Mengenal BMW Seri 3 dari Masa ke Masa

By Arris Riehady - April 10, 2019

Teknologi baru juga dikenalkan di mobil yang mengaspal pada 2005 hingga 2013 ini. Sebut saja perpaduan antara Common Rail Injection generasi kedua generasi kedua dan turbocharger dengan variable turbine geometry pada mesin empat silinder di BMW 320d. Perpaduan ini menghasilkan tenaga hingga 163 tenaga kuda.

Tidak hanya itu, untuk mesin enam silinder pada BMW 335i kini dibekali dengan BMW TwinPower dan High Precision Injection Technology.

Teknologi yang lahir pada 2007 kelak digunakan untuk BMW Seri 3 lainnya. Rem regeneratif, serta auto start stop juga diperkenalkan.

Sedangkan untuk BMW Seri M3 kini menggendong mesin Natulary Aspirated berkonfigurasi V8 dengan penghargaan International Engine of the Year. Tenaganya sendiri diklaim dapat mencapai 414 daya kuda. Kencang!

Di sisi desain, E9x ini hadir dengan perubahan yang dapat dikenali dengan Kidney Grille BMW serta sepasang lampu ganda khas BMW di era modern.

Karena desain dan teknologi yang disematkan, hanya selang setahun setelah diluncurkan, E9x berhasil mendapat penghargaan sebagai World Car of the Year di New York, Amerika Serikat.

Hilangnya coupe dan Convertible

Bila lima generasi BMW Seri 3 menggunakan kode E, generasi keenam ini menggunakan kode F untuk pertama kalinya.

Sebab di generasi keenam ini, untuk model coupe dan convertible masuk dalam jajaran BMW Seri 4.

Sedangkan BMW Seri 3, saat ini hanya menyisakan model sedan F30, wagon F31, Gran Turismo F34, dan BMW Seri 3 long wheelbase F35. Untuk F35, BMW hanya menjualnya untuk pasar Tiongkok saja.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!