Search Cars

Uncategorized

Mengenal Bahaya Penyakit Hepatitis A, Penyakit yang Sedang Mewabah

Hepatitis A merupakan salah satu penyakit yang sedang mewabah. Mudahnya cara penularan hepatitis A membuat penyakit ini sangat mudah berkembang. Yuk, kenali lebih dalam penyakit hepatitis A agar Anda bisa mencegahnya

Awal pekan ini pemberitaan diramaikan dengan kasus mewabahnya penyakit hepatitis A yang menyerang puluhan siswa di Depok. Meski banyaknya yang terjangkit penyakit ini, kasus ini bukanlah kejadian luar biasa (KLB). Akan tetap jika mengingat mudahnya penularan penyakit ini, Anda harus berhati-hati. 

 

Baca juga: Berpotensi Penyakit, Barang Ini Jangan Dipinjamkan ke Teman

 

Penyakit yang erat kaitannya dengan air atau makanan yang tidak bersih, sanitasi yang tidak memadai, serta kebersihan pribadi yang buruk sangat mudah menjangkit siapapun. Lalu, apa sebenarnya penyakit hepatitis A dan apakah penyebab hingga gejala dari hepatitis A? Simak ulasan berikut!

Apa itu penyakit hepatitis A?

Penyakit Hepatitis A adalah penyakit peradangan atau infeksi pada hati yang disebabkan oleh virus HAV. Dikarenakan penyakit ini bersumber dari virus, maka penularannya pun sangat mudah. Penyakit hepatitis A bisa menular lewat makanan dan minuman yang telah terkontaminasi.

 

Baca juga: 3 Penyakit Berbahaya yang Mengintai Para Pendaki Gunung

Gejala penyakit hepatitis

Gejala penyakit hepatitis A memang sedikit sulit untuk diketahui karena secara garis besar, tanda-tanda penyakit hepatitis A tidak bisa dipastikan secara mendetail. Pasalnya gejala awal penyakit hepatitis A seringkali dianggap sebagai reaksi keracunan ringan karena hanya berupa mual dan muntah. 

 

Selain mual dan muntah, umumnya ada gejala lain yang mengikuti seperti flu, nyeri pada anggota tubuh serta nyeri di perut kanan atas.

 

Baca juga: Ada Makanan Pencegah Kanker, Mitos atau Fakta?

 

Pasien dengan penyakit hepatitis A, biasanya terlihat jelas ketika sudah dengan gejala kuning. Gejala yang timbul bisa ringan hingga berat, bahkan dapat menyebabkan kematian. 

 

Deteksi hepatitis A

Selain gejala, untuk mendeteksi seseorang terjangkit penyakit hepatitis A atau tidak adalah lewat pemeriksaan. Dengan melakukan pemeriksaan laboratorium terhadap virus hepatitis A (anti HAV), barulah dokter dapat memastikan bahwa seseorang tersebut terjangkit infeksi hepatitis A atau tidak. Masa inkubasi atau masa masuknya penyakit sampai timbul gejala berlangsung biasanya antara 14-28 hari.

Penanganan Hepatitis A

Sebenarnya tidak ada pengobatan khusus dalam menangani penyakit hepatitis A, hal ini disebabkan karena sistem kekebalan tubuh akan melenyapkan virus HAV dengan sendirinya. Pengobatan hanya bertujuan untuk meringankan gejala, misalnya pemberian obat penurun panas untuk meredakan demam.

 

Baca juga: Deteksi Bunyi Kerusakan Kaki-kaki Mobil dan Cara Mengatasinya

Pencegahan penyakit Hepatitis A

Untuk pencegahan, Anda bisa melakukan vaksinasi Hepatitis A yang bertujuan untuk menjaga diri Anda dari serangan virus HAV. Selain itu, Anda juga perlu menerapkan perilaku hidup yang teratur. Terapkanlah pola hidup sehat dengan melakukan olahraga sebanyak 3-4 kali per minggu.

 

Baca juga: Esport, Bermain Game yang Disebut Olahraga

 

Mengingat penularan utama virus ini adalah melalui kontak dengan barang, makanan, atau minuman yang telah terkontaminasi, maka langkah utama untuk mencegah terjangkitnya hepatitis A adalah dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

 

Itulah beberapa hal dasar yang wajib Anda ketahui perihal penyakit Hepatitis A. Meski terlihat sangat sepele, namun jika keadaan sudah semakin memburuk penyakit hepatitis bisa mengancam nyawa seseorang. 

 

Baca juga: Alasan Pentingnya Asuransi Keluarga yang Jarang Diketahui

 

Untuk melindungi diri dari beban finansial yang besar akibat terkena suatu penyakit, ada baiknya Anda melindungi diri dengan membeli perlindungan berupa asuransi. Dengan memiliki asuransi Anda sudah memberikan diri Anda perlindungan finansial jika suatu saat Anda terserang penyakit yang membutuhkan biaya yang besar. Sebelum terlambat, milikilah dari sekarang.

 

Dapatkan Sekarang

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.