Mengenal BMW Seri 3 dari Masa ke Masa

By Arris Riehady - April 10, 2019

Model yang dibawa digenerasi ini pun tetap sama, hanya saja minus cabriolet, yakni sedan 4 pintu, coupe 2 pintu, convetible 2 pintu, hatchback tiga pintu, dan wagon atau bahasa BMW-nya touring lima pintu.

Generasi keempat BMW Seri 3 yang hadir pada 1997-2006, ditandai dengan meluncurnya BMW 320d sebagai mobil diesel pertama yang dilengkapi teknologi direct fuel injection.

Mesin pada mobil ini menyemburkan tenaga hingga 136 daya kuda dan konsumsi bahan bakarnya hanya 5,7 liter untuk mencapai jarak 100 kilometer.

Tidak hanya itu, untuk kali pertama BMW menerapkan Common Rail Injection untuk mengoptimalkan distribusi tenaga dan menciptakan getaran lembut pada mesin diesel.

Sementara, inovasi BMW paling besar pada mesin bensin enam silinder ini adalah hadirnya Double VANOS yang berperan mendongkrak torsi.

Teknologi Valvetronic yang dikenalkan pada 2001 juga mulai dipasang pada BMW Seri 3 di generasi keempat ini.

Valvetronic adalah teknologi untuk sepenuhnya mengontrol variabel katup intake yang pada perkembangannya mampu meningkatkan performa mesin namun irit bahan bakar.

World Car of the Year

Generasi kelima BMW Seri 3 sering disebut dengan keluarga E9x. Pasalnya memang ada beberapa kode model.

Untuk sedan disebut dengan E90, wagon E91, coupe E92, dan convertible dengan sebutan E93. Baru di generasi ini BMW memisahkan kode produksi tersebut untuk jajaran BMW Seri 3.

Di era ini BMW menggunakan bahan campuran magnesium-aluminium untuk badan mesin, sehingga bobot mesin hanya 161 kilogram.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!