Mudahnya Mengganti Wiper Mobil Sendiri di Rumah

By Arris Riehady - Juni 23, 2020

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengganti wiper mobil sendiri di rumah.

wiper mobil

Wiper adalah elemen penting saat berkendara, terutama di kala hujan tiba. Namun saat musim kemarau, keberadaannya sering luput dari perhatian.

Meski jarang digunakan saat musim kemarau, wiper juga perlu perhatian untuk perawatan. Suhu panas yang kerap menerpa kaca depan, bisa saja membuat karet wiper pecah-pecah dan getas.

Bila sudah begini, saat ingin digunakan di musim hujan, performa wiper untuk menyapu air sudah tidak maksimal lagi.

Bahkan, karet wiper yang getas ini bisa mengakibatkan banyak kerugian. Pasalnya, dapat menggores kaca, mengganggu pandangan pengemudi, dan dapat mengakibatkan kecelakaan.

Baca juga: 6 Hal Kecil Pada Mobil yang Bila Diabaikan Dapat Memakan Biaya Besar

Jika sudah terjadi, biaya yang dikeluarkan bisa lebih mahal daripada harga wiper yang berkisar antara Rp 40.000 hingga Rp 150.000 di pasaran. Untuk itu, lakukan penggantian karet wiper secara berkala. Rata-rata, karet wiper dapat berusia 6 bulan.

Nah untuk merawat dan mengganti wiper bisa kamu lakukan sendiri. Ini cara mudah ganti wiper mobil sendiri di rumah.

jual mobil jarang dipakai

Ukuran sesuai

Sebelum mengganti wiper, yang harus kamu pastikan adalah ukurannya. Tiap mobil memiliki ukuran wiper yang berbeda-beda.

Untuk mengetahui ukuran wiper cukup mudah, kamu bisa menggunakan penggaris untuk mengukur dari ujung ke ujung karet atau blade wiper.

Baca juga: Ternyata Sejarah Wiper Mobil Pernah Dianggap Berbahaya

Biasanya ukuran wiper ini dalam bentuk inci. Bila bingung, sebelum membeli kamu bisa juga menanyakan kepada penjual ukuran wiper yang pas untuk mobilmu.

mengganti wiper

Langkah mengganti wiper

Nah, bila kamu sudah menyiapkan wiper pengganti, berikut langkah-langkahnya.

  1. Parkirkan mobil secara benar di area yang teduh.
  2. Angkat kedua tangkai wiper ke atas sepertu saat sedang mencuci mobil.
  3. Lepaskan blade wiper dari tangkainya. Caranya untuk wiper model frame, kamu arahkan blade wiper ke atas, tekan penjepitnya, dan dorong ke bawah. Sedangkan untuk model frameless, kamu tinggal membuka pengunci kait, dan lepas ke arah bawah.
  4. Saat blade wiper sudah terlepas harap hati-hati. Agar tangkai wiper tidak jatuh mengenai kaca ada baiknya untuk jaga-jaga ditutupi dengan kain.
  5. Memasang wiper baru adalah proses kebalikan dari melepasnya. Untuk wiper model frame, kamu tinggal memasang blade wiper ke pengait, tekan, dan dorong ke atas sampai bunyik klik. Sedangkan untuk model frameless, paskan blade wiper dengan pengait, dan dorong ke atas sampai bunyi klik, lalu tutup penutupnya.
  6. Sebelum menurunkan tangkai wiper, lap dulu bagian karet atau blade wiper, pastikan tidak ada partikel atau debu yang menempel dan berpotensi membaret kaca depan.

Baca juga: Usia Pakai Wiper Mobil Singkat, Kenali Cara Perawatannya Yuk

sejarah wiper mobil

Tips merawat wiper

Supaya usia pakai wiper panjang dan awet, kamu dapat melakukan tips sederhana berikut ini.

  1. Selalu periksa kondisi wiper, walau tidak digunakan sekalipun. Pastikan bilah karetnya masih mulus dan lentur.
  2. Sesekali, lap karet wiper dengan plas chamois. Hal ini berfungsi untuk membersihkan bagian tersebut dari debu atau bahkan minyak yamg menempel.
  3. Poles karet wiper dengan cairan pelindung secara rutin. Usahakan untuk menggunakan sabun khusus wiper supaya tetap mulus saat digunakan.
  4. Saat parkir di tempat yang panas, selalu angkat wiper agar tidak menempel pada kaca dan membuatnya mudah panas.

Bagaimana, mudah bukan merawat dan mengganti wiper sendiri di rumah?

Baca juga: Cara Menangani Masalah-Masalah Umum Pada Wiper Mobil

Terakhir, cara mengganti wiper ini harus benar-benar sempurna, apalagi pada bagian pemasangan kembali. Jangan sampai blade wiper terlepas yang dapat merusak kaca depan dan konsentrasi ketika mengemudi.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!