Mengintip Fasilitas Mudik di Tol Trans Jawa

Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi tiba, arus mudik di beberapa ruas jalan juga semakin deras. Tahun ini, diperkirakan akan ada 19,5 juta orang yang mudik ke kampung halaman mereka masing-masing. Untuk itu, dibutuhkan kesiapan infrastruktur agar memudahkan pemudik dalam menempuh perjalanan.

 

Seperti Tol Trans Jawa yang saat ini sudah dapat digunakan oleh pemudik. Tol ini terbentang dari Jakarta sampai Surabaya dengan panjang 760 km, serta terbagi menjadi dua, yaitu jalan operasional sepanjang 525 km dan fungsional 235 km.

 

Jalan operasional adalah yang sudah dapat digunakan dan terdapat fasilitas seperti rest area, pembatas jalan, rambu-rambu lengkap, dan lain-lain. Sedangkan jalan fungsional adalah jalan yang sudah dapat dilintasi kendaraan tetapi belum selesai sepenuhnya.

 

Biasanya, kondisi jalan juga masih setengah jadi, seperti jalanan masih berdebu, belum sepenuhnya aspal, belum dilengkapi dengan rest area yang memadai, dan sebagainya. Tetapi, walaupun begitu, jalan fungsional cukup membantu para pemudik untuk lebih cepat sampai ke kampung halaman.

 

Secara keseluruhan, semua jalan operasional maupun fungsional sudah siap dilintasi oleh pemudik, mulai dari Jakarta, Semarang, Solo, Ngawi, Kertosono, sampai Surabaya.

 

Sedangkan Tol Trans Jawa dari Merak hingga Pasuruan juga sudah dapat digunakan, walaupun masih ada beberapa yang belum resmi dibuka. Tol ini memiliki panjang 995 km, dan 237 km di antaranya masih dalam keadaan fungsional.

 

Jalur tol yang masih fungsional tersebut terdapat pada ruas tol Pemalang – Batang sepanjang 39 km, Batang – Semarang sepanjang 74 km, Salatiga – Solo sepanjang 32 km, Sragen – Ngawi 55 km, dan Wilagan – Kertosono sepanjang 37 km. Semua jalur yang masih fungsional ini ditargetkan akan siap pada akhir 2018.

 

Bagi pemudik yang mulai merasa lelah di jalan dan ingin beristirahat sejenak, PT Jasa Marga juga menyediakan fasilitas Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di jalur mudik Trans Jawa. Selain itu, juga terdapat lokasi top-up kartu E-Toll di beberapa tempat.

 

Berikut ini rincian tarif tol, daftar fasilitas di TIP, dan lokasi top-up kartu E-Toll yang disediakan oleh PT Jasamarga.

 

Rincian Tarif Tol Jakarta – Surabaya

 

Daftar fasilitas TIP dan TI Tol Trans Jawa

 

Daftar lokasi top-up E-Toll card

 

Selain itu, Astra Group juga menyediakan fasilitas-fasilitas yang memanjakan para pemudik di Astra Holiday Campaign (AHC) yang tersedia di ruas Tol Trans Jawa, seperti fasilitas pijat, pemeriksaan kesehatan, servis ringan, dan lain sebagainya.

Ada 7 posko siaga yang disiapkan oleh AHC di jalur Tol Trans Jawa, yaitu sebagai berikut.

 

Baca: Astra Holiday Campaign 2018, Teman Mudik Anda di Perjalanan

Lokasi Posko Siaga AHC

 

Melalui programnya ini, Astra Group total menyiapkan 1.752 teknisi, 10 pos siaga, 103 bengkel siaga, 18 posko Honda Motor, 27 Garda Siaga dan 33 Emergency Roadside Assistance (ERA). Program ini berlangsung pada tanggal 9 – 16 Juni 2018.

 

Jadi, bagi Anda yang melewati Trans Jawa dan merasa lelah saat menyetir, ada baiknya beristirahat sejenak di AHC dan nikmati segala fasilitasnya. Selamat mudik dan tetap utamakan keselamatan ya..