Search Cars

#NostalgiaMobilTua

Mobil Berasap Saat Pertama Kali Dinyalakan, Apakah Berbahaya?

Sebagian mobil pasti pernah mengeluarkan asap putih saat dinyalakan pada pagi hari. Tetapi, apakah hal tersebut berbahaya?

mobil berasap

Saat pemilik menyalakan mobil di pagi hari untuk digunakan berkendara, seringkali knalpot mobil berasap berwarna putih. Biasanya, hal itu terjadi apabila ada gangguan atau kerusakan di bagian mesin.

Namun, Anda tidak perlu panik, mobil berasap di pagi hari adalah hal biasa yang sering terjadi dan belum tentu menandakan mobil dalam keadaan berbahaya.

Lalu, apakah yang dapat menyebabkan mobil berasap di pagi hari?

Ada berbagai kasus yang dapat menyebabkan knalpot mobil mengeluarkan asap putih di pagi hari, diantaranya dapat Anda simak di bawah ini.

Kebocoran saluran oli

Kemungkinan pertama, bagian mesin yang memiliki fungsi untuk menahan oli mengalami kerusakan, sehingga mengakibatkan oli masuk ke dalam bagian ruang pembakaran dan membuat oli mesin turut terbakar bersama dengan bensin.

Baca juga: Awas! Mobil Akan Terbakar Jika Hal ini Tidak Diperhatikan

Seharusnya oli tidak boleh masuk ke dalam ruang pembakaran. Jika hal ini terjadi pada mobil Anda, segera perbaiki agar tidak menimbulkan kerusakan kepada komponen lainnya.

Membrane pompa bahan bakar mobil robek

Ada kemungkinan yang bisa terjadi kepada pompa bahan bakar mobil, apalagi yang masih menggunakan pompa bahan bakar manual, yaitu membrane pada pompa mengalami robekan, sehingga memberikan jalur kepada oli untuk masuk dan bercampur dengan bensin di dalam pompa bahan bakar.

Proses pembakaran bensin yang tercampur oli seperti pada poin pertama juga akan terjadi pada kasus ini dan menghasilkan akibat yang sama pula, yakni asap yang dihasilkannya.

Umur mobil sudah tua

Semakin tua usia mobil maka komponen yang ada di dalamnya pun mengalami pengurangan kualitas akibat gesekan dan perputaran mesin yang terjadi secara terus menerus.

Hal seperti ini mengakibatkan banyaknya bagian mobil yang mengalami angus dan keretakan, lalu menyebabkan kebocoran pada beberapa saluran cairan mobil.

Baca juga: Kenali Gejala Kerusakan Knalpot Mobil Sebelum Terlambat

Hal itu bisa menyebabkan cairan yang terdapat pada mobil saling meresap ke bagian komponen yang lain, kemudian menimbulkan asap ketika masuk ke ruang bakar.

Untuk itu, perlu dilakukan pengecekan dan penggantian komponen secara berkala.

Air coolant yang memasuki mesin

Air pendingin mesin yang terdapat di dalam bagian radiator memiliki fungsi untuk mendinginkan mesin agar suhu tetap dalam keadaan yang ideal.

Namun, proses pendinginan bisa terganggu akibat air coolant yang memasuki mesin sehingga berdampak pada komponen lainnya.

Biasanya, itu disebabkan oleh saluran air coolant yang bocor atau thermostat mobil yang sudah dilepas.

Saat mesin pertama kali dihidupkan di pagi hari, dan saluran air pendingin yang bocor atau mobil yang thermostatnya dilepas, membuat air pendingin terus mengalir mendinginkan mesin.

Keadaan mesin mobil yang masih dingin dipaksa untuk berputar, maka membuat mobil berasap dan menghasilkan asap putih yang dikeluarkan melalui knalpot.

Baca juga: Fungsi dan Cara Kerja Thermostat Mobil

Berbeda jika mobil sudah dijalankan dan terjadi overheat. Hal itu disebabkan karena air pendingin mobil tidak mengalir mengelilingi mesin melalui water jacket yang tersedia.

Kemudian membuat mesin mengeluarkan asap. Ketika hal tersebut terjadi, langkah yang paling tepat adalah menepi dan menunggu hingga suhu mesin turun.

gejala kerusakan knalpot

Penguapan udara dingin dari dalam knalpot

Mungkin, ini yang paling sering dialami oleh sebagian pengemudi. Ketika mobil diparkir di tempat yang memiliki suhu rendah, secara alami udara akan mengembun menjadi titik-titik air yang menempel pada bagain mobil.

Hal ini juga terjadi pada bagian jalur pembakaran mobil seperti knalpot.

Proses pengembunan biasanya terjadi pada malam hari, dan saat pagi hari, jalur pembakaran sudah dipenuhi embun.

Ketika mesin dinyalakan, panas yang dikeluarkan mesin akan membuat embun tersebut menguap menjadi gumpalan asap putih yang mengebul keluar dari knalpot.

Bila perlu, bawa mobil Anda ke bengkel resmi untuk melakukan pengecekan mengenai mobil berasap tersebut. Namun, sebelum itu, lebih baik lakukan booking service di Seva.id.

Jadi, Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengantri di bengkel resmi.

Selalu lakukan perawatan berkala kepada mobil Anda ya.

Booking Service

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.