Mesin Mobil Bisa Sakit Jika Filter Udara Menghirup Banyak Kotoran

By rekaharnis - April 2, 2020

Tidak merawat filter udara dapat memberikan dampak buruk pada mobil kesayangan anda. Simak ulasannya berikut ini

filter udara

Tidak hanya makhluk hidup saja, mesin mobil juga bisa sakit apabila terpaksa harus menghirup udara kotor. Pasalnya, hal ini dapat mengganggu kinerja filter udara.

 

Filter atau saringan udara pada mobil berfungsi untuk menyaring debu atau kotoran dari luar sebelum masuk ke ruang pembakaran. Lalu, bagaimana jika filter tersebut kotor dan tidak terawat? 

 

Selain mengganggu kinerja mesin mobil, dampak buruk lain juga mengintai apabila kamu tidak menjaga kebersihan filter udara mobil.

 

Filter udara memiliki peran penting dalam menyerap partikel kotoran berukuran mikro maupun besar agar udara yang digunakan pada proses pembakaran bersih dan bebas dari polutan.

 

Filter yang memiliki tahanan aliran besar akan menghambat kinerja mesin namun memiliki daya saring yang baik.

 

Namun Sebaliknya, filter yang memiliki tahanan aliran kecil memiliki daya saring yang rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, saringan udara dibuat dengan perpaduan beberapa bahan.

 

Baca juga : Bahaya, Jangan Langsung Injak Rem Saat Ban Mobil Tiba-Tiba Pecah

 

Ada 3 jenis filter yang umum ditemui di Indonesia, yaitu filter paper base, wet foam, dan stainless steel.

 

Filter paper base terbuat dari bahan dasar kertas khusus yang kuat dan tidak mudah sobek. Saringan tipe ini memiliki daya saring yang baik dan mudah dibersihkan.

 

Kemudian ada wet foam yang memiliki ciri fisik mirip dengan filter kertas. Filter jenis ini didesain agar aliran udara tidak terhambat saat proses filtrasi.

 

Filter ini juga disebut filter basah sehingga cenderung lebih sulit untuk dibersihkan. Oleh karena itu, filter wet foam biasanya bersifat sekali pakai.

 

Kemudian yang terakhir ada filter stainless steel. Filter ini sering disebut sebagai filter racing karena memang dikhususkan untuk meningkatkan performa mesin. Namun, untuk pemakaian standar sehari-hari, filter jenis ini kurang tepat apalagi apabila digunakan pada area berdebu.

 

Lalu, apa yang terjadi jika telat membersihkan filter udara? 

Berita Terkait

Author