Search Cars

Tips & Rekomendasi

Mitos atau Fakta, Oli Mobil Bisa Digunakan untuk Motor?

Sama-sama berfungsi sebagai pelumas mesin, amankah jika oli mobil digunakan untuk motor? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

ganti oli sendiri

Salah satu yang mempengaruhi performa kendaraan bermotor adalah kualitas pelumas atau oli yang digunakan. Secara fungsi, oli dapat melindungi gesekan yang terjadi di komponen mesin. Maka dari itu, pemilik kendaraan perlu memberi perhatian khusus terhadap waktu penggantian dan jenis oli yang digunakan.

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa oli untuk mesin mobil dan motor sama saja. Sehingga banyak yang memanfaatkan oli mobil untuk digunakan sebagai pelumas mesin motor.

Lalu, sebenarnya bolehkah hal tersebut dilakukan? Bagaimana dampaknya?

Baca juga: Ganti Oli Mesin Mobil Sendiri di Rumah, Mudah dan Tidak Repot

Pada dasarnya, penggunaan oli mobil untuk motor dirasa kurang tepat dan dapat menimbulkan efek yang menyebabkan kerusakan pada kendaraan.

Meski keduanya memiliki fungsi yang sama terhadap mesin, namun pada mesin mobil lebih banyak mengadopsi sistem transmisi dengan jenis kopling kering. Sementara bagian kopling motor terendam oli atau yang lebih akrab disebut dengan kopling basah.

ganti oli sendiri

Akibatnya tentu saja performa motor akan terganggu, lantaran kopling menjadi selip. Imbasnya pasti akan muncul beragam masalah pada mesin.

Perbedaan lainnya ada pada kapasitas mesin mobil dan motor. Perbedaan kapasitas yang besar membuat mesin mobil akan bekerja pada RPM rendah.

Baca juga: DIY, Cara Mudah Mengganti Filter Udara di Mobil

Sementara motor memiliki RPM yang tinggi akibat putaran mesin yang juga lebih tinggi. Hal inilah yang membuat produsen oli menerapkan formulasi yang berbeda sesuai dengan fungsi dan kinerja mesin kendaraan.

Maka dari itu, sebaiknya gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi dan jenis yang sesuai dengan karakter mesin kendaraan.

Pasalnya, jika oli yang digunakan tidak sesuai dari spesifikasi mesin dapat mengakibatkan kerusakan pada part mesinnya. Karena sistem pelumasan tidak sesuai yang dibutuhkan.

Jika hal tersebut terjadi, bukan tidak mungkin kamu akan mengeluarkan lebih banyak uang untuk memperbaiki mesin yang rusak akibat asal memilih oli.

Hal ini juga berlaku pada penggunaan oli motor untuk mesin mobil.

Untuk mengganti oli kendaraan kesayanganmu, kamu bisa ganti di bengkel resmi untuk menjamin keasliannya dan sesuai rekomendasi dari pabrikan untuk spesifikasi serta volumenya.

Lakukan pergantian oli secara rutin sesuai dengan yang direkomendasikan pada buku panduan yang kamu dapat saat pertama kali membeli mobil.

Umumnya, waktu ganti oli yang sering direkomendasikan ialah saat mencapai 10 ribu kilometer.

Akan tetapi, itu tidak menjadi patokan, malah beberapa di antaranya menyarankan untuk ganti oli setiap 5 ribu kilometer karena kondisi jalanan yang dianggap tidak normal, seperti kondisi kemacetan di Jakarta.

Baca juga: Kode Oli Mesin SAE API, Apa Itu Artinya? Yuk Tahu Lebih Dalam

Selain itu, perhatikan pula kualitas oli pada mobil kamu, apabila oli mobil sudah mengalami perubahan warna, maka penggantian harus dilakukan sesegera mungkin.

ganti oli sendiri

Bila saat melakukan pengecekan oli tersebut berwarna hitam pekat dan mengeluarkan bau tengik, itu menandakan kualitasnya sudah tidak layak pakai. Perubahan warna itu sendiri umumnya disebabkan oleh kondisi mobil yang telah menempuh perjalanan jauh.

Sementara itu, jika kamu menemui oli berubah menjadi warna putih susu dengan kekentalan yang cukup pekat, itu berarti cairan telah terkontaminasi oleh air. Perubahan warna oli yang demikian disebabkan oleh kondisi mesin yang bermasalah.

Segeralah bawa mobil mu ke bengkel untuk diganti dengan oli yang baru agar tak menimbulkan masalah baru pada mesin mobil kesayanganmu.

Baca juga: Komponen yang Bisa Rusak Bila Mobil Jarang Dipakai

JIka tak ingin membuang banyak waktu, ada fitur Booking Service dari Seva.id yang siap kamu andalkan. Tak sempat ke bengkel? Seva.id juga punya layanan Home Service, lho.

Yuk kunjungi Seva.id sekarang.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.