaman.

Sama seperti tahun lalu, pemerintah sudah mengeluarkan peraturan larangan mudik Lebaran untuk tahun ini.

Larangan mudik ini berlaku pada 6-17 Mei 2021. Sebelum dan sesudah tanggal tersebut masyarakat juga dihimbau untuk tidak melakukan pergerakan atau kegiatan-kegiatan ke luar daerah, kecuali benar-benar dalam keadaan mendesak dan perlu.

Sementara itu, cuti bersama Idul Fitri tetap ada namun tidak untuk aktivitas mudik.

Terkait aturannya, Menteri Perhubungan (Menhub) telah merumuskan larangan mudik tersebut dalam Peraturan Menteri Perhubungan atau Permenhub No. PM 13 tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Masa Idul Fitri 1442 H.

Baca juga: Peraturan Larangan Mudik 2021 Resmi Diterbitkan Pemerintah

Memang berat merayakan Lebaran tanpa berkumpul dengan keluarga dan kerabat di kampung halaman.

Untuk mengobati rasa rindu dan kangen akan kampung halaman, ini makanan khas Lebaran yang bisa disiapkan di rumah.

makanan khas Lebaran

makanan khas Lebaran makanan khas Lebaran

makanan khas Lebaran

Berhubung negara ini memiliki 34 provinsi, berbagai suku, adat, dan tradisi, sebenarnya masih banyak makanan khas Lebaran lainnya.

Sebut saja bebek gulai kurma dari Aceh, soto banjar dari Kalimantan Selatan, kerecek dan gudeg dari Yogyakarta, rawon dari Malang dan Surabaya, atau ayam taliwang dari daerah Lombok.

Tapi banyak yang tidak menyangka kalau bakso pun jadi makanan khas Lebaran. Pasalnya, setelah seharian menyantap makanan bersantan, mulut dan perut mulai bosan.

Baca juga: 7 Hal yang Bikin Kangen Kampung Halaman Saat Tidak Mudik

Di saat seperti itu mulai lah mencari makanan alternatif lain, bakso adalah yang mudah didapat karena ada di mana saja dan dapat dipesan secara online.

Memang, Lebaran tidak mudik juga harus tetap seru dan menjalin silaturahmi. Meski tidak bertatap muka secara langsung, kamu bisa memanfaatkan teknologi untuk saling bermaaf-maafan. Misalnya dengan menggunakan video call dari aplikasi sosial media.

Karena memang bagian terpenting merayakan Lebaran adalah saling memaafkan, menjalin silaturahmi, dan kini ditambah menjaga kesehatan sesama.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.