Search Cars

Review Otomotif

MINI John Cooper Works GP Hadir Terbatas di Indonesia

MINI terbuas hadir terbatas di Indonesia. Bagaimana penampakan dan berapa harganya? Ini impresi MINI John Cooper Works GP.

MINI John Cooper Works GP

Hari ini (27/7), MINI Indonesia kembali meluncurkan produk andalannya secara virtual, yaitu MINI John Cooper Works GP. Namun, bagi peminatnya, harus cepat-cepat ambil bagian bila tidak ingin disalip peminat lainnya, karena edisinya terbatas.

“MINI John Cooper Works GP adalah MINI paling buas yang pernah disetujui untuk penggunaan di jalan raya. Dengan peluncuran MINI John Cooper Works GP di Indonesia, kami berharap dapat menggairahkan para penggemar MINI dengan kombinasi tenaga mesin, go-kart feeling yang ekstrem, dan desain yang fantastis,” kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia, dalam sambutannya.

Ditambahkan Kidd Yam, Head of MINI Asia, MINI John Cooper Works GP adalah jenis sports car langka dengan DNA motorsport dan tetapkan tolok ukur baru untuk tenaga mesin dan kedinamisan berkendara di segmen sports car premium kompak.

MINI John Cooper Works GP

MINI John Cooper Works GP yang baru menawarkan kedinamisan dengan performa yang luar biasa. Model ini merupakan bagian dari tradisi menarik yang telah dikaitkan erat dengan nama perancang legendaris Formula 1, yaitu John Cooper, sejak 60 tahun yang lalu.

Baca juga: Eksklusif untuk Indonesia, MINI GT Edition Hanya Tersedia 30 Unit

Sebagai informasi, sejarah MINI John Cooper Works generasi pertama hadir pada 2006 yang merupakan MINI S dengan John Cooper Works GP Kit.

Lalu, pada 2012 di ajang Paris Motor Show, generasi kedua lahir dan dibuat dalam jumlah terbatas hanya 2.000 unit secara global. Setahun kemudian, atau pada 2013 model ini pun hadir di Indonesia dengan jumlah terbatas hanya empat unit.

Kini, di tahun 2020, generasi ketiga kembali hadir di tanah air. Mau tau lebih lengkapnya? Ini impresi lengkap MINI John Cooper Works GP.

MINI John Cooper Works GP

Tarikan mesin buas

MINI John Cooper Works GP bertenaga 306 daya kuda dengan torsi maksimal 450 Nm. Tenaga tersebut lebih besar 75 daya kuda dari semua model MINI John Cooper Works lainnya.

Secara akselerasi, mobil ini dapat melesat dari 0 hingga 100 kilometer per jam hanya 5,2 detik dengan kecepatan maksimal hingga 265 kilometer per jam.

Angka fantastis tersebut didapat berkat mesin 2.0-liter 4-silinder dengan Teknologi MINI TwinPower Turbo yang berpadu dengan transmisi Sports Steptronic 8-percepatan dengan kunci diferensial mekanis terintegrasi untuk roda depan.

Intervensi manual dalam pemilihan gigi juga dimungkinkan dengan menggunakan shift paddle standar pada roda kemudi.

Baca juga: New MINI Countryman Blackheath Edition Hadir di Tanah Air

Selain itu, agar tetap pada performa puncaknya, sistem pendingin dan sirkulasi oli pun ditingkatkan. Tidak heran mobil ini enak dikendarai di jalanan umum maupun saat track day di sirkuit.

MINI John Cooper Works GP

Eksterior garang

Sebagai mobil edisi terbatas, MINI John Cooper Works GP hadir dalam balutan warna eksklusif Racing Gray Metallic dengan akses Black Glossy, Melting Silver Metallic, dan Chili Red yang jadi warna khas John Cooper Works.

Black Glossy menjadi aksen di bagian housing lampu utama, grille depan, penutup tangki bensin, dan pilar yang menciptakan floating roof. Melting Silver Metallic menghiasi atap dan cover spion, sementara Chili Red hadir di bagian grille dan bumper depan, side body moulding, serta spoiler-wing besar dengan kontur double-wing.

