Search Cars

Review Otomotif

Menjajal Teknologi dan Ketangguhan New Peugeot 3008 GT Line

Resmi mengaspal sejak diperkenalkan oleh Peugeot Sales Operation selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Peugeot di Indonesia pada 28 Maret 2018, akhirnya kami, Seva.id, berkesempatan menjajal New Peugeot 3008 GT Line.

 

Dari Peugeot Sales Operation, kami mendapatkan warna Bianca White, salah satu dari lima warna selain Metalic Cooper, Ultimate Red, Nera Black, dan Nimbus Grey.

 

Interior pintar

Masuk ke dalam kabin mobil Peugeot terbaru ini, tak perlu repot, cukup kantongi saja kuncinya lalu tarik handle pintu yang sudah mendeteksi sensor telapak tangan. New Peugeot 3008 GT Line sudah dilengkapi dengan sistem keyless with engine start stop button and hands free access.

 

Keindahan interior yang berpadu dengan teknologi Peugeot i-Cockpit yang pintar membuat semua orang yang masuk akan terpukau.

 

Desain interiornya benar-benar berbeda dengan Peugeot 3008 sebelumnya. Di hadapan pengemudi terbentang head-up display seluas 12,3 inci. Tampilannya bisa disesuaikan dengan pilihan Personal, Minimum, dan Dials.

 

Di sebelah kirinya, terpampang layar sentuh delapan inci yang terhubung dengan enam buah toggle switch di bagian bawah yang bentuknya mirip kokpit pesawat terbang untuk pengaturan seperti AC, audio, kontrol iklim, parameter kendaraan, telepon, dan aplikasi mobil.

 

Layar ini juga dapat digunakan untuk mengatur ambience sesuai kebutuhan pengemudi. Secara deafult ada dua ambience yakni Relax dan Boost. Jika mengaktifkan ambience Boost secara otomatis layar ini dan head-up display akan berganti warna jadi merah. Mode Sport pun akan otomatis hidup sehingga membuat sensasi mengemudi yang penuh tenaga.

 

Desain jok bagian depan untuk pengemudi dan penumpang sudah semi bucket yang empuk dan memeluk tubuh dengan sempurna, memberikan rasa nyaman saat diduduki.

 

Sementara di bagian kemudi, meski berkonsep SUV, New Peugeot 3008 GT Line menggunakan setir yang bentuknya biasa diaplikasikan di mobil sport. Setir ini sudah dilapis kulit kualitas premium yang nyaman digenggam dengan steering switch serta pengaturan tilt dan teleskopik, sehingga menambah kenyamanan berkendara.

 

Kemudian, di sektor pendingin udara, New Peugeot 3008 GT Line sudah dibekali dengan AC digital dual zone. Ini membuat pengemudi dan penumpang bebas menentukan kesejukan masing-masing.

 

Untuk hiburan, source yang disediakan meliputi radio, koneksi Bluetooth, USB, dan melalui aplikasi dari smartphone. Equalizer audio dapat diatur melalui ambience dengan pilihan seperti jazz, rock, pop, classic, dan lain-lain. Suara yang dihasilkan dari speakernya bisa dibilang bagus dengan paduan bass dan treble yang seimbang. Apalagi audio ini disokong oleh Sistem Hi-Fi Premium Focal dari merek audio ternama di Perancis.

 

Pantang Mundur di Gunung Pancar

Tak sabar, kami segera menunggangi New Peugeot 3008 GT Line dari kantor Peugeot Sales Operation sekaligus showroom resmi Peugeot yang berlokasi di Jl. Kom L Yos Sudarso, Jakarta Utara.

 

Keluar di Gerbang Tol Sentul Selatan, kami langsung mengarah ke Gunung Pancar yang memiliki akses jalan landai sampai bergelombang dengan tanjakan serta turunan terjal yang kemiringannya sekitar 15-40 derajat.

 

Saat kami tiba, kawasan ini baru saja selesai diguyur hujan sehingga jalan basah dan sedikit berlumpur. Tanpa ragu, untuk keamanan saat menanjak, kami mengaktifkan grip level Mud serta fitur Hill Assist Descent Control (HADC).

 

Benar saja, melewati jalan menanjak yang berbatu dan tertutupi lumpur tidak ada gejala slip ban di mobil dengan penggerak depan ini. Semua medan tanjakan dilibas habis tanpa masalah, walau New Peugeot 3008 GT Line ini diisi dengan empat orang penumpang dewasa plus beban di bagasinya.

 

Saat berhenti di tanjakan pun mobil pantang mundur walau pengemudi tidak mengaktifkan elektronic parking break atau menginjak pedal rem. Hal ini berkat fitur Hill Assist Descent Control (HADC) yang otomatis mengaktifkan rem dengan berteknologi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Bistribution (EBD), dan Emergency Break Assist (EBA).

 

Sedangkan saat melewati jalan turunan yang terjal, fitur ini sanggup menahan laju kendaraan dengan kecepatan maksimal 5 kilometer per jam tanpa pengemudi menginjak pedal rem.

 

Nama lengkap tempat wisata ini adalah Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Pancar. Gunung Pancar sendiri memiliki ketinggian 800 meter dari permukaan laut. Daya tarik untuk wisatanya meliputi hutan pinus yang asri, pemandian air panas alami, hingga berbagai aktivitas outdoor.

