Mengenal Cara Kerja Speed Gun, Alat Pengukur Laju Kendaraan

By Reka Harnis - Desember 15, 2020

Kini, polisi punya alat canggih bernama speed gun untuk mengukur kecepatan. Lalu, bagaimana ya cara kerjanya?

Berbeda dengan di Eropa, cara kerja speed gun dilakukan secara otomatis dan manual. Kamera otomatis dipasang di jalan-jalan dan polisi menggunakan speed gun secara manual.

Tidak heran jika Indonesia ikut menjajal teknologi ini, pasalnya terbukti mampu menekan kecelakaan lalu lintas.

Misalnya di Inggris, sistem tersebut mampu menekan kecelakaan tunggal hingga 33 persen. Lalu di Swedia, skema satu kamera pencatat pada setiap 4,5 KM jalan berhasil meminimalisir kecelakaan hingga 50 persen.

Begitupun di Indonesia, dengan kehadiran speed gun, diharapkan angka kecelakaan bisa turun karena kendaraan yang melebihi batas kecepatan bisa diminimalisir. 

Baca juga: 5 Hal Wajib yang Diketahui Saat Melewati Tol Layang Cikampek

Berapa kecepatan minimal dan maksimal mobil yang melaju di jalan tol?

Untuk itu, speed gun menjadi andalan kepolisian lalu lintas dalam menindak para pelanggar batas kecepatan. Supaya aman dan tak tertangkap speed gun.

Para pengemudi diperbolehkan berkendara dengan kecepatan tinggi hingga maksimal 100 km/jam dengan kecepatan minimum 40 km/jam di jalan tol.

Baca juga: Pemandangan Gerbang Tol Salatiga Jadi Fenomena Baru Bagi Masyarakat

Jadi, selain memahami peraturan, konsentrasi juga menjadi kunci mengemudi yang aman. Oleh karenanya, agar konsentrasi tak buyar saat mengemudi, sebelum berkendara pastikan mobil kamu dalam keadaan prima, ya.

Yuk, lakukan perawatan rutin pada mobil kesayangan kamu bersama Seva.id. Ada layanan  Booking Service dan Home Service yang siap bantu kamu jaga mobil kamu selalu ready to go.

Berita Terkait

Author