Spoiler-wing besar bertuliskan GP ini pun memiliki fungsinya selain estetika, yakni memberikan aerodinamis yang lebih baik dan down force ketika mobil dipacu pada kecepatan tinggi.

MINI John Cooper Works GP

Sementara di bagian kaki-kaki, MINI John Cooper Works GP menggunakan velg 18 inci dengan empat palang yang beratnya kurang dari 9 kilogram. Velg ini dibalut ban berperforma tinggi yang khusus dikembangkan untuk sports car dengan profil 225/35.

Baca juga: Duo BMW 840i Resmi Menapak di Indonesia, Ini Spesifikasinya

Untuk menghentikan laju mobil, MINI mempercayakan sistem pengereman kepada rem cakram kaliper 4 piston di roda depan dan rem kaliper piston tunggal di roda belakang.

Kaliper depan terbuat dari aluminium dan dikombinasikan dengan cakram berventilasi 360×30 milimeter. Kaliper ini berwarna Chili Red menjadi komponen mobil di mana bisa ditemukan logo John Cooper Works.

Kesan gahar pada mobil ini makin mencuat dari penggunaan fender dari Carbon fiber-reinforced plastic (CFRP). Kemudian, terdapat nomor seri sebagai identitas MINI John Cooper Works GP sebagai mobil edisi terbatas.

MINI John Cooper Works GP

Interior hanya dua orang

Selayaknya mobil sport, MINI John Cooper Works GP berkapasitas dua orang. Bagian belakang mobil sengaja dibiarkan kosong dan diberikan strut bar alumunium dengan cat Chili Red untuk memberikan pelindungan kestabilan saat kecepatan tinggi.

Warna Chili Red juga menghiasi sabuk pengaman dan pola jahitan pada jok semi bucket yang nyaman dengan pengaturan elektris.

Menambah kenyamanan, hampir semua bagian di interior mobil ini juga dibalut dengan sentuhan Nappa Leather berkualitas tinggi, termasuk lingkar kemudi sehingga nyaman saat digenggam.

Baca juga: BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition Meluncur di Indonesia

MINI John Cooper Works GP baru hadir standar dengan kontrol AC otomatis dan 8,8 inci MINI Navigation System yang mencakup fitur wireless-charging. Instrumen kluster digitalnya menggunakan layar warna 5 inci beresolusi tinggi yang menunjukkan informasi berkendara baik secara numerik maupun skala.

Logo GP ditampilkan secara permanen di bagian atas layar. Animasi grafis sebelum kendaraan mulai berjalan tampilkan sebuah gambar model-spesifik termasuk logo GP. Tidak lupa, nomor seri kendaraan pun hadir di dashboard.

MINI John Cooper Works GP

Harga dan ketersediaan

Seperti yang sudah sering disebutkan di atas, MINI John Cooper Works GP mobil edisi terbatas. Di seluruh dunia, mobil yang diproduksi di MINI Plant Oxford ini hanya tersedia sebanyak 3.000 unit saja.

Harga MINI John Cooper Works GP tersedia berdasarkan recommended retail price sebesar Rp 1.500.000.000.

Tiap pembelian MINI John Cooper Works GP sudah termasuk MINI 4 Years Unlimited Mileage Warranty dengan Free Scheduled Service, 5 Year MINI Service Inclusive, dan 2 Years BMW Group Tyre Coverage.

Baca juga: BMW 320i Touring M Sport, Station Wagon untuk Dikoleksi

Selain itu, layanan perawatan dan servis berkala MINI pun dapat dilakukan di bengkel resmi BMW Astra.

MINI John Cooper Works GP

Indonesia terbilang spesial, karena mendapatkan jatah 12 unit, sekaligus menjadi yang terbanyak di kawasan Asia Tenggara, dan salah satunya memiliki nomor seri 0075 yang diberikan khusus sebagai simbolik usia Kemerdekaan Indonesia yang tepat 75 tahun.

Ya, mobil ini bisa dibilang sebagai mobil koleksi yang nantinya akan terus naik harganya di masa yang akan datang. Siapa ya yang beruntung memiliki MINI John Cooper Works GP?

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.