Search Cars

Tips & Rekomendasi

Minyak Bayi dan Jarum Pentul Bisa untuk Membersihkan Mobil Loh

Menjaga kebersihan mobil merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh para pemiliknya agar dapat berkendara dengan nyaman. Selain itu, kebersihan mobil juga akan memanjakan mata serta memengaruhi suasana di dalam kabin.

 

Untuk menjaga kebersihan mobil, Anda tidak harus pergi ke salon khusus. Jika Anda memiliki waktu luang, ada hal-hal yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah untuk membersihkan mobil dengan memanfaatkan barang-barang rumah tangga.

 

Barang-barang rumah tangga yang dapat digunakan untuk membersihkan mobil adalah sebagai berikut.

 

Sikat gigi    

Sikat gigi adalah barang yang sering digunakan ketika sedang membersihkan mobil. Biasanya, sikat gigi dipakai untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau atau sela-sela kecil, seperti pada bagian pelek, roda, dan lain-lain.

 

Tidak jarang sikat gigi juga digunakan untuk membersihkan interior mobil. Tetapi, hati-hati ketika menggunakannya, jangan sampai sikat gigi tersebut malah menimbulkan goresan pada mobil Anda. Gunakan pada area-area tertentu saja yang membutuhkan.

 

Minyak bayi dan minyak zaitun

Sebagian pemilik mobil biasanya mengoleskan minyak bayi atau minyak zaitun ke karet wiper. Tujuannya adalah untuk menjaga kelenturan karet agar dapat bekerja secara maksimal ketika sedang berkendara, apalagi saat guyuran hujan.

 

Kedua minyak tersebut memang dapat melunakkan karet wiper yang mulai mengeras, tetapi sifatnya hanya sementara, tidak permanen. Jika ingin karet wiper kembali bekerja dengan maksimal, lebih baik ganti dengan yang baru dan lakukan perawatan, seperti jangan parkir mobil di luar ruangan agar karet wiper tidak terkena sinar matahari langsung.

 

Jarum pentul

Barang rumah tangga lainnya yang dapat digunakan untuk merawat bagian mobil Anda adalah jarum pentul. Fungsinya yaitu untuk mengeluarkan kotoran pada lubang air yang terdapat di kap mesin. Kotoran tersebut dapat membuat kaca mobil Anda tergores ketika wiper diaktifkan.

 

Untuk itu, perlu adanya alat yang dapat mengeluarkan kotoran tersebut, yaitu jarum pentul. Caranya, masukkan jarum ke dalam lubang air, lalu lakukan gerakan memutar agar semua debu rontok dan jalur air kembali terbuka.

 

Pasta gigi

Pasta gigi ternyata juga digunakan oleh sebagian orang untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan pasta gigi dengan sedikit air, lalu gosokkan ke bagian kaca mobil yang berjamur.

 

Namun, pasta gigi memiliki sifat yang cepat kering sehingga mudah menimbulkan kerak. Untuk itu, setelah mengoleskan pasta gigi ke kaca mobil, ada baiknya untuk langsung membilasnya. Jangan langsung mengoleskan pasta gigi ke semua bagian mobil.

 

Shampo rambut

Banyak orang yang menggunakan cairan pembersih rumah tangga untuk dipakai sebagai bahan perawatan mobil, salah satunya adalah shampo rambut. Padahal, shampo rambut memiliki kandungan kimia yang dapat membuat warna bodi mobil menjadi kusam serta menurunkan daya kilapnya.

 

Cairan pembersih mobil sejatinya harus memiliki pH (tingkat keasaman) yang seimbang, yaitu 7. Jika pH pembersih tersebut terlalu tinggi akan bersiko kepada cat mobil, bahkan dapat mengangkat lapisan coating dan meninggalkan bintik putih jika digunakan terlalu sering.

 

Lebih baik, gunakan shampo yang memang diciptakan khusus untuk mobil supaya cat mobil Anda tetap terjaga dengan baik.

 

Semua barang-barang rumah tangga tersebut bukan alat khusus untuk membersihkan mobil Anda. Jadi, jika ingin mobil Anda tetap terlihat kinclong dan selalu dalam kondisi prima, tetap lakukan perawatan di salon mobil minimal sebulan sekali.

 

Jangan lupa juga melakukan perawatan mesin dengan mengeceknya secara rutin di bengkel resmi. Selain terlihat bersih, mobil Anda juga akan selalu siap untuk berkendara.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.