Search Cars

Travel & Lifestyle

Mengenal ISOFIX dan Cara Memilih Child Seat di Mobil

Negara-negara maju seperti di Eropa, Australia, Amerika Serikat, bahkan Brasil, child safety seat atau child seat wajib digunakan bagi keluarga yang berpergian dengan mobil bersama anak.

 

Di negara-negara tersebut, child seat wajib digunakan pada anak berusia hingga 12 tahun. Bila tidak digunakan, pengemudi bisa saja dikenakan hukuman tilang, denda, dan yang terberat adalah penjara selama beberapa bulan.

 

Bagaimana dengan Indonesia? Sayangnya child seat ini belum populer untuk digunakan. Padahal hampir semua mobil di negara tercinta ini sudah dibekali dengan fitur keselematan ISOFIX.

 

ISOFIX sendiri merupakan kependekan dari International Standard Organizations FIX (standar keselamatan internasional). Jadi, ISOFIX bukan nama produk tapi sebuah standar keselamatan. Tak heran bila namanya sama di tiap produksi mobil, seperti air bag.

 

Dengan adanya ISOFIX, produsen mobil memiliki standar bagaimana mendesain sebuah jok penumpang yang aman dan nyaman.

Tidak hanya itu, produsen child seat pun memiliki standar bagaimana mendesain produknya agar mudah dikaitkan dengan jok penumpang, dengan menyesuaikan panjang sabuk pengaman, serta tentunya menjaga keamanan dan keselamatan anak selama perjalanan. Secara umum, berikut cara kerjanya.

 

  1. Menciptakan tempat duduk yang sesuai untuk kontur anak-anak

  2. Menciptakan tempat duduk yang bisa menjaga agar anak tidak lepas dari kursi tersebut meskipun bergoyang-goyang. Salah satunya dengan adanya “sayap” pada pinggir kursi ISOFIX .

  3. Memperbaiki sabuk pengaman untuk anak dengan desain tertentu yang bisa menjaga tubuh anak tetap dalam ISOFIX meskipun ada benturan.

 

Ya, child seat merupakan kursi khusus yang didesain sesuai ukuran anak-anak dengan sabuk pengaman dan bisa dikaitkan pada kaitan ISOFIX ada pada jok mobil.

Memilih child seat

Ada beberapa cara memilih child seat yang perlu diperhatikan, yakni sebagai berikut:

  1. Pilihlah yang sesuai dengan usia dan postur tubuh anak. Umumnya child seat digunakan pada anak dengan tinggi di bawah 135 centimeter dan 12 tahun

  2. Pastikan memilih child seat yang kompatibel dengan fitur ISOFIX.

  3. Jangan sekadar melihat harga atau material yang menunjang kenyamanan bayi, yang terpenting justru memastikan faktor keselamatan anak dengan mengecek daya ikat sabuk pengaman pada child seat tersebut. Umumnya, child seat memiliki 3 atau 5 titik sabuk pengaman, di luar sabuk pengaman dari mobil.

 

Terdapat tiga varian model dari child seat, yakni carrier, infant carseat, dan booster.

 

Model carrier lebih diperuntukkan bagi usia bayi karena bisa dijinjing dan juga dipasang menggunakan stroller. Model infant carseat bisa digunakan untuk balita dengan batasan usia dua sampai empat tahun. Model ini bagian kepalanya bisa diatur menyesuaikan tinggi anak.

 

Disarankan, bayi baru lahir hingga usia 2 tahun harus menggunakan child seat menghadap belakang

 

Sedangkan model booster khusus bagi anak yang sudah berusia diatas empat tahun namun belum memiliki tinggi badan yang cukup untuk menggunakan safety belt sendiri.

 

Untuk lebih memberi rasa aman dan nyaman, pilihlah child seat dengan busa yang lebih tebal dengan bahan memory foam. Memory foam akan memberi kenyamanan pada anak dan busa yang tebal juga bisa meminimalisir efek benturan yang mungkin terjadi sewaktu-waktu.

 

Harga child seat sendiri pun beragam, berkisar antara Rp 200.000 hingga jutaan, tergantung merek dan kebutuhan.

Cara pasang ISOFIX

  1. Pastikan mobil memiliki fitur ISOFIX, ditandai dengan label bertuliskan ISOFIX pada jok dan pastikan child seat Anda kompatibel dengan ISOFIX.

  2. Cari titik ISOFIX, biasanya ada di jok tengah atau belakang, lalu pasang child seat sampai berbunyi klik.

  3. Cari titik kait atas yang terletak di bagian belakang sandaran jok, lalu kaitkan child seat pada pengait ini. Pengait atas berfungsi mengurangi pergerakan kursi anak pada saat kondisi darurat.

Jadi, sebagai orang tua, apa sudah membekali anak dengan child seat agar perjalanannya dengan mobil semakin aman dan nyaman?

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.