Mengenal Washer Fluid dan Cara Merawat Wiper Mobil

Kebersihan kaca mobil, terutama bagian depan, harus selalu dijaga agar pengemudi mendapatkan pandangan yang baik saat berkendara. Salah satu cara untuk menunjang kebersihan kaca depan adalah dengan menggunakan cairan khusus untuk wiper (washer fluid).

 

Sebenarnya, membersihkan kaca depan dengan air saja tidaklah cukup, karena debu atau noda membandel yang dihasilkan oleh minyak maupun cairan lainnya sulit untuk dihilangkan hanya dengan air.

 

Apabila debu dan kotoran membandel tadi dibiarkan menempel, pandangan pengemudi akan terganggu dan bisa memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. Untuk menghindari hal tersebut, isi washer reservoir (WR) mobil dengan air yang sudah dicampur dengan cairan khusus wiper agar pengemudi dapat menyemprotkannya ketika kaca mobil terkena kotoran.

Cairan khusus wiper sudah banyak dijual di beberapa toko aksesoris mobil dengan harga yang beragam, sekitar Rp 25 ribu sampai dengan Rp 70 ribu. Namun, ketika memilih cairan khusus wiper, Anda harus memperhatikan kualitasnya.

 

Usahakan, ketika membeli, pilih cairan khusus wiper yang mengandung banyak deterjen dan alkohol. Efek deterjen yang terlalu banyak akan menghasilkan busa yang banyak pula. Bila dibiarkan mengering, busa tersebut dapat menjadi kerak.

 

Bukan hanya pada kaca, busa yang mengering tersebut juga dapat menyumbat bahkan menutup lubang nozzle sehingga semprotan air yang keluar dari washer reservoir tidak maksimal. Sedangkan alkohol, dapat menurunkan kualitas kaca dan merusaknya jika dipakai rutin.

 

Jadi, saat memilih, pilihlah produk yang ramah bagi kaca mobil Anda agar tidak menimbulkan resiko kerusakan. Selain itu, ada juga beberapa hal lain yang harus diperhatikan untuk menunjang kebersihan kaca depan mobil, diantaranya adalah sebagai berikut.

 

Cek kondisi washer reservoir

Kondisi washer reservoir harus selalu dalam keadaan terawat agar air yang keluar juga bersih. Biasanya, jika sudah lama tidak dibersihkan, washer reservoir akan kotor dan berkerak akibat endapan sulfur, lumut, atau kotoran lainnya.

 

Kotoran tersebut juga dapat menyumbat saluran air sehingga tidak dapat menyemprot kaca dengan sempurna. Untuk itu, lebih baik bersihkan washer reservoir mobil secara berkala jika tidak ingin terjadi gangguan saat berkendara.

 

Periksa arah dan kuantitas semprotan

Arah dan kuantitas semprotan air juga harus diatur agar sesuai dengan kebutuhan mobil. Jika air yang disemprotkan terlalu sedikit, bersihkan nozzle penyemprot menggunakan jarum pentul. Arah semprotan air juga dapat Anda atur menggunakan jarum pentul tersebut.

 

Lakukan penggantian karet wiper

Cuaca dan suhu udara yang panas dapat membuat karet wiper mengeras. Hal ini dapat membuat kinerja karet wiper tidak maksimal dan akan menghasilkan baret pada kaca mobil. Untuk itu, lakukan penggantian karet wiper secara berkala. Rata-rata, karet wiper dapat berusia 6 bulan.

 

Selain itu, poros engkol wiper juga harus dirawat untuk meminimalisir terjadinya korosi sehingga membuat wiper mobil Anda macet. Lalu, jangan lupa juga untuk membersihkan debu dan kerak yang menempel pada bagian wiper lainnya.

 

Semoga hal di atas dapat membantu Anda menemukan cairan khusus wiper yang sesuai dengan kebutuhan kaca mobil Anda, serta sekaligus membantu Anda dalam melakukan perawatannya. Jika tips tersebut tidak bekerja dengan baik, maka Anda dapat melakukan perbaikan di bengkel resmi.

 

Sebelum pergi ke bengkel resmi, Anda dapat melakukan booking service di Seva.id terlebih dahulu untuk menghemat waktu Anda. Jadi, Anda tidak harus menghabiskan banyak waktu untuk menunggu antrian.