 

Untuk menikmati sejuknya hawa pegunungan dan memandangi tingginya pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi kami pun membuka selebar-lebarnya panoramic sunroof ada di mobil ini.

 

Baca juga: Deretan Lima Mobil SUV Terbaik Untuk Wanita

 

Ngebut tapi tetap aman

Puas menikmati keindahan alam Gunung Pancar, kami pun meluncur ke tempat selanjutnya untuk mengetes ketangguhan New Peugeot 3008.

 

Melewati Jalan Tol Jagorawi, dengan ambience Boost, tipe Peugeot terbaru ini sanggup melesat hingga 120 kilometer per jam dengan putaran 2.000 RPM saja. Mesin yang dibenamkan dalam New Peugeot 3008 GT Line ini memang mengutamakan efisiensi tenaga dan torsi.

 

Serunya, suara raungan mesin Turbo berkapasitas 1.598 cc pun seakan sedikit dibiarkan masuk ke dalam kabin, sehingga makin memacu adrenalin pengemudi dengan sokongan dari speaker. Beruntung pengemudi akan diingatkan oleh speed limit sign recognition and recommendation jika sudah melewati batas kecepatan sehingga tetap aman dalam berkendara.

 

Ya, dalam mobil ini tertanam sistem keamanan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS). Sistem ini meliputi active line departure warning, driver attention warning, automatic adaptive headlamp main-beam, dan speed limit sign recognition and recommendation.

 

Selain jika sudah melebihi batas kecepatan, bunyi “beep” dari active line departure warning juga akan muncul jika pengemudi berpindah jalur tanpa menyalakan lampu sein. Tak hanya itu, jika jarak kendaraan di depan atau belakang terlalu dekat, maka akan keluar pemberitahuannya di layar head-up display.

 

Jadi jika ngebut dengan New Peugeot 3008 GT Line, pengemudi akan terus diingatkan untuk tetap mengutamakan keamanan dan keselamatan dalam berkendara. Smart!

 

Jajal rally kecil

Akhirnya kami tiba di lokasi pembangunan perumahan Asya by Astra Modern Land di kawasan Jakarta Garden City.

 

Untuk kondisi stop and go dengan kemacetan khas Jakarta selama perjalanan selepas jalan tol, cukup aktifkan ambience relax, maka tidak ada kendala berarti dengan mobil ini.

 

Saat berhenti, berbeda dengan tuas transmisi otomatis mobil kebanyakan, tuas transmisi ini memiliki sistem keamanannya sendiri. Dari mode drive untuk berpindah ke mode park cukup hanya menekan tombol pada tuasnya, sehingga pengemudi tidak perlu melewati transmisi mode normal dan mundur. Begitu mode P (parkaktif, elektronic parking break-nya pun otomatis akan aktif.

 

Begitu juga saat jalan, tinggal injak pedal rem, pindah tuas transmisi ke mode drive, tekan pedal gas perlahan, dan jalan. Elektronic parking break otomatis non-aktif begitu pedal gas diinjak.

 

Di atas medan tanah berpasir, kami rally kecil dengan New Peugeot 3008 GT Line. Beberapa tahun ke depan lokasi ini akan menjadi perumahan modern dan premium, Asya.

 

Yang pertama kami jajal adalah teknologi Electronic Stability Program (ESP) yang berpadu dengan Advanced Grip Control yang merupakan optimisasi dari traction control.

 

Tersedia 5 grip level dalam Advanced Grip Control. Selain grip level Mud yang sudah teruji di Gunung Pancar, ada juga grip level Normal, Snow, Sand, dan ESP OFF. Menyesuaikan dengan medan berkendara, kami mencoba grip level Sand.

 

Dengan ambience Boost dan mode berkendara Sport, mobil ini melesat di atas tanah berpasir tanpa spin-off. Saat meliuk tajam pun mobil serasa “nempel” di atas jalan tanpa gejala body roll atau limbung. Redaman shockbreaker-nya juga tetap empuk dan nyaman.

 

Basic dari New Peugeot 3008 GT Line ini pun digunakan dalam perlombaan dunia Dakar Rally dan menjuarainya tiga tahun berturut-turut (2016, 2017, dan 2018).

 

“From Dust To Road”

Secara keseluruhan, New Peugeot 3008 GT Line adalah mobil yang tangguh namun tetap elegan. Cocok untuk Anda yang memiliki jiwa petualang dan membelah jalanan perkotaan.

 

Baca juga: Lebih Gahar, Ini Detail Tampilan Baru Peugeot 3008 SUV

 

Di sisi eksterior, yang kami kupas di artikel sebelumnya, mobil ini menyiratkan aura gahar SUV yang sempurna. Hal tersebut juga diimbangi dengan sentuhan teknologi canggih di bagian interior,  performa yang dapat diandalkan di berbagai medan, serta sistem keamanan bintang lima – peringkat tertinggi – dari Euro NCAP (European New Car Assessment Programme).

 

Jadi, tidak heran jika predikat From Dust To Road melekat pada New Peugeot 3008 GT Line ini!

 

Segera miliki dan rasakan kecanggihan teknologi bersatu dengan tangguhnya mesin New Peugeot 3008 GT Line melalui Seva.id di sini.

 

 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.