Search Cars

Keuangan

Milenial Berwirausaha? Coba Terapkan Ide Bisnis Ini

Generasi milenial sering digadang sebagai generasi kreatif. Selain kerja kantoran, ini ide bisnis untuk milenial, mana yang cocok untuk Anda?

ide bisnis milenial

Menurut para ahli dan peneliti, generasi milenial ialah sebutan untuk mereka yang lahir pada awal 1980-an, pertengahan tahun 1990-an, hingga awal 2000-an.

 

Sekarang, generasi milenial ini sudah berada di usia produktif untuk bekerja. Namun ada juga dari mereka yang memilih jalan sebagai wirausaha, membangun bisnis dari nol.

 

Hal ini sejalan dengan karakter generasi milenial yang bebas, tidak suka terkekang, kreatif, dan lebih suka mengespresikan diri mereka.

 

Baca juga: Tempat Hangout Paling Favorit untuk Milenial di Surabaya

 

Tapi, untuk memulai bisnis kadang memang butuh modal yang besar. Jadi seorang fotografer freelance misalnya, ide bisnis ini memerlukan beberapa investasi seperi kamera DSLR berteknologi terkini dan rangkaian lensa yang harus bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pengambilan gambar. Belum lagi untuk pencahayaannya.

 

Untungnya, milenial kini hadir di era digital, dimana semuanya dapat diakses melalui internet. Dari sini muncul ide bisnis baru yang bisa dikembangkan walau minim modal.

 

Ini ide bisnis untuk milenial, mana yang cocok untuk Anda?

ide bisnis milenial

Jasa titip

Untuk ide bisnis ini, milenial dapat meraup keuntungan dengan mengambil tarif dari jasa titip pembelian barang.

 

Jasa titip pun bisa dilakukan sembari iseng, misalnya sambil traveling. Dengan bermodal sosial media, Anda bisa menawarkan barang-barang seperti suvenir, makanan ringan, kerajinan tangan, atau bahkan alat make up.

 

Tentu, semakin banyak barang yang dititipkan, maka semakin besar pula keuntungan yang akan Anda dapat.

 

Baca juga: Strategi Punya Rumah Sendiri Sebelum Usia 30 Tahun

ide bisnis milenial

Reseller

Tidak punya barang untuk dijual secara online? Gampang, Anda bisa mengembangkan ide bisnis sebagai reseller.

 

Jika ingin menjadi reseller, Anda hanya perlu memilih barang atau produk yang ingin dijual dari toko konvensional atau toko online.

 

Dari harga jual yang diberikan toko konvensional atau toko online, Anda bisa ambil keuntungan. Anda bisa memasarkan produk melalui sosial media, membuka toko online sendiri, dan melakukan promosi secara gencar.

 

Banyak orang yang menyamakan dropshipper dengan reseller. Padahal keduanya ini berbeda. Kalau Anda menjadi reseller, pastinya Anda butuh modal untuk membeli barang dagangan terlebih dahulu, tapi kalau Anda menjadi dropshipper, Anda tak perlu modal untuk membeli barang dagangan.

ide bisnis milenial

Freelancer online

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, banyak sekali bisnis yang dijalankan hanya melalui gadget atau perangkat pintar.

 

Keterbatasan ruang, jarak, dan waktu bisa teratasi dengan koneksi internet, salah satunya adalah menjadi freelancer di dunia maya.

 

Jenis pekerjaan yang ditawarkan di sini beragam, mulai dari penulisan artikel, jasa desain grafis, konten sosial media, pembuatan website, marketing, hingga teknologi informasi.

ide bisnis milenial

Paket wisata

Dikutip dari HaloMoney.co.id, bisnis travel di Indonesia memang sangat laku keras, baik itu yang menawarkan wisata dalam negeri maupun luar negeri. Biasanya agen travel akan menawarkan paket wisata 3 hari 2 malam atau 5 hari 4 malam sehingga harganya jadi lebih murah.

 

Nah, Anda bisa menjadikan bisnis travel ini sebagai ide bisnis online. Tawarkan paket wisata yang sesuai dengan tren atau yang sesuai dengan kepribadian calon pelanggan Anda. Gandeng beberapa perusahaan travel untuk dapat menjalankan bisnis paket wisata ini.

 

Baca juga: Kenapa Milenial Pilih Traveling daripada Berinvestasi?

ide bisnis milenial

Jualan

Sudah pasti, jualan ada di benak tiap orang ketika memerlukan ide bisnis. Namun jika ingin sukses, apa yang Anda jual harus memiliki nilai lebih ketimbang produk serupa.

 

Misalnya kopi, sudah ratusan kedai kopi yang ada di Jakarta. Sebagai generasi milenial yang kreatif, mungkin Anda bisa jual olahan kopi yang berbeda, seperti kopi aneka rasa, ada kopi rasa leci atau kopi rasa stroberi.

 

Selain kopi banyak hal lain yang bisa dijual seiring dengan perkembangan dan kebutuhan, sebut saja hijab, makanan ringan unik, makanan sehat, make up, dan lain-lain.

 

Intinya, produk yang Anda jual harus bisa menarik perhatian dan sesuai dengan selera pasar.

 

Baca juga: Penghasilan Sudah Mencukupi, Mending Beli Rumah atau Mobil Baru?

ide bisnis milenial

Content creator

Ide bisnis ini sedang marak seiring berkembangnya platform YouTube dan Instagram. Sudah banyak generasi milenial yang sukses menjalankan ide bisnis sebagai content creator.

 

Bukan rahasia umum apabila kini banyak content creator yang mendapatkan uang dari YouTube dan endorse dari suatu produk.

 

Kontennya pun tidak hanya video, tapi juga bisa foto atau artikel.

 

Sebagai generasi milenial, apa ide bisnis yang cocok untuk Anda?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.