Modifikasi Kijang Kapsul Nyeleneh Ala Anak Muda

Tidak lekang oleh waktu, tapi itu kenyataannya. Ini modifikasi Kijang Kapsul yang nyeleneh ala anak muda.

modifikasi Kijang Kapsul

Ada ungkapan “kalau bapaknya punya Kijang, pasti anaknya juga punya Kijang”. Bisa dibilang, ungkapan tersebut benar adanya.

Hal tersebut dialami oleh Rido Gilang Pratama, pemilik Kijang SSX tahun 2000 atau yang lebih dikenal dengan Kijang Kapsul.

“Sebelum modifikasi Kijang Kapsul, mobil ini milik ayah yang dibeli second pada tahun 2015, lalu diturunkan ke saya untuk kendaraan kuliah,” kata Rido.

Meski begitu, agar tidak lekang oleh waktu, Rido melakukan modifikasi Kijang Kapsul dilakukan dengan tampilan yang nyeleneh dengan selera anak muda.

Baca juga: Aliran Modifikasi Mobil Sedan yang Cocok Buat Anak Muda

Modifikasi terlihat lebih banyak dilakukan pada bagian eksterior sehingga tampilannya banyak berubah namun tetap nyaman digunakan untuk harian dan menunjang aktivitas pemiliknya.

Seperti apa modifikasi Kijang Kapsul yang dilakukan oleh Rido? Ini ulasan selengkapnya.

modifikasi kijang kapsul

Modifikasi eksterior Kijang Kapsul Rido

Perubahan eksterior yang paling nampak oleh pengelihatan mata soal modifikasi Kijang Kapsul ini adalah warna putihnya yang mengilap.

“Proses modifikasi Kijang Kapsul ini dimulai sejak kuliah, selain ganti pelek, saya juga me-repaint mobil ini dengan warna putih cyralic,” jelas Rido.

Sementara di bagian kaki-kaki, mobil ini dibuat ceper, alias dengan ground clearence rendah.

Baca juga: Rekomendasi Modifikasi MPV yang Cocok untuk Dipakai Harian

“Konsepnya ingin stance, hanya saja setup kaki-kakinya tidak seperti mobil baru yang bisa menggunakan suspensi coilover, jadi lebih banyak mengakali,” sambungnya.

modifikasi kijang kapsul

Suspensi belakang menggunakan Kayaba Ultra, sementara bagian depannya custom. Ubahan dilakukan hingga mencoak sasis agar tiak mentok ke gardan belakang.

Pelek menggunakan BBS RS ring 17 inci dengan profil ban 205/45.

“Maunya pelek ini terlihat menempel di bodi, namun ada sedikit kecelakaan di mana bautnya harus patah. Untuk mengenangnya pada fender belakang, saya tulis gagal fitment yang ke depannya akan diperbaiki lagi,” ujar Rido.

Baca juga: Bagaimana Cara Memilih Power Audio Mobil yang Bagus?

Kemudian, untuk menonjolkan kesan retro namun tetap nyambung dengan konsep yang diinginkan, Rido mencomot lampu utama kepunyaan Kijang LX yang desainnya kotak.

https://www.instagram.com/p/Bi6bwMRHUFn/

Menang kontes

Keterbatasan modifikasi Kijang Kapsul tidak menyurutkan pemiliknya untuk mengikuti kontes.

Berbekal spidol warna hitam permanen, sekucur bodi mobil diberi gambar-gambar doodle art buah karya Rido bersama adiknya.

“Waktu itu mau ikut kontes, saya berpikir bagaimana agar eksterior mobil terlihat beda. Akhirnya eksterior saya gambar full dengan tangan yang membutuhkan waktu selama dua hari,” katanya.

Baca juga: Aki Mobil yang Bagus, Bagaimana Cara Memilihnya?

Tidak sia-sia, kerja keras tersebut memenangkan kategori The Best Extreme Exterior, padahal pesaingnya diakui banyak yang lebih bagus lagi.

Usai memenangkan kontes warna mobil dikembalikan ke aslinya.

modifikasi kijang kapsul

Interior orisinal

Walau banyak ubahan yang dilakukan, interiornya tetap dibiarkan dalam kondisi orisinal. Bukan tanpa alasan, hal ini karena Rido ingin tetap ada nafas retro walau modifikasi Kijang Kapsul ini telah dilakukan.

“Bisa dibilang mobil ini nyeleneh, referensi saya dalam memodifikasinya berkiblat pada modifikator-modifikator di Eropa,” katanya.

Baca juga: Cara Blokir STNK Online untuk Mobil yang Sudah Dijual

Seluruh bagian interior tidak ada yang disentuh, kecuali jok yang dilapis kulit. Mulai dari audio head unit, sistem audio, hingga mekanisme pembukaan kaca yang masih manual dengan engkol, semua masih sama seperti aslinya.

modifikasi kijang kapsul

Cocok digunakan sebagai mobil harian

Sama seperti interior, mesin pada mobil ini pun dibiarkan sesuai dengan standar pabriknya. Ya, tidak ada ubahan di sektor dapur pacu.

Satu-satunya yang dimodifikasi hanya bagian knalpot di mana sudah menggunakan produk dari J’S racing sehingga suaranya lebih keluar pada RPM tinggi.

“Interior dan mesin sengaja dibiarkan orisinal karena mobil ini dipakai untuk harian dan aktivitas bisnis,” ujar Rido.

Walau ground clearance sudah rendah, mobil ini kerap menemani pemiliknya membantu usaha orang tua di bidang perikanan.

Baca juga: Rem Darurat, Injak Pedal atau Tarik Rem Tangan?

Dengan interior dan mesin standar, mobil jadi lebih mumpuni ketika dipakai perjalanan jauh dan membawa barang-barang di bagasinya.

Namun bagitu, ke depannya, modifikasi Kijang kapsul ini akan terus berlanjut. Masih ada ubahan yang diinginkan, khususnya di sektor eksterior ini seperti mengganti spion, menambahkan spoiler, dan rag top.

Punya mobil modifikasi yang ingin di-review Seva.id? Yuk, kirimkan DM melalui Instagram @sevaid_official.