Search Cars

Travel & Lifestyle

Mengenal Asal Usul April Mop dan Tradisinya di Berbagai Negara

April Mop menjadi salah satu perayaan tahunan yang sering gelar setiap tanggal 1 April. Tapi, dari manakah tradisi tersebut muncul?

April MopMembuat sebuah kebohongan yang dianggap sebagai lelucon telah menjadi tren di kalangan masyarakat. Prank atau dalam bahasa Indonesia gurauan sering kali dibuat sebagai konten di media sosial.

 

Baca juga: Unik dan Lucu, Ini 5 Lagu yang Terinspirasi dari Makanan Indonesia

 

Tetapi, sebelum kata prank menjadi populer, banyak orang menggunakan istilah April Mop untuk mengerjai keluarga, teman, atau pasangannya dengan sebuah lelucon.

 

April Mop atau April Fools’ Day merupakan hari lelucon sedunia yang diperingati setiap 1 April. Namun, apa yang menjadikan hari lelucon ini populer dan terkenal di dunia? Darimana asalnya?

Asal Usul April Mop

Ditelusuri dari berbagai sumber, belum ada yang tahu pasti mengapa April Mop menjadi momen gurauan dunia. Namun, ada beberapa teori yang bisa menjadi pertimbangan kamu dalam menentukan kehadirannya. 

 

Ada yang menyebut bahwa April Mop adalah wujud kegembiraan masyarakat saat menyambut musim semi. Ada juga yang mengatakan bahwa ini berasal dari festival Yunani-Romawi yang disebut Vernal Equinos.

 

Festival ini dirayakan setiap 25 Maret untuk menghormati Cyblele, Dewa Yunani Kuno. Pasalnya, dalam festival Vernal Equinos ada perayaan  parade, topeng, dan pesta cipta lelucon menyambut tahun baru yang jatuh pada tanggal 1 April. 

 

Selain itu, menurut sejarawan dalam History yang dilansir dari Kumparan, April Mop pertama kali diselenggarakan pada tahun 1582 saat Prancis mengubah kalender Julian menjadi Kalender Gregorian.

 

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Indonesia yang Justru Keren Saat Musim Hujan

 

Ada beberapa perubahan dari pergantian kalender itu, salah satunya terkait tahun baru yang dipindahkan menjadi 1 Januari.

 

Masyarakat yang belum tahu soal perubahaan kalender pun tertipu dan merayakan tahun baru di akhir Maret hingga 1 April. Hasilnya, 1 April ditandai sebagai hari lelucon. 

 

Perayaan lelucon April Mop semakin menyebar dan dikenal orang. Ditambah lagi saat media turut meramaikannya.

 

Tahun 1957, salah satu program BBC, Panorama, mengadakan kegiatan April Mop dengan memberikan lelucon terkait bahan pangan.

 

Banyak penonton yang tertarik dengan siaran tersebut dan secara pribadi menghubungi pihak televisi. Akan tetapi, akibat lelucon program itu, penonton kecewa dan menganggapnya sebagai hoax.

Tradisi Perayaan April Mop di Berbagai Negara

Jika dilihat dari budaya perayaannya, orang-orang di Brazil merayakan kebohongan dengan mengeluarkan berita bertajuk konyol. Tindakan itu dikenal sebagai Dia da Mentira atau Hari Kebohongan.

 

Lalu, tak jauh berbeda dengan Brazil, di Prancis pun orang-orang merayakan April Mop dengan diam-diam menempelkan kertas ke punggung temannya sebagai tanda penyebaran lelucon. 

 

Baca juga: Berbagai Tradisi Unik Perayaan Valentine di Dunia

 

Berbeda dengan Yunani, perayaan tahunan ini dinilai sebagai salah satu langkah meraih keberuntungan. Apabila seseorang berhasil menipu orang lain, mereka akan memiliki keberuntungan sepanjang tahun. 

 

Sedangkan di Indonesia, tidak semua orang merayakan April Mop. Namun, tidak menutup kemungkinan jika masih banyak yang tertarik dengan tradisi ini. Nah, apakah kamu salah satu orang yang merayakannya?

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.