Mengenal Cara Kerja Speed Gun, Alat Pengukur Laju Kendaraan

By Reka Harnis - December 15, 2020

Kini, polisi punya alat canggih bernama speed gun untuk mengukur kecepatan. Lalu, bagaimana ya cara kerjanya?

cara kerja speed gun

Keadaan jalan tol yang bebas hambatan membuat sebagian pengendara mobil memacu mobilnya dalam kecepatan yang cukup tinggi.

Terlebih, jalan tol biasanya punya kontur jalan yang mulus dan lurus hingga sering membuat pengemudi terpancing memacu kendaraan hingga melebihi kecepatan yang disarankan.

Hal ini tentunya tidak hanya membahayakan pengemudi dan penumpang dalam mobil tersebut saja, namun juga pengguna jalan tol lainnya.

Baca juga: Apa Sebenarnya Fungsi Jalur Kanan di Jalan Tol?

Demi mencegah hal tersebut, pihak berwajib telah dilengkapi dengan alat canggih yang dapat mengukur kecepatan kendaraan, yaitu speed gun

Tidak hanya itu, alat untuk mengukur kecepatan ini juga erat kaitannya dalam melakukan penegakan hukum atau enforcement terhadap pelanggar batas kecepatan yang ditetapkan pada suatu ruas jalan, penurunan angka kecelakaan lalu-lintas, dan juga mengukur kinerja lalu lintas, untuk selanjutnya digunakan dalam perencanaan dan manajemen lalu lintas.

Penggunaan speed gun oleh polisi lalu lintas di Indonesia sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu. Alat ini mampu mengukur kecepatan kendaraan yang sedang melaju dengan cepat, tepat, dan cukup akurat. 

Berita Terkait

Author