Mobil Buas BMW M5 Competition Mencengkram Aspal Indonesia

By Arris Riehady - September 21, 2021

Menjadi mobil terkencang dan paling bertenaga di dalam sejarahnya, bagaimana performa dan harga BMW M5 Competition?

BMW M5 Competition

BMW M5 Competition resmi meluncur dalam jumlah unit yang sangat terbatas di Indonesia. Peluncurannya dilakukan secara virtual.

Bisa dibilang BMW M5 Competition merupakan mobil sport dengan kombinasi kemewahan dan kenyaman sedan bisnis dengan performa tinggi dan teknologi terdepan.

Tidak hanya itu, mobil empat pintu yang lahir dari BMW M GmbH ini memiliki mesin paling kuat dalam sejarah model BMW M5 sejak pertama kali diperkenalkan 36 tahun yang lalu.

Baca juga: Varian BMW Individual, M3 dan M4 Competition Makin Eksklusif

Yap, BMW M5 Competition berhasil memadukan kegunaan sehari-hari dengan dinamika sports car performa tinggi melalui beragam penyempurnaan.

“Kami yakin sports car mewah ini akan terus mempertahankan posisi BMW M sebagai pemimpin di segmen kendaraan mewah performa tinggi di Indonesia,” kata Director of Communications BMW Indonesia Jodie O’tania.

Lalu, bagaimana performa dan harga BMW M5 Competition?

BMW M5 Competition

Mesin BMW M5 Competition

Di balik kap mesin BMW M5 Competition tertanam mesin Mesin buas berkonfigurasi V8 yang jarang ada pada sedan empat pintu saat ini.

Baca juga: BMW Indonesia Luncurkan BMW 320i Touring dan BMW 330i Sedan

Bukan sembarangan, mesin BMW M5 Competition adalah V8 M TwinPower Turbo Technology dengan cross-cylinder-bank exhaust manifold.

Tenaganya disalurkan melalui transmisi BMW M Steptronic 8-percepatan. Teknologi ini memungkinkan perpindahan gigi yang sangat singkat dan response cepat untuk setiap dorongan pedal gas.

Tidak hanya itu, transmisi tersebut juga disertakan oleh Drivelogic yang dapat dikontrol oleh pengemudi.

Bukan cuma itu, pengemudi juga dapat menggunakan tuas pemilih dan paddle shift pada lingkar kemudi untuk melakukan perpindahan gigi secara manual.

Baca juga: Penjualan BMW Group Indonesia Cetak Rekor Baru di 2021

Karakteristik mesin dapat diubah dengan satu sentuhan tombol dari mode dasar EFFICIENT ke SPORT dan SPORT+, sehingga menghasilkan response yang lebih sensitif terhadap gerakan akselerator.

Suara mesin dan knalpot khas raungan V8 bisa dikontrol dengan flap-controlled dual-branch exhaust system.

Jelas, selain memacu adrenalin, suara yang dihasilkan bikin lebih eargasm.

BMW M5 Competition

Pada tenaga puncak, mesin BMW M5 Competition sanggup menyemburkan tenaga hingga 625 daya kuda pada 6.000 rpm dan torsi puncak 750 Nm.

Baca juga: Aki BMW E30 Boleh Dijumper sedangkan E36 Tidak, Beneran?

Tidak heran bila mobil ini dapat melesat dari 0 hingga 100 kilometer per jam hanya dalam waktu 3,4 detik saja.

Dari mobil diam ke kecepatan 200 kilometer per jam, hanya butuh waktu 10,8 detik saja. Benar-benar effortless!

Tetapi, untuk alasan keamanan dan keselamatan berkendara, kecepatan maksimalnya dibatasi secara elektronik hingga 250 kilometer per jam saja.

Untuk menghentikan buasnya laju BMW M5 Competition, mobil ini dibekali dengan BMW M Carbon Ceramic Brakes yang dapat dikenali dari kalipernya yang berwarna emas dengan logo BMW M.

Baca juga: Apa Bedanya BMW Seri 4 Terbaru Tipe Coupe dan Convertible?

Rem ini menggunakan kaliper enam piston di depan (fixed), dan kaliper satu piston di belakang (floating).

Dengan begitu, fitur  BMW M Carbon Ceramic Brakes bisa menahan keausan dengan lebih baik.

Lalu, bobotnya lebih ringan 23 kilogram, memberikan kinerja pengereman dan stabilitas termal yang lebih baik serta ketahanan saat mobil digunakan di sirkuit.

BMW M5 Competition

Eksterior BMW M5 Competition

Jika hanya dilihat sekilas, eksterior BMW M5 Competition tidak berbeda dengan BMW Seri 5 terbaru.

Baca juga: Deretan Mobil BMW Seri X Terbaru di Awal Tahun 2021

Namun jika dilihat dengan seksama, kamu bakal menyadari kalau sedan ini berbeda dan menyimpan tenaga yang mengerikan di balik M-Specific Kidney Grille BMW-nya.

Bumper depan memiliki kontur yang lebih berani dan berikan saluran masuk udara yang lebih besar di samping, sedangkan air-flow bagian tengah berbentuk heksagonal dan dilengkapi dengan pendingin oli dan sensor radar untuk sistem Active Cruise Control (ACC).

BMW M5 Competition

Opsi lampu BMW Individual Shadowline menambahkan aksen warna gelap pada LED matrix Headlights dan BMW Laserlight membuatnya semakin elegan.

Baca juga: Cara Membaca Arti Seri Mobil BMW Berupa Angka dan Huruf

Untuk mengurangi bobot, mobil ini menggunakan kap mesin dari bahan aluminium dan atap yang terbuat dari carbon fibre-reinforced plastic (CFRP).

Beralih ke bagian belakang, BMW M-Specific Twin Tailpipes menciptakan nuansa sport yang lebih kental. Bumper belakang seakan berotot dengan diffuser besar.

Seperti halnya di depan, lampu belakang LED tiga dimensi dengan grafis cahaya yang semakin kuat, memberikan sajian segar pada bentuk BMW L yang sudah dikenal.

Baca juga: BMW M2 Edition designed by FUTURA 2000, Cuma 1 Unit di Indonesia

BMW M5 Competition ditopang oleh velg dengan desain baru berdiameter 20 inci, M light alloy wheels Y-spoke style 789 M, forged wheel, Bicolour, Jet Black, burnished with mixed tires.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!