Search Cars

Tips & Rekomendasi

Mitos atau Fakta, Kaca Film Mobil Bikin AC Lebih Dingin?

Pernah dengar kalau kaca film mobil bisa bikin AC mobil lebih dingin? Benar atau tidak, ya?

kaca film mobil

Para pemilik kendaraan mungkin sudah tak asing lagi dengan kaca film mobil. Penggunaan kaca film seakan sudah menjadi kebutuhan wajib setiap pemilik mobil. Selain untuk memaksimalkan penampilan mobil, kaca film juga berperan sebagai komponen proteksi.

Namun, pernahkah kamu mendengar kalau aksesoris yang satu ini dapat membuat kabin mobil terasa lebih sejuk?

Kesejukan pada kabin mobil memang tercipta karena adanya air conditioner atau AC, namun kaca film ternyata ampuh membuat kabin terasa lebih sejuk karena materialnya yang mampu mengurangi intensitas sinar matahari yang masuk ke dalam kabin.

Perbedaan suhu kabin akan terasa ketika tidak diproteksi dengan kaca film mobil. Sebab, tidak ada tameng atau pelindung yang akan menyaring pancaran panas akibat teriknya sinar matahari. 

Baca juga: Beresiko Fatal, Hindari Menggunakan 5 Aksesoris Mobil Ini

Tidak hanya itu, kemampuannya menepis gelombang ultraviolet atau UV dan gelombang inframerah atau IR juga mampu membuat konsumsi BBM menjadi lebih irit, karena sifatnya yang membuat kerja AC tidak terlalu terforsir,

Namun, tak semua produk kaca film mobil memiliki kemampuan tersebut. Setiap kaca film tentunya memiliki material yang berbeda, sehingga memiliki kemampuan yang berbeda-beda pula.

Kaca film mobil yang baik adalah yang mampu memantulkan panas, sehingga meski mobil dalam kondisi penggunaan AC secara minim, kabin akan tetap terasa sejuk dan nyaman.

Baca juga: Cara Merawat Kaca Mobil Agar Terhindar dari Jamur dan Baret

Saat ini banyak produsen kaca film mobil yang sudah menawarkan teknologi anti-panas atau yang bisa menolak sinar ultraviolet. Sebaiknya pilih kaca film dengan spesifikasi tersebut. Sedikit lebih mahal, namun ampuh menolak panas ketimbang kaca film biasa.

Nah, agar kamu tidak salah memilih jenis kaca film yang sesuai dengan kebutuhan dan budget, sebaiknya pahami terlebih dahulu karakteristik dari produk yang ingin kamu beli.

Salah satu ciri kaca film yang baik adalah tetap terlihat terang ketika dilihat dari dalam kabin, baik oleh pengemudi maupun penumpang. 

Pasalnya, saat ini banyak produk-produk berkeliaran ketika dilihat dari dalam, pandangan juga redup, tentunya hal ini akan membuat kamu tak nyaman ketika berkendara.

Perhatikan keunggulan kaca film

Lalu, pastikan pula kalau kaca film yang hendak kamu beli memiliki kemampuan menolak sinar ultraviolet dengan baik.

Selain kemampuan menolak sinar ultraviolet, spesifikasi lain seperti teknologi night vision, penolak blue light, hingga penggunaan nano ceramic sebagai material pada kaca film juga penting untuk dipertimbangkan ketika akan menggunakannya.

Kemudian, pastikan kaca film memiliki garansi, sehingga jika terjadi kerusakan yang tidak disengaja tetap bisa diganti atau diklaim menggunakan garansi tersebut.

Baca juga: Mekanik Jelaskan Mitos Kaca Film Mobil: dari Sinyal Hilang hingga Irit BBM

Selain itu, penggunaan kaca film original sangat berpengaruh terhadap sejuknya kabin. Jangan pernah tergiur dengan harga murah, karena belum tentu memiliki daya tahan yang maksimal.

Berikutnya, pilihlah kaca film mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan regulasi di Indonesia agar tetap aman dan nyaman saat kamu berkendara.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.